Sukses

Yuk Facial Exercise untuk Cegah Penuaan Dini

Siapa bilang garis kerutan dan penuaan dini tak dapat dicegah dengan mudah? Intip tips berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda berkaca, kerutan halus pada kulit wajah yang mulai mengendur membuat kepercayaan diri kian memudar. Menurut dr Deby Vinski, AAMS selaku President WOCPM Paris (World Council of Preventive Medicine) dalam bukunya yang berjudul Perfect Beauty Anti-Aging, mencegah selalu lebih baik daripada menanggulangi. Selain perawatan rutin dengan menggunakan produk antiaging beragam tips mudah dapat dilakukan rutin untuk menunda penuaan dini.

Salah satunya adalah facial exercise, tujuannya untuk menghilangkan efek dari kebiasaan mimik wajah yang merugikan seperti berkerut pada dahi dan cemberut. Karena ternyata tanpa disadari, mimik tersebut memiliki andil dalam terbentuknya kerutan pada wajah. Olahraga semacam ini harus dilakukan secara rutin, 3-5 kali seminggu, di depan cermin. Setelah 3 bulan, akan terlihat hasilnya.

Gerakan untuk menghilangkan kerutan di dahi.

Tarik napas dalam-dalam, lalu buang perlahan hingga udara yang dihirup terasa habis. Buka mata sebesar mungkin dengan kondisi dahi tidak boleh berkerut, diikuti dengan dibukanya mulut Anda selebar-lebarnya. Kemudian, julurkan lidah semaksimal mungkin, tahan selama 6-10 detik. Ulangi 4 kali.

Gerakan untuk mengencangkan pipi.

Dalam posisi tegak, ucapkan kata : 'xssssssss'. Rasakan hingga dagu dan rahang Anda tertarik ke bawah. Tahan selama 6 detik, ulangi 4 kali. Gerakan ini mengencangkan area pipi hingga dagu Anda.

Gerakan untuk menghilangkan kerutan di ujung mata.

Letakkan ujung jari telunjuk di atas kedua mata. Tekan perlahan sambil memejamkan mata. Perlahan lakukan gerakan agak sedikit menarik ke arah atas. Tahan selama 6 detik, dan ulangi selama 5 menit. Mata pun akan terlatih untuk tidak mengerut.

Penting untuk diketahui :

1. Jangan terlalu sering bersiul, karena bisa menimbulkan kerutan pada area sekitar bibir dan permukaan kulit bibir.

2. Kurangi kebiasaan merokok karena dapat membentuk garis halus vertikal di sekitar bibir.

3. Jangan terlalu sering memicingkan mata, karena hal ini akan mempercepat terbentuknya garis-garis halus di ujung mata.

4. Saat sedang berpikir, jangan mengernyitkan dahi karena akan meninggalkan bekas kerutan.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini