Sukses

PBB Mendesak Dunia Mengirimkan Bantuan ke Pakistan

PBB melalui Sekjen Kofi Annan kembali menyerukan masyarakat internasional untuk mengirimkan bantuan bagi korban gempa bumi di Pakistan. Seruan kembali dilontarkan akibat respons para donor lambat.

Liputan6.com, Jenewa: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Kofi Annan kembali menyerukan masyarakat internasional untuk menggalang lebih banyak dana bagi korban gempa di Pakistan. Seruan ini dikemukakan Annan di Jenewa, Swiss, setelah PBB mengubah target jumlah dana bantuan menjadi sekitar US$ 549,6 juta dari target semula  US$ 312 juta.

Menurut Annan penambahan itu tidak bisa dihindarkan karena bantuan bencana gempa baru tersalurkan untuk sekitar 700 ribu orang dan masih terdapat 1,6 juta jiwa lagi yang masih membutuhkan bantuan. Sementara PBB tak mempunyai dana untuk mencukupinya target bantuan [baca: Bantuan ke Pakistan Masih Minim].

Sejauh ini, Annan mengatakan, respons para donor atas penggalangan dana itu masih lambat. Sebab, PBB baru menerima sebanyak sepertiga dari US$ 312 juta yang ditargetkan sejak bencana itu terjadi 8 Oktober silam. Sementara saat bencana Tsunami terjadi di Asia Desember silam permintaan dana bantuan PBB telah terpenuhi sebanyak 80 persen hanya dalam waktu 10 hari.

Saat ini, keadaan di sebagian wilayah Pakistan terus memburuk karena bantuan kemanusiaan terhambat. Sementara gempa susulan dan tanah longsor kerap terjadi.(ZIZ/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.