Sukses

Presiden Yudhoyono Berkunjung ke Iran

Liputan6.com, Teheran: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memulai kunjungan kenegaraan dua hari di Iran. Kunjungan kerja ini merupakan balasan atas lawatan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad ke Jakarta pada Mei dua tahun silam. Rombongan Presiden Yudhoyono tiba di Bandar Udara Mehr Abad, Teheran, Iran, Senin (10/3) petang waktu setempat [baca: Yudhoyono dan Ahmadinejad Membahas Intensitas Hubungan Bilateral].

Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono disambut oleh Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Iran Mohammad Soleymani, serta Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Iran, Iwan Wiranata Atmadja. Sejumlah menteri yang mengikuti kegiatan Kepala negara kali ini antara lain Menteri Luar Negeri Nur Hassan Wirajuda, Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa, dan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu.

Reporter SCTV Mochammad Achir melaporkan, Selasa ini sekitar pukul 09.30 waktu setempat atau 13.00 WIB, Presiden SBY dijadwalkan menemui Ahmadinejad. Agenda selanjutnya, sekitar pukul 17.00 waktu setempat, SBY akan bertemu pemimpin spiritual Iran, Ayatollah Ali Khameini.

Pertemuan empat mata antara SBY dan Ahmadinejad dijadwalkan akan digelar di Istana Kepresidenan Iran. Sejauh ini belum bisa dipastikan agenda pembicaraan kedua kepala negara tersebut. Ada kemungkinan kedua kepala negara akan menandatangani sejumlah nota kesepahaman (MoU) kerja sama bilateral. Antara lain di bidang pertanian, pendidikan, dan perminyakan. Adapun mengenai pembicaraan mengenai masalah politik internasional seperti resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa terhadap Iran belum diketahui secara pasti bakal menjadi pembahasan kedua kepala negara.(ANS/Mochammad Achir)