Sukses

10 Karakter Video Game yang Memiliki Disabilitas Fisik

Dalam upaya membuat video game lebih inklusif dan menarik bagi semua demografi, para pengembang game pun menciptakan karakter yang beragam.

Liputan6.com, Jakarta Istilah "disabilitas fisik" sebenarnya dianggap sebagi label yang tidak jelas karena mencakup individu dengan keterbatasan fisik. Padahal secara signifikan disabilitas bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari.

Label ini memiliki rentang demografi yang lebih kecil yang mencakup pengguna kursi roda, orang yang diamputasi, dan orang dengan kondisi neurologis seperti kelumpuhan otak.

Dalam upaya membuat video game lebih inklusif dan menarik bagi semua demografi, para pengembang game pun menciptakan karakter yang beragam.

Dilansir dari Gamerant, berikut karakter dari video game dengan berbagai disabilitas fisik.

1. Taimi – Guild Wars 2

Guild Wars 2 adalah MMO online free-to-play yang menawarkan kemegahan visual dan gaya pencitraan yang bisa langsung dari novel HP Lovecraft kepada penggemar. Meskipun game ini menampilkan banyak karakter yang menarik, Taimi adalah individu pemberani.

Taimi adalah mahasiswa dari College of Synergetics yang belajar di bawah bimbingan golemancer terkenal, Zojja.

Taimi, seorang yatim piatu sejak lahir, memiliki kondisi degeneratif yang mempengaruhi mobilitasnya dan dianggap tidak ada obatnya. Menjadi terengah-engah secara teratur, Taimi menyelesaikan perbuatannya dengan banyak penghentian napas dan istirahat untuk memulihkan diri.

2. Max Hass - Wolfenstein

Bagi penggemar serial legendaris Wolfenstein, ada beberapa karakter terkenal yang terpampang di layar. Max Hass adalah salah satunya, yang sikap heroiknya dalam menghadapi kesulitan terus-menerus menyenangkan untuk dilihat.

Terlahir dengan cedera otak yang parah, dokter mengangkat sebagian besar jaringan yang rusak, meninggalkan Max dengan sebagian kepalanya hilang. Tidak membiarkan disabilitasnya melumpuhkannya, Hass adalah individu yang sangat kuat yang ingatan dan kepribadiannya yang cerdas membuatnya menjadi anggota Perlawanan (the Resistance) yang berharga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Diogenes – Getting Over It With Bennett Foddy

Karakter atipikal dalam gim atipikal, Diogenes bukan satu-satunya aspek menarik dari rilis 2017 yang tidak jelas ini. Dikembangkan oleh Mr. Foddy dalam upaya nyata untuk "mengatasi" sesuatu dengan memfokuskan energinya pada eksploitasi Diogenes.

Sangat menyenangkan melihat karakter utama yang dinonaktifkan. Namun, Diogenes bukanlah perwakilan tipikal Anda dari demografi mana pun. Dinamakan setelah seorang filsuf Yunani kuno, satu-satunya tujuan Diogenes adalah mendaki gunung dan melompat ke ruang terbuka. Meskipun ia tampak kurang bergerak di kakinya, tokoh utama ini berkeliling menggunakan kuali besar. Ini bukanlah sesuatu yang akan dilihat oleh seorang Physio atau Occupational Therapist.

4. Dunban – Kronik Xenoblade

Seri fantasi role-playing yang dikembangkan Monolith Soft ini, Xenoblade Chronicles, adalah game petualangan penuh kesenangan yang memberi pemain tujuh karakter utama untuk dipilih. Salah satu dari individu itu adalah Dunban, suara nalar logis di antara kelompok protagonis.

Seorang individu heroik dengan keberanian besar, Dunban secara teratur menunjukkan kesediaan untuk mengorbankan dirinya demi tujuan yang lebih besar. Dengan sikap inilah Dunban menggunakan pedang mitos Monado untuk mengalahkan musuh-musuhnya sekaligus menyebabkan kerusakan permanen pada lengannya, membuatnya lumpuh.

 

3 dari 5 halaman

5. Baiken – Guilty Gear

Pertama kali dirilis pada 1998 di PlayStation, Guilty Gear sejak itu memberkati penggemar dengan banyak sekuel dan banyak karakter. Muncul di entri pertama, Baiken adalah karakter berulang yang diturunkan dari samurai Jepang kuno.

Ditakdirkan untuk menjalani hidup sebagai samurai pengembara, Baiken telah memutuskan untuk berburu dan mengalahkan antagonis jahat, The Man. Sebagai seorang anak, Baiken kehilangan lengan kanan dan mata kirinya dalam serangan di desanya. Ia telah mengganti anggota tubuhnya yang hilang dengan pengait yang berguna yang ia gunakan untuk menghindari penangkapan.

6. Kai Brehn – ReCore

ReCore adalah game aksi-petualangan orang ketiga yang memungkinkan pemain menyerap diri ke dalam dunia Joule Adams dan rekan-rekan corebotnya. Menjelajahi tanah Far Eden yang luas, Adams bersentuhan dengan beberapa karakter catatan.

Salah satunya adalah individu kelahiran Bumi, yang ditakdirkan untuk membantu Joules, Kai Brehn. Karena infeksi mematikan yang dikenal sebagai Wabah Debu, kaki Brehn diamputasi. Dengan bantuan corebotnya sendiri, Seth, Brehn menemukan Adams, yang membantunya membuat kaki palsu.

 

4 dari 5 halaman

7. Junkrat – Overwatch

Overwatch adalah game tembak-menembak orang pertama yang dikembangkan oleh Blizzard Entertainment yang awalnya dirilis pada tahun 2016. Dengan lebih dari 30 karakter yang dapat dimainkan untuk dipilih, penggemar game ini mungkin kesulitan dalam memilih jago tembak favorit mereka.

Penggemar yang akrab dengan waralaba dapat memilih untuk memilih Junkrat anarkis Australia untuk mengejar tujuan penaklukan mereka. Junkrat adalah pahlawan manik yang kecintaannya pada bahan peledak dan sikap kacau membuatnya menjadi favorit penggemar. Setelah kehilangan kaki kanannya dalam kecelakaan ledakan yang dapat diprediksi, Junkrat dilengkapi dengan prostetik.

8. Billie Lurk – Dishonored

Rilis Arkane Studios tahun 2012, Dishonored dan sekuelnya tahun 2016 adalah beberapa game aksi-petualangan yang narasinya berhasil membuat pemain terpesona. Agar pemain tetap terhanyut, pengembang Dishonored telah memperkenalkan serangkaian karakter yang menarik dan kompleks. Salah satu karakter yang menarik adalah Billie Lurk.

Lurk, yang juga dikenal dengan Meagan Foster, adalah sekutu nakal yang ceritanya berubah dari protagonis menjadi antagonis. Meski sudah tergantikan dengan teknologi canggih, Billie tidak lagi memiliki mata kanan atau lengan kanan di bawah lengan bawah.

 

5 dari 5 halaman

9. Joker – Mass Effect

RPG sci-fi militer futuristik, Mass Effect melihat para pemain berusaha mati-matian untuk menyelamatkan Bima Sakti dari ancaman mekanis, Reapers. Selama eksploitasi ini, pemain pasti akan bertemu dengan pilot yang sombong dan percaya diri, Jeff "Joker" Moreau.

Terlahir dengan kasus sindrom Vrolik ringan hingga parah, juga dikenal sebagai Penyakit Tulang Rapuh, Joker menghabiskan masa kecilnya di Stasiun Arcturus sebelum bergabung dengan Angkatan Laut Aliansi. Kondisi Joker berarti dia harus mengandalkan kruk dan penyangga kaki untuk tetap bergerak, tetapi mengingat kehebatannya sebagai pilot, dia tidak membiarkan hal ini menahannya.

10. Sir Hammerlock – Borderlands 2

Perangkat Lunak Gearbox 2012 mengembangkan penembak orang pertama, Borderlands 2 menawarkan kesempatan bermain untuk mencoret-coret tanah Pandora yang diduduki. Alur ceritanya menampilkan kelompok perlawanan Pemburu Vault saat mereka bekerja sama untuk memberontak melawan Jack Tampan yang kejam. Penggemar waralaba ini akan sangat mengenal Sir Alistair Hammerlock yang berani.

Sir Hammerlock adalah cyborg manusia berkumis, goyang Stetson, berkumis yang mengenakan tontonan, yang sifat rajinnya pasti akan membantu pemain di sepanjang jalan. Setelah kehilangan lengan dan kaki kanannya saat bertarung melawan Old Slappy, Hammerlock dilengkapi dengan kaki palsu yang sangat mengurangi disabilitasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.