Sukses

6 Hal Mengejutkan yang Buat Anda Mengalami Penuaan Dini

Simak di sini beberapa hal mengejutkan yang seringkali dapat membuat Anda mengalami penuaan dini.

Liputan6.com, Jakarta Untuk menghindari terjadinya penuaan dini, orang-orang cenderung akan melakukan segala cara, seperti mengenakan tabir surya dan krim mata secara rutin, serta menghindari aktivitas merokok. Namun, ternyata masih banyak hal mengejutkan yang tidak terduga dapat membuat Anda mengalami penuaan dini, seperti dilansir dari purewow.com, Senin (24/7/2017).

1. Waktu senggang
Menurut sebuah penelitian terbaru dari Research Society on Alcoholism, minum terlalu banyak koktail dapat menyebabkan kerusakan kulit pada tingkat sel, serta penyakit lainnya, seperti jantung, diabetes, kanker, dan demensia. Aktivitas minum alkohol ini biasanya akan dilakukan pada waktu-waktu senggang, di luar jam kerja.

2. Perjalanan harian
Polusi lalu lintas yang setiap hari Anda hadapi dapat menyebabkan peningkatan bintik-bintik hitam di kulit wajah, menurut sebuah studi dari Journal of Investigative Dermatology.

3. Stres pekerjaan
Menurut salah satu studi yang pernah dilakukan oleh Umea University, stres yang timbul akibat aktivitas otak dapat meningkatkan risiko terkena penyakit Alzheimer, selain penuaan dini. Selain itu, pada beberapa penelitian lainnya menemukan bahwa stres yang berhubungan dengan pekerjaan dapat menyebabkan perubahan berbahaya pada DNA yang berkaitan dengan munculnya penyakit degeneratif.

4. Postur tubuh
Selain membuat sakit leher, postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan tulang melemah dan meningkatkan kelengkungan tulang belakang. Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu oleh University of Idaho menemukan bahwa orang dewasa dengan postur tubuh yang baik menunjukkan fungsi kognitif yang juga meningkat, seperti ingatan.

5. Kurang tidur
Kurang tidur dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Menurut sebuah studi dari University Hospitals Case Medical Center, orang yang kurang tidur juga menunjukkan penuaan pada kulit wajah mereka, seperti munculnya garis-garis halus dan pigmentasi yang tidak merata.

6. Perangkat elektronik
Perangkat elektronik, seperti ponsel juga dapat merusak penglihatan, seperti pernah dikatakan oleh sebuah studi dari University of Melbourne. Studi tersebut menyebutkan bahwa cahaya biru dari perangkat elektronik dalam jangka panjang juga berkaitan dengan penuaan dini.

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.