Sukses

Kenali 8 Tanda Penuaan Kulit yang Sering Terabaikan

Tanda-tanda penuaan kulit ini sering terabaikan. Kenali sebelum terlambat.

Liputan6.com, Jakarta Penuaan kulit sering kali ditunjukkan dengan beberapa jenis tanda yang terlalu menonjol dan sulit disembunyikan. Mayoritas wanita mulai mengalami tanda-tanda penuaan setelah berusia 25 tahun. Dilansir dari Boldsky pada Kamis (8/2/2018), terdapat beberapa tanda penuaan kulit yang terkadang tidak Anda sadari.

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami kerusakan kolagen dan elastin di kulit. Ini menyebabkan tanda-tanda penuaan kulit menjadi tampak di permukaan kulit. Sehingga Anda perlu melakukan perawatan dini untuk meminimalisir muncul tanda-tanda penuaan kulit tersebut.

1. Kulit kering

Salah satu tanda penuaan kulit yang pertama terlihat adalah kulit menjadi kering. Ini menjadi tanda yang mulai terjadi ketika seorang wanita memasuki usia 25 tahun. Dengan bertambahnya usia, kulit kehilangan kelenjar minyak dan kekeringan menjadi tak terhindari.

2. Kulit kusam

Kulit yang kusam menjadi tanda umum lainnya yang terkadang tidak Anda sadari. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit cenderung kehilangan kilau alami. Alhasilnya, kulit menjadi tampak kusam dan nampak tidak bercahaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beberapa tanda penuaan kulit

3. Kerutan di sudut mata

Kerutan yang muncul di sudut luar mata membentuk seperti jejak kaki burung. Ini menjadi tanda penuaan lainnya yang patut Anda perhatikan. Ketika Anda sudah menyadari munculnya kerutan, Anda harus mulai menggunakan krim mata untuk memastikan kerutan tersebut semakin tidak menonjol.

4. Garis-garis halus

Garis-garis halus biasanya mulai muncul setelah usia 30. Seiring bertambahnya usia, terjadi penurunan kolagen dan elastin pada kulit yang menyebabkan garis-garis halus pada kulit. Garis-garis ini akan semakin terlihat seiring dengan bertambahnya usia jika tidak diatasi.

5. Keriput

Keriput merupakan lipatan yang terbentuk seluruh permukaan kulit saat seseorang bertambah tua. Mayoritas wanita mulai mendapatkan kerutan pada kulit mereka di usia 25 tahun. Namun beberapa faktor sepreti kerusakan akibat sinar matahari, dan kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan minum alkohol, dapat menyebabkan penuaan dini.

3 dari 3 halaman

Beberapa tanda penuaan kulit

6. Kulit kendur

Kelelahan pada kulit juga dianggap sebagai bagian dari proses penuaan. Ini bisa disebabkan oleh hilangnya elastin. Waspada terhadap tanda penuaan dini ini karena perawatan dini mampu membuat memperlambat munculnya tanda penuaan.

7. Bintik hitam

Paparan sinar matahari jangka panjang menyebabkan bintik hitam yang menonjol di usia 30-an. Sebagian besar bintik ini tidak berbahaya, namun bintik hitam ini akan mengganggu riasan Anda.

8. Pembesaran pori-pori wajah

Pori-pori yang semakin membesar menjadi tanda penuaan yang kerap kali tidak Anda sadari. Seiring dengan hilangnya elastisitas kulit, pori-pori cenderung melebar jika tidak diatasi sejak dini. Pori-pori yang melebar juga rentan terhadap jerawat sehingga menganggu penampilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini