Sukses

Ternyata Ini 7 Manfaat Tersembunyi Janggut

Kata siapa memelihara janggut adalah aktivitas orang pemalas? Berikut adalah bukti nyata manfaatnya!

Liputan6.com, Jakarta Memelihara janggut menjadi tren di seluruh dunia selama lima tahun belakangan. Tren tersebut juga bahkan diikuti oleh banyak aktor Hollywood kenamaan. Sebut saja Ryan Gosling, Leonardo Dicaprio, Chris Evans, Chris Hemsworth, dan Robbert Pattinson merupakan deretan aktor yang tampil lebih seksi dengan janggutnya.

Selain itu, menumbuhkan janggut juga ternyata memberikan banyak manfaat bagi Anda. Berikut adalah pemaparannya.

1. Melindungi wajah Anda dari bahaya sinar matahari

Mengutip dari para peneliti University of Southern Queensland, Revesencio menjelaskan bahwa janggut dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dan bahkan mengurangi risiko terkena kanker kulit.

2. Lebih hangat pada saat musim dingin

"Memiliki rambut wajah jenis apa pun dapat menjadi sebuah pelindung terutama pada saat musim dingin," ujar Buka yang dikutip dari huffingtonpost.com.

3. Menangkal penyakit tenggorokan

Rambut wajah dapat membantu menjauhkan bakteri dari mulut Anda sehingga dapat melindungi tenggorokan Anda dari penyakit. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tampil kece dengan janggut

4. Membantu penderita asma

Senada dengan poin sebelumnya, janggut menjadi solusi terbaik bagi para penderita asma yang memiliki kondisi saluran napas yang reaktif. Sebab, janggut menjadi sebuah filter tambahan tubuh sebelum kotoran masuk ke dalam paru-paru.

5. Mengurangi kemungkinan infeksi bakteri

Dengan memelihara janggut, Anda dapat mengucapkan selamat tinggal pada masalah jerawat. Mengutip buku The Acne Cure yang ditulis oleh Terry J Dubrow dan Brenda D Adderly, mencukur rambut wajah justru dapat menimbulkan jerawat, memperburuk jerawat yang ada dan berkontribusi pada infeksi kulit yang berkaitan dengan jerawat.

6. Efiesiensi waktu

Anda dapat mengalokasikan waktu yang Anda miliki untuk melakukan berbagai kegiatan lain yang lebih penting daripada sekadar mencukur janggut. Melansir dari The Spartanburg Herald, Dr Herbert Mescon seorang profesor dan kepala departemen dermatologi di Boston University School of Medicine mengatakan bahwa rata-rata pria menghabiskan sekitar 3.350 jam untuk bercukur selama hidupnya. Dengan demikian, memelihara janggut dapat menghemat banyak waktu Anda.

7. Lebih menarik

Seperti yang dikatakan di awal, banyak sekali aktor-aktor Hollywood yang memelihara janggut. Janggut juga sedikit banyak membantu mereka untuk tampil lebih menarik dan percaya diri di depan orang lain, khususnya para wanita. Hal ini dapat Anda buktikan dengan membuat deretan nama mantan pacar yang mereka miliki. (Kiki Novilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.