Sukses

Wali Kota Nyemplung ke Sungai, Buktikan Kualitas Air Membaik

Untuk buktikan kondisi air di Sungai Pearl, Guangzhou semakin membaik, wali kotanya berenang di sungai itu.

Liputan6.com, Guangzhou Chen Jianhua, Wali Kota Guangzhou, China, berenang bersama-sama dengan 2.000 perenang di Pearl River untuk membuktikan bahwa kualitas air semakin membaik dan berkurangnya zat beracun dibawah kepemimpinannya yang kuat.

Chen terjun langsung dalam memimpin 'swimmathon' - yang merupakan acara tahunan. Namun tahun70 an, acara ini sempat terhenti karena tercemarnya kualitas air. Semenjak saat itu,  Sungai Pearl mendapat julukan sungai paling berpolusi dan terjorok. Pada tahun 2006, kondisinya semakin membaik. Meski membaik, hewan khas delta Sungai Pearl, lumba-lumba putih, 'menghilang' semenjak tahun 2012.

Laporan menyatakan bahwa sudah sebanyak 3,700 orang ikut berpartisipasi dalam acara tahunan ini.  Kebanyakan dari mereka berasal dari kota Foshan, Zhaoqing, Dongguan, Zhongshan dan Qingyuan. Rute bagi perenang ini dari Universitas Zhongshan menuju Xinghai Concert Hall. Tahun 2012, perenang yang terlibat mengalami penurunan menjadi 1.849, hingga sekarang, partisipan tidak pernah lebih dari 2,000.

Ketika ditanya apakah kualitas sungai air membaik, wali kota itu tersenyum dan berkata: "Ya, kualitas air itu semakin baik, jika tidak percaya, Anda bisa melompat dan mencari tahu sendiri," seperti dikutip dari Shanghaiist.com, Senin (03/08/2015).

(Stevanie/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.