Sukses

Tentang Mata Prostetik yang Perlu Anda Ketahui

Mata prostetik dapat membantu memperbaiki penampilan orang yang kehilangan mata karena cedera atau penyakit, sekaligus menambah kepercayaan diri penggunanya.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun seorang tunanetra tidak dapat mengembalikan penglihatannya, mata prostetik dapat membantu memperbaiki penampilan orang yang kehilangan mata karena cedera atau penyakit, sekaligus menambah kepercayaan diri penggunanya.

Biasa disebut juga dengan 'mata kaca'atau 'mata palsu', ini sebenarnya bukan mata sungguhan, melainkan hanya berupa cangkang yang menutupi struktur di rongga mata.

Dilansir dari WebMD, Matthew Hoffman, MD, seorang dokter lulusan Emory University di Atlanta, berbagi informasi seputar kegunaan mata prostetik.

Meskipun seorang tunanetra tidak dapat mengembalikan penglihatannya, mata prostetik dapat membantu memperbaiki penampilan orang yang kehilangan mata karena cedera atau penyakit, sekaligus menambah kepercayaan diri penggunanya.

Biasa disebut juga dengan 'mata kaca'atau 'mata palsu', ini sebenarnya bukan mata sungguhan, melainkan hanya berupa cangkang yang menutupi struktur di rongga mata.

Mata prostetik terdiri dari bagian:

- lonjong pada cangkang luar dengan warna keputihan yang menutupi permukaan untuk menduplikasi warna putih mata lainnya

- bulat pada bagian tengah yang dicat agar terlihat seperti iris dan pupil mata lainnya

Menanam mata prostetik ( prostesis okular ) hampir selalu dianjurkan setelah mata diangkat melalui pembedahan karena kerusakan atau penyakit. Implan ini mendukung fungsi kelopak mata yang tepat.

Beberapa alasan mengapa mata harus dihilangkan adalah:

- cedera

- glaukoma

- infeksi di dalam mata

- tumor mata

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Pembedahan

Ada dua metode bedah untuk mengangkat mata yang rusak. Jenis operasi yang Anda lakukan akan memengaruhi pemilihan mata prostetik. Kedua metode tersebut adalah:

a. Pengeluaran isi

Dalam metode ini, bagian dalam mata yang seperti jeli disedot keluar. Ini dilakukan melalui sayatan di bagian depan mata. Tetapi prosedur ini mempertahankan jaringan di:

- mata luar

- rongga mata (orbit)

b. Enukleasi

Dalam metode ini, seluruh mata ("bola mata" seperti bola dunia) dipotong dan dikeluarkan dari rongga mata.

Dokter Anda akan memutuskan metode mana yang akan digunakan berdasarkan:

- jenis kondisi mata yang Anda miliki

- derajat kerusakan mata

 

3 dari 4 halaman

Mengapa Mata Prostetik Digunakan?

Mata prostetik dapat memperbaiki penampilan rongga mata yang terkena. Bagi kebanyakan orang, lebih baik memakai penutup mata atau perban.

Jika seluruh mata diangkat, implan okular dan prostesis mencegah jaringan di rongga mata tumbuh untuk mengisi ruang kosong.

Sebagaimana telah disebutkan di awal, mata prostetik tidak dapat memulihkan penglihatan. Setelah pengangkatan mata alami dan pemasangan mata prostetik, seseorang tidak akan memiliki penglihatan pada mata tersebut.

Pada suatu waktu "mata kaca" benar-benar terbuat dari kaca. Saat ini, mata prostetik umumnya terbuat dari plastik akrilik yang keras. Mata prostetik berbentuk seperti cangkang.

Mata prostetik dipasang di atas implan okular. Implan okular adalah perangkat keras dan bulat terpisah yang tertanam lebih dalam melalui pembedahan dan permanen di rongga mata.

Implan okular sering kali dibungkus dengan jaringan hidup atau bahan bantalan sintetik sebelum dipasang.

 

4 dari 4 halaman

Bedah Mata Prostetik: Apa yang Diharapkan

Setelah operasi untuk menghilangkan mata alami, implan mata berbentuk bola ditanamkan secara permanen dan dalam. Kemudian, prostesis yang dapat dilepas dibuat agar pas di atasnya.

Menghapus mata yang rusak biasanya dilakukan dengan anestesi lokal. Obat penenang dan obat nyeri dapat diberikan melalui pembuluh darah untuk mengurangi kecemasan dan rasa sakit. Anestesi umum biasanya tidak diperlukan tetapi merupakan pilihan.

Antibiotik oral dapat diresepkan selama beberapa hari setelah operasi mata prostetik. Obat tetes mata antibiotik biasanya diresepkan untuk beberapa minggu. Rongga mata tetap tertutup dan diberi waktu berbulan-bulan untuk sembuh.

Setelah penyembuhan selesai, spesialis mata prostetik (okularis) membuat cetakan lilin di bagian depan rongga mata. Ahli mata membuat mata prostetik khusus agar pas dengan implan mata. Iris baru (bagian mata yang diwarnai) dan pembuluh darah di area putih dicat dengan hati-hati dengan tangan agar sesuai dengan mata yang sehat.

Mata prostetik bergerak, tetapi seringkali tidak sepenuhnya atau secepat mata sehat Anda yang lain. Pupil pada mata prostetik tidak berubah sebagai respons terhadap cahaya. Jadi pupil kedua mata mungkin tampak tidak sama.

Rongga mata dapat terus berubah bentuk setelah operasi. Pemasangan tambahan dan penyesuaian prostesis mungkin diperlukan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah penempatan awal.

Meskipun pembedahan itu sendiri kecil, kehilangan satu mata dan menyesuaikan diri dengan mata prostetik bisa sangat menantang, secara psikologis, dan emosional. Konseling dan kelompok pendukung tersedia untuk membantu orang melewati masa sulit ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.