Sukses

Tips Mudah Atasi Rambut Kusut

Liputan6.com, Jakarta Sangat umum jika rambut menjadi kusut ketika bangun tidur. Selain membuat tampilan terkesan acak-acakan, tampilan ini juga mengganggu karena cukup sulit melepaskan rambut agar terurai indah kembali.

Tak berhenti sampai tahapan sulit saja, untuk mengatasi rambut kusut terkadang seseorang harus menahan rasa sakit akibat rambut yang tertarik tangan atau sisir. Bahkan, terkadang seseorang harus rela kehilangan beberapa helai rambut karena digunting.

Sebenarnya, hal ini disebabkan oleh kebiasaan makan, jenis air yang digunakan, atau saat menata rambut. Hal tersebut dapat memengaruhi kekuatan rambut.

Jadi, inilah tips mudah untuk mengatasi rambut kusut seperti yang dilansir dari laman Boldsky, Rabu (28/1/2015):

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tips Rambut Kusut 1-4

Shampoo

Perhatikan kompisisi shampoo yang Anda gunakan, apakah terdapat bahan yang dapat melembutkan dan menguatkan rambut. Pilihlah shampoo yang tidak menyebabkan rambut menjadi kering. Dapat juga, menggunakan minyak sebelum keramas.

Conditioner

Conditioner berguna untuk melembutkan rambut. Menggunakan putih telur dan henna dapat menjadi salah satu cara untuk conditioner alami.

Air Dingin

Cobalah untuk menghindari air hangat. Sebab, air dingin dapat berguna melonggarkan kutikula rambut, serta membuat rambut lebih lembut dan bersinar.

Udara Kering

Coba kurangi intensitas menggunakan alat-alat penata atau pengering rambut. Lebih baik gunakan udara alami untuk mengeringkan rambut.

3 dari 3 halaman

Tips Rambut Kusut 5-7

Sisir Bergigi Lebar

Hindari menyisir dengan sisir saat rambut basah. Apabila sangat diperlukan, coba gunakan sisi bergigi lebar atau jari-jari tangan.

Jangan Terburu-buru Keringkan Rambut Dengan Handuk

Kesalahan yang sangat besar apabila mengeringkan rambut dengan menggosok-gosok sekelompok rambut handuk. Coba pisahkan rambut dengan jari tangan terlebih dahulu, kemudian gosok amat perlahan dengan handuk.

Menyisir Sebelum Tidur

Sangat dianjurkan untuk melepas kunciran atau kepangan sesaat sebelum tidur. Cobalah juga untuk membiasakan diri menyisir sebelum tidur agar kekusutan dapat berkurang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS