Sukses

Para Wanita Tuli di Korea Gratiskan Perawatan Kuku bagi Penumpang Kereta

Semua seniman kuku di sana adalah wanita dengan gangguan pendengaran. Mereka berkomunikasi dalam bahasa tertulis dan lisan dengan membaca bibir orang lain, terkadang dengan bantuan tablet dengan aplikasi yang langsung menerjemahkan kata yang diucapkan menjadi teks.

Liputan6.com, Jakarta Di ujung koridor di lantai empat Stasiun Yongsan Seoul berdiri sebuah salon kuku kecil yang sunyi dan tidak biasa. Hanya musik yang lembut dan menenangkan yang mengalir di latar belakang sebagai pengganti obrolan antara karyawan dan pelanggan.

Semua seniman kuku di sana adalah wanita dengan gangguan pendengaran. Mereka berkomunikasi dalam bahasa tertulis dan lisan dengan membaca bibir orang lain, terkadang dengan bantuan tablet dengan aplikasi yang langsung menerjemahkan kata yang diucapkan menjadi teks.

Salon kuku tersebut bernama "Seom-seom-ok-soo", yang berarti "Tangan Ramping dan Halus". Salon kuku berukuran 13 meter persegi ini menyediakan layanan perawatan kuku gratis bagi penumpang yang memegang tiket Kereta Api Korea Express (KTX) yang berlaku hari itu.

Ini adalah hasil dari kemitraan publik-swasta yang memungkinkan perempuan penyandang disabilitas untuk bergabung dengan pasar tenaga kerja dan membuktikan keahlian mereka sendiri.

Baek Ji-yeon, 34 tahun, telah bekerja di sana sebagai seniman kuku sejak April 2021. Ia mengambil jurusan desain visual di SMA dan bercita-cita menjadi seorang desainer.

Ia mulai bekerja di sebuah pabrik untuk mendapatkan uang untuk biaya kuliah setelah lulus SMA, tetapi orang mengatakan kepadanya bahwa ada begitu banyak orang di luar sana yang lebih baik darinya baik dalam keterampilan desain maupun komunikasi.

Selama bertahun-tahun, ia menyerah pada mimpinya dan bekerja di sebuah pabrik kosmetik yang memproduksi produk pewarna rambut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pekerjaan dari Perusahaan Kereta

Ketika ia melihat iklan pekerjaan dari Korea Railroad Corp. (KORAIL) dan Korea Employment Agency for Persons with Disabilities (KEAD) mencari perias kuku wanita dengan gangguan pendengaran, ia berpikir itu adalah "kesempatan yang tidak boleh hilang".

Setelah enam bulan pelatihan di lembaga penelitian KEAD untuk pendidikan kejuruan di Goyang, Provinsi Gyeonggi, ia resmi menjadi seniman kuku profesional dan karyawan SK Shieldus--produsen kuku palsu. Ia memperoleh lisensi nasional dalam seni kuku dan terus bekerja keras mengembangkan keahliannya.

Bagi Kim A-ron yang berusia 29 tahun dan Youn Mi-rea yang berusia 25 tahun, perias kuku adalah tempat kerja pertama mereka. Mereka berdua ingat betapa bahagianya mereka di hari pertama bekerja.

Kim mengatakan ia juga frustrasi untuk mengejar mimpinya di bidang seni seperti Baek. Sejak kecil ia memang menyukai seni dan terampil menggunakan tangannya, mengambil jurusan seni lukis Korea dengan cita-cita menjadi ilustrator. Namun, mimpinya dikecewakan karena mencari pekerjaan menjadi semakin sulit selama pandemi COVID-19.

"Saat itulah saya berpikir saya harus mengasah beberapa keterampilan dan teknik khusus," kata Kim. Dia bergabung dengan bar kuku dua tahun lalu dan bekerja shift pagi dengan Baek dan Youn.

Dia sudah memiliki lima lisensi yang berkaitan dengan seni kuku, tetapi masih belajar setelah bekerja. Baru-baru ini, dia telah mempelajari ekstensi bulu mata dan perawatan kuku kaki yang tumbuh ke dalam.

 

3 dari 4 halaman

Menghias Kuku Sembari Menunggu Kereta

 

Layanan hias kuku memakan waktu sekitar 30 hingga 50 menit. Seorang pelanggan dapat memilih pilihan gaya, bentuk dan tambahan yang mereka inginkan dan menyelesaikan kuku mereka sambil menunggu kereta mereka dalam keheningan yang menenangkan. Botol air, kopi, dan minuman juga disajikan. Nail bar buka dari Senin sampai Jumat, dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore

Hanya sekitar 10 orang yang mengunjungi nail bar per hari, karena masih belum diketahui publik. Tiga seniman kuku dengan suara bulat mengatakan bahwa hadiah terbesar untuk pekerjaan mereka adalah ketika pelanggan mereka menunjukkan senyum lebar dan memberi tahu mereka betapa mereka senang melihat kuku mereka dipoles. Beberapa pengunjung telah kembali beberapa kali, dan beberapa bahkan memberi mereka makanan kecil sebagai tanda penghargaan.

Diluncurkan pada tahun 2021, sekitar 90 wanita bekerja di salon kuku yang terletak di stasiun kereta di Yeongdeungpo Seoul, serta Busan, Daejeon, Iksan, Ulsan, Gimcheon-Gumi dan Anyang.

Ini adalah inisiatif multilateral yang mendukung penyandang disabilitas dalam krisis ketenagakerjaan selama pandemi virus corona.

KORAIL menyediakan ruang di dalam stasiun kereta secara gratis, sementara KEAD bertanggung jawab atas konsultasi perekrutan staf dan disabilitas dengan perusahaan dan organisasi. Perusahaan seperti SK Shieldus, sponsor bar kuku Yongsan saat ini, merekrut wanita tunarungu dan memenuhi kuota perekrutan disabilitasnya.

 

4 dari 4 halaman

Kewajiban Perusahaan Pekerjakan Disabilitas di Korea

Pada tahun 1991, Korea menetapkan sistem kuota yang mewajibkan perusahaan publik dan swasta untuk memasukkan penyandang disabilitas pada persentase minimum tertentu dari tenaga kerja mereka. Saat ini angkanya berada di angka 3 persen. Namun, hanya 38,1 persen dari 2,64 juta penyandang disabilitas yang terdaftar di Korea yang terlibat dalam kegiatan ekonomi, menurut laporan terbaru KEAD dari tahun 2022.

Pada tahun 2012, KEAD dan lembaga penelitian kejuruannya di Distrik Ilsan Goyang mengembangkan program seni kuku untuk wanita penyandang disabilitas gangguan pendengaran untuk mendiversifikasi pekerjaan yang terbuka bagi penyandang disabilitas dan meningkatkan kondisi kerja terutama bagi perempuan, yang lebih rentan di pasar tenaga kerja.

Statistik terbaru KEAD menunjukkan bahwa 23,1 persen perempuan penyandang disabilitas bekerja. Itu kontras dengan 46,2 persen laki-laki penyandang disabilitas yang memiliki pekerjaan. Di antara mereka, 79,9 persen perempuan penyandang disabilitas yang bekerja memiliki kontrak tidak tetap, sementara angka untuk laki-laki mencapai 58,4 persen.

"Saya berharap lebih banyak penyandang disabilitas bisa mendapatkan harapan dan mengambil tantangan (untuk mengejar impian mereka). Selain itu, saya berharap akan ada lebih banyak kesempatan bagi mereka, seperti yang saya dapatkan," kata Baek. Salon kuku terletak di lantai empat Stasiun Yongsan Seoul pusat. Reservasi untuk bar kuku Seom-seom-ok-soo secara nasional dapat dilakukan melalui saluran obrolan KakaoTalk masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.