Sukses

Serangan AS Tewaskan Tokoh Milisi di Libya

Belmokhtar merupakan mantan tokoh senior dalam struktur kepemimpinan kelompok Al-Qaeda di kawasan Islam Maghribi (AQIM).

Liputan6.com, Ajdabiya - Militer Amerika Serikat melancarkan serangan ke Kota Ajdabiya di bagian timur Libya. Dalam serbuan tersebut, pejabat pemerintahan Libya menyatakan, Mokhtar Belmokhtar, tokoh kelompok milisi yang memerintahkan serangan terhadap sebuah kilang gas di Aljazair 2 tahun lalu tewas.

Pejabat pemerintah Libya menyatakan, serangan itu dilakukan setelah pihaknya berkonsultasi dengan AS.

Departemen Pertahanan AS mengatakan, Belmokhtar merupakan target serangan. Namun, pihaknya belum bisa memastikan apakah Belmokhtar tewas. Demikian dikutip dari BBC, Senin (15/6/2015)

Belmokhtar merupakan mantan tokoh senior dalam struktur kepemimpinan kelompok Al-Qaeda di kawasan Islam Maghribi (AQIM). Namun, pria kelahiran Aljazair itu kemudian meninggalkan AQIM dan membentuk kelompok sendiri.

Namanya menjadi terkenal seiring dengan serangan ke kilang gas In Amenas di Aljazair pada 2013. Serangan itu menyebabkan 40 orang meninggal.

Sesaat setelah kejadian, pemerintah AS menawarkan US$ 5 juta untuk setiap informasi yang dapat mengungkap lokasi Belmokhtar.

Belmokhtar diikenal dengan julukan 'mata satu' karena dia sering memakai penutup mata. Dia juga dijuluki 'Mr Marlboro' karena dia kerap menyelundupkan rokok untuk mendanai aksi kelompoknya.

Dia juga ikut bertempur melawan militer Uni Soviet di Afghanistan pada akhir 1980-an. Dia memimpin kelompok milisi al-Murabitoun yang menyerang pasukan lokal dan internasional di Mali. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini