Sukses

Remaja Autisme Memenangkan Kontes Miss Dallas Teen USA 2022

Liputan6.com, Jakarta Alison Appleby, 17 tahun, dari Sherman, Texas, dinobatkan sebagai Miss Dallas Teen USA 2022 baru-baru ini dengan anjing penjaga setianya, Brady, tepat di sisinya.

Remaja yang hidup dengan autisme dan epilepsi, mencapai apa yang dulunya dianggap tidak mungkin dengan berkompetisi dalam kontes sebagai penyandang disabilitas dan bahkan memenangkannya.

Dilansir dari FoxNews, dalam sebuah wawancara kemanangannya pada tanggal 9 Oktober lalu, Alison mengatakan bahwa kemenangannya tersebut merupakan kejutan yang lengkap karena itu juga merupakan pertama kalinya ia berkompetisi dalam sebuah kontes.

"Saya belum pernah melakukannya sebelumnya," katanya.

"Saya membeli gaun tiga hari sebelum kontes, jadi saya tidak tahu apa yang saya hadapi."

Pendatang baru kontes ini mengatakan seluruh tujuannya adalah untuk hadir bersama anjing pelayannya dan "menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda dapat melakukannya dengan disabilitas."

"Saya masih ketakutan sepanjang waktu ... tetapi memiliki Brady di sisi saya membuatnya jauh lebih mudah," katanya.

"Ia adalah dukungan saya melalui itu semua."

Pada upacara penobatan, baik Appleby dan Brady dihadiahi mahkota, meskipun golden retriever bukanlah penggemar terbesar perhiasan barunya, ia mencoba melepaskan topi baja gemerlapnya secepat mungkin.

"Ketika mereka menobatkan Brady, hati saya terenyuh, hati saya benar-benar meleleh. Ia tidak menyukainya pada awalnya, tetapi ia terbiasa cukup cepat," katanya.

Direktur kontes Miss Dallas Jennifer Ortiz mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa mampu memahkotai Appleby dan Brady adalah pengalaman yang "fantastis".

"Alison benar-benar memenangkan seluruh kontes dalam wawancara," katanya. "Ia benar-benar luar biasa, cara ia berbicara, ia sangat cerdas, sangat komunikatif dengan juri kami. Ia sungguh seorang wanita fenomenal sejauh ini."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pesan pada Para Penyandang Disabilitas

 

 

Pesan Appleby kepada kaum muda penyandang disabilitas lainnya adalah tetap "merangkulnya."

"Jangan biarkan kekurangan Anda membuat Anda menyerah pada impian Anda," katanya.

"Anda bisa melakukannya, dan Anda bisa sukses."

Ia juga mengatakan, "Anda tidak harus menyerah pada hidup hanya karena Anda memiliki penyakit."

Appleby menggambarkan bahwa hidup dengan disabilitas telah menjadi tantangan setelah ia salah didiagnosis selama 16 tahun.

Pada usia 2 tahun, Appleby didiagnosis dengan autisme, namun epilepsinya disalahartikan sebagai kecemasan, dan ia sering dituduh menggunakan narkoba di sekolah, katanya.

"Saya mengalami kejang fokal atau tidak ada kejang, jadi saya tampak seperti bengong saja," jelasnya.

"Terkadang saya akan berbicara, dan sepertinya saya berbicara dalam bahasa yang berbeda, tetapi bagi saya, itu terdengar sangat normal."

"Saya terus-menerus diuji narkoba, meskipun saya tidak pernah menggunakan narkoba dalam hidup saya," katanya.

Appleby belajar di rumah hari ini melalui Bridgeway Academy, ibunya, Beth, menjelaskan.

"Bridgeway Academy adalah salah satu dari sedikit program yang masih menggunakan teks dan buku kerja dan jawaban tulisan tangan," kata Beth Appleby, sebagai lawan dari pembelajaran online atau screen time.

>

3 dari 4 halaman

Cerita Appleby Didiagnosis Epilepsi

Alison Appleby mengatakan epilepsinya didiagnosis pada Mei 2021, yang "akhirnya membuat hidupnya masuk akal."

Appleby dimasukkan ke dalam daftar tunggu untuk menerima anjing peringatan kejang setelah diagnosisnya, dan dipersatukan dengan Brady pada akhir Juli 2021.

Brady yang berusia delapan belas bulan akan mengikuti pelatihan sampai ia berusia 2 tahun. Ia belajar bagaimana memperingatkan orang lain ketika Appleby mengalami kejang atau akan menahannya.

Brady juga akan belajar mengambilkan obat dan makanan ringan untuk meningkatkan gula darah dan tekanan darah Appleby.

"Ia hampir tidak pernah meninggalkanku sejak saya mendapatkannya," katanya. "Ia sahabatku, dan kami tak terpisahkan."

 

4 dari 4 halaman

Perannya Selain Memenangkan Konter Miss Dallas

Kontes Miss Dallas Teen adalah sistem rekrutmen resmi untuk Miss Texas USA, yang berarti Appleby akan bersaing memperebutkan gelar Miss Texas Teen pada Mei 2023.

Appleby akan terus terlibat dalam pekerjaan filantropi sebagai sukarelawan lama dan juru bicara Asosiasi Alzheimer, katanya.

Ia juga seorang pemanah untuk Program Junior Olympic Archery Development.

Ia bersaing dengan tim nirlaba bernama Archers4Tobi, yang mengumpulkan uang untuk pasien kanker.

"Saya selalu menginginkan cara untuk memberi kembali dan memberi lebih banyak," katanya.

"Bagian dari daya tarik dengan kontes adalah memiliki platform itu untuk meningkatkan kesadaran."

"Itu sudah menjadi bagian dari gaya hidup saya sejak saya masih kecil, dan itulah yang menjadi dasar kontes," tambahnya.

"Itulah tujuan Anda menggunakan platform Anda, dan secara pribadi, platform saya sekarang akan digunakan untuk mengadvokasi disabilitas."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS