Sukses

Tayang Saat MH370 Hilang, Iklan British Airways Dikecam

Pengguna kereta di London, dikejutkan oleh iklan maskapai British Airways yang mengajak mereka untuk terbang ke Samudera Hindia.

Liputan6.com, London- Pengguna kereta di Stasiun Euston, London, Inggris dikejutkan oleh iklan maskapai British Airways yang mengajak mereka untuk terbang ke Samudera Hindia. Sementara lautan luas di selatan itu menjadi lokasi yang difokuskan dalam pencarian hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370.

Dalam layar di stasiun, seperti dikutip dari The Independent, Jumat (28/3/2014), terdapat iklan bertuliskan, "Escape the commute and discover the Indian Ocean", "Tinggalkan sejenak kesibukan Anda untuk menjelajah ke Samudera Hindia." Iklan itu pun menuai kecaman dari sejumlah orang.

"Momennya tak tepat, iklan dari British Airways itu. #MH370 #advertising #business pic.twitter.com/4MKdq6K6Cbm," kicau @danielistwittin. Hal yang sama juga diutarakan pengguna Twitter lain, @TomEPPayne, "Tak dipercaya ada iklan yang seperti ini, waktunya tidak tepat."

Belum diketahui apakah iklan itu sengaja dipasang terkait MH370 atau sudah dipasang sebelum ada perkembangan bahwa pesawat nahas itu dinyatakan hilang di Samudera Hindia. Namun jika dipasang sebelum tragedi MH370, sejumlah orang mempertanyakan kenapa iklan itu tak ditarik.

Video iklan tersebut kemudian beredar di jejaring sosial. Namun ada yang mengira itu iklan hoax atau palsu. Tapi hal itu dibantah seseorang yang mem-posting iklan tersebut di internet.

"Bagi yang mengira iklan itu palsu, salah besar," tulis orang yang mengunggah video iklan itu di situs Reddit. "Video ini adalah iklan yang terpampang di layar Stasiun Euston di London. Iklan lain dilengkapi ikan yang berenang."

Beberapa jam kemudian, juru bicara British Airways menyatakan permohonan maaf atas beredarnya iklan tersebut. Dia menjelaskan, iklan itu sudah direncanakan beberapa bulan yang lalu, sebelum tragedi MH370.

"Kami mohon maaf atas beredarnya iklan ini. Iklan sedang dalam proses penarikan. Promosi ini sudah direncanakan beberapa bulan lalu. Dan kami sadar iklan itu tidak pantas lagi untuk ditayangkan," ujar juru bicara yang tak disebutkan namanya itu, kepada Metro.co.uk.

MH370 hilang sejak dinyatakan putus kontak pada Sabtu 8 Maret 2014 dini hari dalam rute penerbangan Kuala Lumpur ke Beijing. Namun kemudian diumumkan pada Senin 24 Maret, bahwa pesawat terakhir kali berada di Samudera Hindia.

Perkembangan terbaru, ratusan objek terlihat di Samudera Hindia melalui satelit Inggris dan Jepang. Pencarian pun terus dilakukan di sekitar Samudera Hindia selatan dekat Australia.Namun misteri yang belum terungkap adalah kenapa pesawat rute Kuala Lumpur-Beijing itu bisa sampai ke Samudera Hindia? [Baca: `Rute Sesat` Malaysia Airlines MH370] (Elin Yunita Kristanti)

Baca juga:

Black Box Tak Bisa Ungkap Misteri `Rute Sesat` MH370?

Perbandingan Malaysia Airlines dengan Adam Air yang Hilang Misterius

Politisi AS: Pesawat MH370 Mendarat di Indonesia dan Jadi `Rudal`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.