Sukses

Guncangan untuk Eropa: Partai Sayap Kanan Menang Pemilu Prancis

Liputan6.com, Paris Perkembangan politik negara-negara Uni Eropa menunjukkan hasil yang cukup mengkhawatirkan dengan menangnya partai-partai berhaluan kanan keras dan ultra-nasionalis yang pada umumnya menentang imigrasi dan pengaruh sistem nilai Timur Tengah di negara-negara mereka, termasuk di Prancis sebagaimana dilansir dari harian Mirror, 26 Mei 2014.

Partai sayap kanan Front Nasional mengguncang Eropa setelah memenangkan pemungutan suara Euro di Perancis. Partai ini memenangkan 25% jumlah suara dan mendepak partai Sosialis pimpinan Presiden Francois Hollande ke tempat ketiga.

Marine Le Pen menuturkan kepada para pendukungnya yang sedang bersukaria: “Rakyat telah besuara lantang dan jelas. Mereka tidak ingin lagi dipimpin dari luar perbatasan negara kita, oleh para komisioner Uni Eropa dan teknokrat yang tidak melalui pemilihan.”

Perdana Menteri Manuel Valls menyebut hasil ini sebagai“gempa bumi”, apalagi karena partai ini menginginkan pengurangan imigrasi besar-besaran.

Kemenangan ini merupakan hasil yang paling mencengangkan untuk partai-partai ekstrem dan nasionalis. Sebelumnya, Partai Rakyat di Denmark memenangkan pemilu, sedangkan Partai Kebebasan di Austria mendulang seperlima suara.

Sementara itu, di Jerman, Partai Demokrat yang berhaluan neo-Nazi juga diperkirakan memenangkan pemilihan pertamanya. Dengan demikian, ini untuk pertama kalinya partai berhaluan kanan keras ini mendapatkan pijakan setelah beberapa puluh tahun berdiri. (Ein)