Sukses

Ajak Wanita Tunanetra Mandiri, Sapu Lidi Biasa Jadi Karya Seni

Pengrajin di balik mahakarya tersebut adalah sekelompok wanita tunanetra di Federasi Tuna Netra Kerala, tempat Lakshmi memberikan pelatihan kepada mereka dalam upaya untuk memperbaiki kehidupan dan harapan untuk hari esok.

Liputan6.com, Jakarta Tepat di samping pintu di pintu masuk ke rumah Lakshmi Menon di Kerala, ada pemandangan yang tidak sering dilihat orang, dua sapu lidi berdampingan menghiasi dinding seperti karya seni lainnya.

Dilansir dari The Better India, sapu tersebut sebenarnya memiliki cerita di baliknya dan itu merupakan kisah yang luar biasa, jelas desainernya yang kini berusia 48 tahun itu. Meskipun menarik dan penuh warna, Anda mungkin menyadari bahwa polanya tidak sempurna di beberapa tempat.

Namun, Lakshmi menjawab dengan, "Jika Anda bisa melihat ketidaksempurnaan, Anda adalah salah satu orang yang paling beruntung karena orang yang membuat sapu tidak akan pernah bisa melihatnya sendiri."

Pengrajin di balik mahakarya tersebut adalah sekelompok wanita tunanetra di Federasi Tuna Netra Kerala, tempat Lakshmi memberikan pelatihan kepada mereka dalam upaya untuk memperbaiki kehidupan dan harapan untuk hari esok.

Namun ide mulia itu berawal dari kisah yang menarik, kenang para wirausahawan sosial tersebut.

Berasal dari Kochi Kerala, Lakshmi menghabiskan beberapa hari di sebuah resor pantai Ayurveda pada bulan Juni di Thrissur di sebuah properti yang dia sebut 'surgawi'. Ia menceritakan bagaimana hari-harinya akan berlalu begitu saja, mengagumi pemandangan indah yang memenuhi matanya, garis demi garis pohon kelapa dan palem menghiasi lanskap resor.

Segera setelah staf resor melihat daun-daun tua dan mati di pohon, mereka akan menebangnya dan menyapunya. Jiwa perancang pun bangkit dari dalam dirinya yang tertarik dengan hal tersebut.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sapu Lidi dari Daun Kelapa Kering

“Di desa-desa Kerala, sudah menjadi praktik umum bahwa para wanita di rumah membuat sapu dari daun kelapa kering ini,” kata Lakshmi nostalgia tentang bagaimana ia akan melakukan hal yang sama dengan nenek dan ibunya ketika ia masih muda.

"Biarkan saya mencoba membuatnya dengan tanganku sekali lagi," pikirnya. Ketika Lakshmi mulai menggunakan tulang daun kelapa untuk membuat sapu, ia segera menyadari bahwa ia dapat dengan mudah membuat sekitar lima sapu sehari.

Ia menemukan bahwa sapu ini akan dijual seharga Rs 250 (Rp 47 ribu) dan berpikir itu akan menjadi usaha yang sangat berkelanjutan untuk dimiliki. Untuk menambah sudut yang berkelanjutan, Lakshmi memutuskan untuk menggunakan potongan kain bekas dari penjahit tetangga, bukan plastik yang biasanya digunakan untuk merekatkan sapu.

Begitu teman-teman dan keluarga serta pengikutnya di media sosial melihat foto-foto sapu yang ia pajang, seketika ia kebanjiran pesanan untuk ini.

Jadi bagaimana kegiatan liburan yang menyenangkan ini berubah menjadi usaha untuk membantu wanita tunanetra? Hidup memiliki cara yang aneh untuk menyelesaikan sesuatu, kata Lakshmi.

 

3 dari 5 halaman

Mengajak Teman Tunanetra

Selama berminggu-minggu setelah liburannya, ia mengetahui melalui seorang teman tentang Federasi Tunanetra Kerala dan bagaimana wanita di federasi tersebut tidak mendapatkan banyak pekerjaan saat itu.

“Dapatkah Anda memikirkan kegiatan yang dapat membantu para wanita ini?” tanya temannya lewat telepon.

Lakshmi tidak perlu berpikir dua kali sebelum menegaskan bahwa ia memang mengetahui kegiatan yang tidak memerlukan banyak keterampilan dan bahwa para wanita ini akan senang melakukannya. Bahkan saat ini Lakshmi telah mengambil inovasi lebih jauh.

“Saya pikir permadani akan membuat penutup yang menarik untuk sapu. Tidak ada gunanya menenun melalui semuanya. Dengan hanya menutupi lapisan luar sapu dengan benang tenun warna-warni, penampilannya akan luar biasa.”

Ide ini menurutnya tidak hanya menghemat waktu tetapi juga tidak terlalu sulit bagi para wanita.

Saat mengunjungi para wanita keesokan harinya dan mengajukan ide ini kepada mereka, ia menerima tanggapan yang luar biasa dan terkejut ketika mereka menunjukkan ketangkasan yang luar biasa dalam melakukan pekerjaan itu.

Pada bulan Agustus 2022, lahirlah Choolala, sebuah usaha yang hanya akan fokus pada sapu yang dibuat oleh wanita tunanetra ini.

Memberi nama usaha itu menyenangkan, jelasnya. "Kata 'chool' dalam bahasa Malayalam diterjemahkan menjadi 'sapu', dan menambahkan 'ala' di akhir membuatnya hampir terdengar seperti musikal."

 

4 dari 5 halaman

Sapu yang Tak Ternilai Harganya

Satu hal yang sang perancang yakin adalah bahwa sapu itu sama sekali tidak biasa. “Mereka memiliki kemahiran mewah yang terkait dengan mereka, karena penampilan mereka yang tidak dipoles, dan juga fakta bahwa setiap sapu dibuat oleh seseorang yang meskipun tidak dapat melihat, telah menyatukannya,” tambahnya.

Jadi, Lakshmi memutuskan untuk menjadikan sapu sebagai bagian dari segmen sapu artisanal, tempat di mana mereka akan mendapatkan pujian karena sifat pedesaan mereka.

Berbicara tentang proses pembuatan sapu, ia mengatakan sangat terharu melihat para wanita tunanetra ini membuatnya. “Mereka bersenandung, bernyanyi, mendengarkan musik, dan sangat menikmati prosesnya, hampir terasa ada keajaiban yang terjadi tepat di tempat pembuatan sapu.”

Anitha, salah seorang ibu mengatakan, dibandingkan aktivitas menganyam plastik di kursi kayu yang memakan waktu lama, menenun benang bisa lebih cepat dilakukan. Anitha mengatakan, “Dalam satu hari kami dapat menyelesaikan masing-masing 20 frame dan kegiatan ini adalah sesuatu yang kami lakukan dengan baik dan bahagia.”

Saat ini, ada 15 perempuan tunanetra dari Idukki, Calicut, Trivandrum, Kottayam dan tempat-tempat lain di sekitar Kerala, yang terlibat dalam Choolala. Selama mereka tinggal di Federasi Tunanetra dan memenuhi semua kebutuhan mereka, Lakshmi memberi mereka pelatihan membuat sapu dan mereka diberi Rs 150 (Rp 28 ribu) dari penjualan sapu.

Sapu dibandrol dengan harga Rs 500 (Rp 94 ribu)online, dan Rs 300 (Rp 56 ribu) offline. Setelah ditenun oleh para wanita, ada satu set lima wanita yang menjahit permadani di sekitar sapu dan menyatukan seluruh item. Sampai saat ini, 300 sapu telah terjual.

Lakshmi juga sedang dalam pembicaraan dengan otoritas bandara di Kerala agar sapu tersedia di semua toko suvenir, sambil mengatakan, "Ini adalah kenangan terbaik yang dapat Anda ambil kembali dari negara bagian."

Raju George yang merupakan presiden distrik untuk Federasi Tunanetra Kerala mengatakan ia merasa masa depan cerah ketika sesuatu yang biasa seperti sapu diubah menjadi bagian dekoratif yang akan dipajang di ruang tamu orang-orang.

Ia mengatakan, “Choolala membantu para wanita tunanetra ini terlepas dari disabilitas mereka untuk terlibat dalam kegiatan yang paling cocok untuk mereka. Kami yakin masyarakat memiliki masa depan yang lebih baik.”

 

5 dari 5 halaman

Memperbaiki Kehidupan dari Sejumlah Proyek

Adapun bagi Lakshmi Menon pribadi, proyek ini berkesan karena berbagai alasan.

“Tentu saja, ada tantangan dalam mendirikan usaha ini,” katanya, menambahkan bahwa triknya untuk menemukan jalan melalui ini adalah dengan mengubah masalah menjadi sorotan.

“Saya mungkin kecewa karena sapunya memiliki beberapa ketidaksempurnaan atau tidak sempurna. Tetapi saya menjadikan itu sebagai nilai jual saya dan memberi tahu orang-orang bahwa kekurangan itulah yang membuat sapu istimewa karena dibuat oleh orang-orang yang bahkan tidak dapat melihat kekurangan ini.”

Tidak ada buatan tangan yang bisa sempurna, itulah yang ia yakini, dan sapu juga memiliki semacam sentuhan khusus.

Namun, ia bukan orang baru dalam mengubah kehidupan orang melalui sebuah ide. Ia telah melakukan ini beberapa kali di masa lalu.

Misalnya, pada tahun 2018 ia bekerja dengan desa-desa alat tenun di Kerala di mana pakaian senilai Rs 21 lakh (Rp 393 juta) rusak akibat banjir Kerala. Desa-desa berencana untuk membakarnya, tetapi Lakshmi memutuskan untuk membuat boneka kain yang disebut 'Chekutty' dari sari yang hancur ini.

“Boneka-boneka itu tidak sempurna, tetapi mencerminkan noda dan bekas luka yang juga dimiliki setiap rumah di Kerala. Boneka-boneka itu kemudian menjadi mercusuar harapan dan ketahanan,” katanya seraya menambahkan bahwa dalam tiga bulan mereka menghasilkan Rs 36 lakh (Rp 674 juta) dengan menjual boneka-boneka itu.”

Usaha lain dari Wicksdom miliknya pada tahun 2013 berfokus pada memberi orang tua di panti jompo beberapa benang kapas dari mana mereka bisa membuat sumbu.

Menelusuri kembali mengapa kali ini usahanya difokuskan pada orang-orang tunanetra, Lakshmi mengatakan itu telah membuatnya lebih sadar akan keindahan hidup.

Ia menambahkan bahwa kita sebagai masyarakat dan dunia pada umumnya terkadang gagal memahami betapa beratnya hidup untuk bangun dan tidak bisa melihat.

“Lain kali Anda membuka mata di pagi hari, mungkin luangkan waktu sejenak untuk menghargai melihat kuningnya sinar matahari masuk melalui jendela. Karena bagi seseorang yang tidak bisa melihat, momen ini akan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.