Sukses

Hari Lipstik Nasional, Seperti Apa Sejarahnya?

Liputan6.com, Jakarta Bayangkan jika wanita tidak mengenal kosmetik bernama lipstik. Mungkin penampilan akan menjadi terlihat kusam dan membosankan. Untuk itu, lipstik dikenal sebagai alat kosmetik yang menunjang penampilan wanita selama bertahun-tahun. Namun pernahkah Anda bertanya seperti apa sejarah panjang lipstik yang sering Anda gunakan?

Dikutip dari Newsweek pada Rabu (1/8/2018) ketika jaman Mesopotamia kuno, lipstik pertama kali dibuat dari bahan alami seperti permata yang digilang, buah dan jus tanaman. Seakan serentak, lipstik langsung digunakan di seluruh dunia. Sehingga tidak bisa dipastikan siapa yang pertama kali membuat lipstik.

Seiring berjalannya waktu, lipstik merah di particula sering dikaitkan dengan wanita kelas rendah. Hingga akhirnya Ratu Elizabeth I menggunakan lipstik merah dan menjadi cukup populer.

 

2 dari 3 halaman

Transformasi lipstik

Di akhir 1800-an, tampilan dengan lipstik merah menjadi begitu populer di kalangan artis. Bahkan menurut Lipstick History, lipstik berbentuk tabung pertama kali ditemukan pada 1915 yang membuatnya lebih mudah digunakan. Seketika, lipstik tabung menjadi begitu populer.

Sepanjang Perang Dunia Kedua, lipstik tabung kemudian diubah dari yang tadinya menggunakan logam menjadi plastik. Namun lipstik menjadi sangat sulit ditemukan karena bahan pembuatannya digunakan untuk keperluan perang.

Setelah perang berakhir, lipstik dengan ketahanan yang lebih lama diciptakan pertama kali oleh Hazel Bishop. Dengan muncul formula lipstik yang lebih tahan lama, membuat Marylin Monroe dan Elizabeth Taylor segera mengubah tren lipstik warna merah menyala menjadi warna yang lebih gelap.

Menjelang 1970-an, lipstik dalam bentuk balm kemungkinan pertama kali ditemukan oleh Bonnie Bell. Lip balm pertama kali dibuat dengan rasa stoberi, lemon, dan apel hijau. Kemudian sejumlah produsen lip balm mengembangkan varian rasa yang hadir sampai sekarang.

Tidak ada deklarasi khusus perihal penetapan hari lipstik nasional. Selama beberapa tahun, hari lipstik nasional dirayakan tanpa ada kejelasan siapa yang menetapkannya. Namun beauty blogger sekaligus pemilik lini kosmetik Huda Beauty, Huda Kattan, menetapkan 29 Juli sebagai hari lipstik nasional pada 2006. Ia pun digadang-gadang sebagai pendiri Hari Lipstik Nasional.

 

3 dari 3 halaman

Bukan sekedar penunjang penampilan

Kini, lipstik tidak sekedar menjadi penunjang penampilan. Dalam beberapa kesempatan, beberapa artis pun menggunakan lipstik sebagai sebuah pernyataan dan menjadikannya sebagai bagian dari karakter dirinya. Taylor Swift misalnya. Ia sangat begitu lekat dengan lipstik berwarna merah menyala.

Kemudian Kylie Jenner. Ia justru dikenal dengan artis yang menggunakan lipstik berwarna netral. Bahkan hingga ia menciptakan lini kosmetiknnya sendiri, Kylie Jenner lebih menonjol dengan karakter lipstik warna nude.