Sukses

Bentrokan di Najaf, Ratusan Milisi Sunni Tewas

Sekitar 250 milisi Sunni tewas dalam baku tembak dengan pasukan Irak di Najaf. Bentrokan pecah setelah rencana kelompok bersenjata Sunni menyerang umat dan tokoh Syiah yang memperingati Asyura terbongkar.

Liputan6.com, Najaf: Baku tembak kembali mewarnai peringatan Asyura di Irak. Bentrokan kelompok bersenjata Sunni dengan pasukan Irak di Zaraq, timur laut Kota Najaf, menewaskan ratusan milisi. Kontak senjata pecah setelah rencana penyerangan para jemaah dan ulama kota suci kaum Syiah di Najaf terbongkar. Kelompok Sunni berniat bikin rusuh di puncak peringatan wafat Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad SAW, yang jatuh pada Senin (29/1).

Seseorang merekam peperangan lewat telepon genggam. Video ini menunjukkan baku tembak antara kelompok bersenjata Sunni dengan pasukan Irak yang berlangsung sepanjang hari. Sekitar 250 milisi Sunni tewas. Pasukan Irak menangkap 10 orang, satu di antaranya berkebangsaan Sudan.

Sebuah helikopter milik Amerika Serikat yang memperkuat pasukan Irak tertembak jatuh dan menewaskan dua tentara. Diperkirakan anggota kelompok perlawanan yang bernama Army of Heaven ini mendapat dukungan dari para pendukung mantan Presiden Irak Saddam Hussein yang menyuplai senjata dan tempat.

Sejak massa pendudukan, Asyura menjadi peristiwa peringatan keagamaan yang berdarah. Warga Syiah yang berkumpul untuk memperingati kematian cucu nabi Muhammad 15 abad lampau kerap menjadi sasaran serangan yang mematikan.

Peringatan Asyura di wilayah Jammu, Kashmir, India, juga rusuh. Keributan terjadi setelah polisi membubarkan paksa prosesi jalan kaki kaum muslim Syiah India. Kurang lebih 50 orang cedera dan lebih dari 100 orang ditahan, termasuk k sejumlah tokoh Syiah.

Pemerintah Srinagar telah mengeluarkan larangan perayaan keagamaan di Jammu, Kashmir. Namun, kaum muslim Syiah tetap menggelar prosesi Muharram di jalan-jalan kota. Polisi akhirnya membubarkan iring-iringan dengan pentungan dan tembakan gas air mata.

Pembubaran paksa saat perayaan Asyura ini memicu bentrokan antara para pemuda dan polisi di sejumlah wilayah di Srinagar. Belum diketahui ada korban jiwa dalam peristiwa ini

Peringatan Asyura di Peshawar, Pakistan, juga memakan korban. Sepuluh orang tewas, termasuk komandan polisi setempat, akibat bom yang meledak di dekat masjid kelompok Syiah, menjelang peringatan Asyura. Sepuluh orang luka-luka [baca: Serangan Bom Menjelang Peringatan Asyura].(TNA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.