Sukses

Rambut Rontok? Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Permasalahan rambut rontok dari waktu ke waktu dengan jumlah yang wajar, sekitar 50-100 helai sering kita alami setiap hari. Tapi jika kerontokan rambut yang Anda alami terlalu banyak, mungkin ada masalah lain pada area akar rambut yang harus diperhatikan. 

Dilansir dari popsugar.com pada Senin (18/7/2016), beberapa hal penyebab rambut rontok yang diungkapkan oleh Paul Cucinello pakar kecantikan, dan direktur kreatif di Chris Chase Salon di NYC, bersama dengan para ahli lainnya patut diketahui. 

Stres

(foto: popsugar.com)
Menurut Cucinello, banyak wanita yang tidak percaya bahwa stres adalah salah satu penyebab rambut rontok. "Ketika Anda stres peradangan pun terjadi, yang menyebabkan folikel rambut beralih dari tahap tumbuh ke tahap istirahat.  Hal ini disebut telogen effluvium dan menyebabkan kerontokan rambut." Ujarnya. Ia menambahkan, bahwa keramas setiap hari juga bisa membuat rambut rontok. Gesekan yang kerap terjadi dapat membuat akar rambut menjadi lebih rapuh.

Cucenillo mengatakan, solusi utama yang harus diperhatikan adalah mengusahakan pikiran untuk lebih relaks. " Tubuh Anda sudah memberikan signal untuk segera beristirahat. Cobalah untuk melakukan meditasi, yoga, atau sesuatu yang bisa membuat Anda lebih tenang di suatu tempat."

Proses penuaan

(foto: popsugar.com)
Kerutan bukanlah satu-satunya hal yang perlu Anda khawatirkan, namun rambut rontok juga harus segera diperhatikan. "ketika usia bertambah, rambutpun ikut menua dan tidak lagi kuat, pertumbuhannya pun akan melambat dan beberapa folikel rambut tidak lagi memproduksi rambut baru" Ujar Cucenillo.

Cucinello menyarankan untuk menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan anti-aging tertentu. Maksimalkan perawatan pada kulit kepala, untuk membantu mengurangi rambut rontok karena bertambahnya usia.

Malnutrisi

(foto: popsugar.com)
Kekurangan gizi dan diet yang tidak tepat juga dapat memicu permasalahan kerontokan rambut. Zeiltlin menyarankan untuk menambahasupan makanan yang terdiri dari protein tanpa lemak, lemak tak jenuh tunggal, makanan yang kaya akan omega-3 asam lemak seperti kacang kenari dan kacang almond yang berfungsi untuk melindungi rambut Anda, dan juga konsumsi vitamin, serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Styling dengan alat pemanas rambut

(foto: popsugar.com)
Sering mencatok rambut Anda dengan menggunakan olesan bahan kimia agar tahan lama, dapat menyebabkan rontok.

Pastikan suhu panas yang ada pada alat pencatok rambut aman dan mengaplikasikan krim pelindung helaian rambut terlebih dahulu

(Dearni Grasia) 

  • Rambut rontok dalam dunia medis disebut sebagai alopesia. Kerontokan merupakan kondisi umum yang memang terjadi pada semua orang.
    Rambut Rontok