Sukses

Eksperimen Roket Gentong Norwegia

Roket hasil perpaduan sebuah perabot dan campuran kimia sederhana.

Liputan6.com, Norwegia Sejumlah pemuda mencoba menciptakan roket dengan menggunakan gentong yang diberi ledakan di dasarnya. Sebelum membaca dan menyaksikan lebih jauh, Anda diharapkan untuk tidak mencoba mencontoh eksperimen yang sangat berbahaya ini. Saksikanlah tayangan ini hanya sebagai tambahan pengetahuan.

Entah dari mana gagasannya, para pemuda itu mengaku mendapat ilham dari program roket ruang angkasa Norwegia. Video ini sendiri diunggah oleh akun KioskmongoProduction. Keterangan videonya menyertakan resep untuk membuat bahan sumber letupan yang ditanam di bawah tanah. Gentong kosong kemudian diletakkan di atas bahan bakar ini. Campuran kimia itu kemudian disulut sehingga meledak dan melontarkan gentong di atasnya.

‘Resep’ yang dimaksud antara lain gentong ukuran 200 liter, 0,5 kilogram kalsium karbide (dikenal dengan istilah ‘karbit’), sebanyak 0,3 liter air, dan lubang sedalam 50 sentimeter. Sekali lagi, jangan mencoba sendiri karena eksperimen ini menggunakan bahan yang berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini