Sukses

Alam Ganjar Tunjukan Kepedulian pada Penyandang Disabilitas dengan Turut Salurkan Donasi

Alam Ganjar menyuarakan pentingnya peran dan dukungan sosial terhadap kemajuan anak-anak disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta - Putra tunggal bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar membagikan momen kebersamaannya dengan teman-teman disabilitas.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun TikTok pribadi @alamganjarr, pemuda kelahiran 14 Desember 2001 itu menghadiri sebuah acara bertajuk The House of Revolutions (THR).

Di sana ia bercengkrama dengan anak-anak penyandang disabilitas serta keluarganya.

“Bersama teman-teman Disabilitas,” tulis Alam Ganjar dalam unggahan tersebut.

Membuat Penyandang Disabilitas Tak Merasa Ditinggalkan

Alam Ganjar sebagai salah satu inisiator kegiatan THR menyuarakan pentingnya peran dan dukungan sosial terhadap kemajuan anak-anak berkebutuhan khusus.

Menurutnya, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Di saat orang bisa memenuhi kekurangan orang lain, itu yang seharusnya digerakkan dan ini yang kita coba lakukan sekarang membantu teman-teman di sini memiliki akses yang lebih terhadap fasilitas,” ungkapnya dalam keterangan tertulis.

Alam menambahkan, kebutuhan dasar semua orang termasuk anak berkebutuhan khusus harus terpenuhi. Dia berharap ke depannya kepedulian ini terus digaungkan agar Indonesia menjadi negara yang lebih inklusif di masa depan.

“Semoga esok akan lebih mudah. Teman-teman difabel akan lebih nyaman, lebih bahagia, dan tidak ada yang merasa ditinggalkan,” harap Alam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dibilang Mirip Sang Ayah

Video TikTok di acara THR yang diunggah Alam mendapat komentar positif dari warganet. Beberapa warganet bahkan mengatakan bahwa Alam mirip dengan sang ayah.

“Di balik kecerdasannya, jiwa sosialnya besar. Jangan berubah, teruslah menjadi Alam Ganjar seperti ini,” tulis pengguna TikTok.

“Ternyata Mas Alam mirip sekali dengan ayah dan bundanya,” kata warganet lain.

“Keren, buah jatuh tak jauh dari pohonnya, mirip Pak Ganjar ya, ganteng juga hehe.”

“Sifat dan watak Pak Ganjar kayaknya turun ke Mas Alam deh, orangnya ramah sama semua orang.”

Tak sedikit pula yang salah fokus pada interaksi Alam Ganjar dengan influencer asal Malang, Eca Aura. Dalam acara itu, Eca terlihat menepuk-nepuk lengan Alam dengan telapak tangannya yang berlumuran cat merah.

“Serasi pol tuh sama si eca,” kata warganet.

“Eca kayaknya ter-Alam Alam yah,” tulis warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Tentang Acara THR

Terkait acara The House of Revolutions atau THR. Ini merupakan acara penyaluran donasi kesehatan dan UMKM kepada anak berkebutuhan khusus melalui Yayasan Hati Baik dan Malaikat Baik.

Tak hanya Alam Ganjar, acara ini juga dihadiri para influencer dan figur publik seperti Lula Lahfah hingga Thariq Halilintar.

Donasi tersebut merupakan hasil keuntungan penyelenggaraan futsal charity bertajuk ‘Goal Kampung’ di Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Sabtu 30 September 2023 lalu.

Inisiator THR Group Thariq Halilintar menyampaikan, donasi tersebut disalurkan ke Yayasan Jendela Ibu di Purimas Regency Blok B1 No. 9 Bitung Sawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), Rabu 11 Oktober 2023.

4 dari 4 halaman

Bentuk Aksi Kemanusiaan Para Influencer

Bantuan diberikan dalam bentuk alat terapi seperti matras dinding, sikat sensori, tangga busa, lampu infrared, hingga tactile balance, tidak ketinggalan susu dan pampers anak.

“THR bareng teman-teman influencer yang semuanya luar biasa. Dari acara Goal Kampung kemarin ada dana-dana yang terkumpul dari penjualan tiket, sama dana saweran teman-teman di online. Semuanya kita salurkan hari ini,” tutur Thariq dalam siaran persnya, Kamis (12/10/2023).

Menurut Thariq, sudah sepatutnya para influencer menyuarakan kepedulian melalui aksi kemanusiaan lewat kegiatan-kegiatan sosial. Pasalnya, mereka dapat menularkan kepedulian tersebut kepada masyarakat.

“Kemarin sudah menyuarakan pendidikan, lingkungan, dan sekarang kesehatan. Apalagi buat anak-anak luar biasa, yang keren-keren, yang semangatnya luar biasa,” jelas dia.

Dengan adanya kegiatan ini, Thariq berharap anak berkebutuhan khusus mendapatkan kesempatan yang sama agar seluruh masyarakat bisa sama-sama maju berkat lingkungan inklusif dan ramah disabilitas.

“Harapannya semoga anak-anak spesial semua diberikan suara, tempat, hak, dan semuanya itu yang sama karena semuanya berhak merasakan pendidikan, kesehatan, dan diberikan rasa hormat yang sama,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.