Sukses

9 Manfaat Arang Aktif untuk Kesehatan dan Kecantikan

Simak di sini beberapa tips memanfaatkan arang aktif dalam keseharian untuk mendapatkan manfaat cantik dan sehat, sudah pernah coba?

Liputan6.com, Jakarta Arang aktif menjadi satu bahan populer dalam keseharian masyarakat, mulai dari es krim, sabun, hingga pasta gigi, pernah mencobanya? Arang aktif tidak benar- benar merupakan arang.

Arang aktif terbuat dari jarum pinus merah Korea, pohon ek Asia, atau batok kelapa. Namun, beberapa arang aktif juga terbuat dari gambut, batu bara, atau minyak.

Dilansir dari thelist.com, Kamis (9/8/2018), berikut ini adalah beberapa tips memanfaatkan arang aktif dalam keseharian Anda. Penasaran apa saja?

1. Deodoran

Arang aktif dapat bekerja dengan baik sebagai deodoran alami. Sekarang semakin banyak orang beralih ke deodoran alami, karena terkadang keringat berlebih dapat menimbulkan ketidaknyamanan akibat bau badan.

Arang aktif dapat membantu mengatasi hal ini, karena ia memiliki permukaan magnetik, membuat ketiak Anda tidak terlalu bau.

2. Masker wajah dan tubuh

Masker wajah dan tubuh yang berasal dari arang aktif saat ini sedang populer. Arang aktif dapat menarik keluar kotoran dan komedo jika Anda menggunakannya sebagai perawatan wajah.

3. Memutihkan gigi

Arang aktif dapat membersihkan dan memutihkan gigi sekaligus. Arang aktif dapat menarik racun dan menghilangkan noda pada gigi, membuatnya lebih putih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips memanfaatkan arang aktif

4. Menyaring air

Arang aktif juga dapat menyaring air, sama halnya ketika menghilangkan kotoran di kulit. Anda bisa mencari filter air dari arang aktif untuk membuang kotoran, bakteri, dan racun dari air.

5. Memurnikan udara

Arang aktif sangat bagus untuk memurnikan udara dan tanah. Secara alami, arang aktif akan menghilangkan bau, bakteri, jamur, polutan berbahaya, dan alergen.

Jika Anda menambahkan arang aktif pada tanah, ini akan mempertahankan kelembapan, dan membantu tanaman untuk tumbuh. Menghilangkan alergen dan jamur dari udara jelas akan mempengaruhi kesehatan Anda.

6. Membersihkan wajah

Jika Anda memiliki jenis kulit yang cenderung berminyak, arang aktif adalah cara yang bagus untuk menghilangkan sebum dan minyak berlebih. Selain itu, arang aktif tidak akan melucuti minyak alami dari kulit yang membuat kulit justru semakin berminyak.

3 dari 3 halaman

Tips memanfaatkan arang aktif

7. Mengatasi luka, goresan, dan sengatan

Setiap luka atau infeksi dapat disembuhkan lebih cepat dengan arang aktif. Untuk masalah kulit ringan, seperti gigitan, sengatan, luka, goresan, racun, dan alergi, arang aktif juga dapat diaplikasikan secara topikal untuk mengurangi bengkak dan rasa sakit.

8. Mandi

Arang aktif adalah cara yang bagus untuk detoksifikasi, mengeluarkan racun dari tubuh ketika Anda mandi.

9. Sampo

Gunakan arang aktif juga sebagai sampo alami. Sampo yang dibuat dari arang aktif masih bisa berbusa dan membersihkan sama halnya seperti sampo konvensional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.