Sukses

Iran Banggakan Bantuan Teknologi Roket untuk Hamas

Liputan6.com, Teheran Korban penduduk sipil di Jalur Gaza masih terus berjatuhan setelah serangan darat oleh Israel dimulai. Di lain pihak, jumlah roket Hamas yang dipergunakan untuk menghujani Israel hingga saat ini sudah lebih dari 2.000 buah.

Dikabarkan kemampuan membuat roket diperoleh Hamas dari pihak ketiga yang berniat turut campur dari jauh, yaitu Republik Islam Iran. Seperti yang telah lama ditengarai, Iran menjadikan Jalur Gaza sebagai pijakan untuk menghajar Israel.

Dari Javan dikutip bahwa Iran adalah satu-satunya negara di mana ada konsensus antara pemerintah dan rakyat atas masalah Palestina.

Seiring dengan adanya dukungan yang merakyat kepada para pejuang Palestina, pemerintahan Iran juga menyediakan bantuan penting kepada para pejuang Palestina, termasuk persenjataan militer.

Tindakan Iran untuk mempersenjatai kelompok-kelompok Palestina dilakukan secara terang-terangan dan bahkan didengungkan oleh pemimpin negara, Khamenei. Demikianlah yang dilansir Liputan6.com dari Javan.

“Jujur saja, apa alasannya Iran harus menyembunyikan dukungan luasnya kepada rakyat Palestina yang tanpa pertahanan diri? Tidak ragu lagi, tentulah suatu kebanggaan luar biasa bagi Iran ketika melihat pesawat-pesawat drone Ababil, yang dibuat oleh Republik Islam Iran dan dioperasikan oleh para pejuang Hamas, menjadikan langit kawasan pendudukan (Israel) menjadi langit Hamas dan (drone itu) bahkan tersembunyi dari sistem-sistem radar dan pertahanan udara Israel yang mahal itu.”

Ia melanjutkan, “Sungguh suatu kebanggaan besar bagi Iran ketika rudal-rudal Fajr 5, yang dirancang dan dibuat oleh industri militer Republik Islam Iran, berada di tangan para pejuang Hamas dan digunakan sebagai alat pertahanan.”

“Camkanlah bahwa 18 bulan lalu, dalam perang sebelumnya antara Hamas dan Israel, komandan Pasukan Pengawal Revolusi Iran (IRGC), Jafari, dengan bangga mengumumkan bahwa Republik Islam Iran telah menyediakan warga Gaza yang terzalimi itu dengan teknologi untuk membuat sendiri rudal-rudal Fajr 5.”

“Guyonan kami saat itu adalah ketika sistem rudal-rudal pemerintahan Zionis, yang harga satuannya sekitar 25 ribu dolar, tidak mampu menembak jatuh rudal-rudal Fajr 5, yang harga satuannya hanya beberapa ratus dolar, dan karena itu ketakutan menyebar di kawasan pendudukan (Israel)  lebih daripada sebelumnya.”

“Akhirnya, perlu dinyatakan dengan keras dan jelas bahwa bagi Republik Islam Iran, pertahanan diri yang ideal bagi Palestina tidak boleh dicemari oleh permainan politik,” demikian tandasnya.

Seperti yang dikatakan Khamenei, Iran tidak akan ragu menyatakan dukungan kepada rakyat Palestina yang tertindas. (Ein)

Loading