Sukses

Alasan Tidak Dianjurkan Mengeringkan Wajah dengan Handuk

Simak alasan mengapa mengeringkan wajah tak dianjurkan menggunakan handuk.

Jakarta Setelah cuci wajah, umumnya kita mengeringkan atau mengeringkannya dengan handuk. Namun ternyata pemakaian handuk sangatlah keliru. Alasannya, karena tidak baik untuk kulit dan buat kerja produk skincare jadi kurang efektif. Berdasarkan penjelasan ahli kecantikan dari Austria, Jocelyn Petroni, produk skincare akan lebih mudah diserap ketika kulit dalam keadaan lembap (agak basah namun tidak basah kuyup). Saat mengeringkan wajah dengan handuk, kulit jadi langsung kering, meski bisa kita semprotkan facial mist atau facial spray pada wajah untuk melembapkannya lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Tidak Dianjurkan Mengeringkan Wajah dengan Handuk

Terlepas dari itu, handuk sebenarnya merupakan sarang bakteri karena dipakai untuk mengeringkan bagian tubuh yang lain atau digantung dalam keadaan lembap. Saat dipakai untuk mengeringkan wajah, sama saja menyebarkan bakteri ke wajah. Bisa saja berujung munculnya jerawat. Plus, tidak ada gunanya juga pakai skincare berlapis jika bakteri menempel dari handuk.

3 dari 3 halaman

Alasan Tidak Dianjurkan Mengeringkan Wajah dengan Handuk

Lalu, bagaimana cara terbaik menyerap kelebihan air di wajah setelah cuci muka? Bisa pakai kertas tissue. Namun jika ingin lebih menghindari pemakaian banyak tissue (eco-friendly!), bisa dengan ‘membuang' kelebihan air di wajah dengan telapak tangan. Caranya, usap wajah dari tengah ke arah luar, lalu ciprat-cipratkan tangan untuk membuang kelebihan air. Lakukan terus hingga wajah setengah kering. Setelah itu barulah dilanjutkan dengan rutinitas skincare.

Siap tidak pakai handuk lagi untuk wajah?

Oleh: Monica Dian

Sumber: Fimela.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.