Sukses

Diserang Hiu di Pantai NYC, Lansia Itu Kini Memiliki Disabilitas Permanen

Tatyana Koltunyuk--nama wanita tersebut, kehilangan sebagian besar kaki kirinya di atas lutut karena digigit hiu

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita berusia 65 tahun selamat dari serangan hiu di Rockaway Beach awal bulan ini. Meskipun, dia harus menjalani lima operasi dalam delapan hari dan tetap berakhir memiliki disabilitas permanen.

Tatyana Koltunyuk--nama wanita tersebut, kehilangan sebagian besar kaki kirinya di atas lutut. Sehingga kemungkinan akan membutuhkan lebih banyak operasi bersama dengan terapi fisik selama bertahun-tahun, kata putri dan menantunya.

“[Dia] telah menjalani 5 operasi dalam 8 hari pertama sejak serangan itu, dan akan membutuhkan lebih banyak lagi. Tim medisnya memperkirakan bahwa pemulihan akan membutuhkan beberapa tahun terapi fisik yang intens dan pemantauan medis yang ketat, selama waktu itu dia akan memiliki mobilitas yang sangat terbatas,” kata keluarganya dalam sebuah pernyataan.

"Meskipun dampak penuh dari cederanya belum diketahui, itu membuatnya disabilitas permanen," ujar keluarga lagi.

Dilansir dari NYPost, Koltunyuk, seorang mantan insinyur kelautan yang berasal dari Ukraina, sedang berenang sendirian di dekat Beach 59th Street sekitar pukul 6 sore pada 7 Agustus ketika seekor hiu pemangsa mengejarnya.

Penjaga pantai melihatnya berteriak, dan dia diyakini telah kehilangan "sekitar 20 pon (sekitar 9 kg) daging" dari gigitan itu, kata sumber kemudian. Dia dilarikan ke Jamaica Hospital.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keluarga Meminta Bantuan

Dalam pembaruan kondisinya Kamis, keluarganya meminta bantuan mengumpulkan uang untuk pemulihan berkelanjutan Koltunyuk melalui halaman GoFundMe.

“Ibu kami adalah wanita yang berempati, bijaksana, dan sangat bangga yang tidak akan pernah meminta apa pun, selalu mengutamakan orang lain. Jadi kami meminta bantuan atas namanya,” tulis mereka.

“Dia berusia 65 tahun dan sangat menantikan masa pensiunnya, ketika dia bisa – untuk pertama kalinya dalam hidupnya – beristirahat. Dia berbicara tentang berenang di lautan setiap hari, berjalan-jalan di kota dengan anak anjing baru, dan bepergian dengan putri dan menantunya.”

Serangan bersejarah itu diyakini sebagai yang pertama di tepi pantai populer sejak 1953.

Tanda gigi menunjukkan Koltunyuk, dari Astoria, mungkin telah digigit oleh hiu penjemur (bull shark) atau hiu rubah laut (thresher shark) meskipun hiu putih besar (great white shark) tidak dapat dikesampingkan, kata sumber yang mengetahui kejadian tersebut pada saat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.