Sukses

Nestle dan Asosiasi Tunanetra di Rumania Buat Pedoman Nutrisi dalam Braille

Liputan6.com, Jakarta Nestlé, perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia, untuk pertama kalinya di Rumania meluncurkan panduan nutrisi VeggiePortia dan NutriPortion dalam Braille, yang dirancang khusus untuk membantu penyandang disabilitas tunanetra menyiapkan hidangan mereka sendiri yang bergizi seimbang dan sehat.

Dilansir dari bussiness review, panduan nutrisi tersebut diadaptasi bersama dengan Asosiasi Tunanetra di Rumania dan seniman plastik Monica Mocanu.

“Kami dengan senang hati menerima inisiatif Nestlé untuk membuat alat nutrisi ini dalam huruf Braille. Tujuan dari proyek yang dilakukan bersama tahun ini adalah untuk mempelajari keterampilan hidup, meningkatkan kepercayaan diri dan otonomi bagi orang-orang dengan kebutuhan khusus”, kata Mihai Dinu, wakil presiden pertama Asosiasi Tunanetra di Rumania, dikutip dari Bussiness review.

Sementara berdasarkan Laporan Disabilitas Global pertama yang diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan Bank Dunia pada tahun 2021, lebih dari satu miliar orang menderita suatu bentuk disabilitas di mana 95 juta di antaranya adalah anak-anak.

Terutama di Rumania, terdapat lebih dari 95.000 orang penyandang tunanetra, dari yang 2.700 adalah anak-anak. Orang-orang ini perlu diintegrasikan, untuk diakui dan diterima dalam masyarakat inklusif yang memberi mereka kesempatan untuk mandiri.

“Misinya adalah membantu meningkatkan kualitas hidup, menawarkan pilihan sehat dan lezat bagi mereka yang ingin memiliki gaya hidup seimbang. Kami selalu prihatin bahwa semua jenis kelamin, agama, budaya, orientasi seksual, atau penyandang disabilitas termasuk dalam masyarakat dan memiliki kehidupan yang sehat, itulah sebabnya kami menjadi anggota ILO Global Business And Disability Network and The Valuable 500," katanya.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

NutriPlate dan VeggiePlate

Kami ingin menyesuaikan pedoman nutrisi kami yang sudah dibuat untuk memenuhi kebutuhan penyandang tunanetra. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk membuat hidup mereka lebih mudah, dan itulah sebabnya kami telah mengembangkan NutriPlate dan VeggiePlate dalam Braille juga, untuk membantu mereka mandiri dalam membuat makanan sehari-hari dan memberi mereka pedoman resep sehat,” kata Nicoleta Tupiță, ahli gizi, Nutrition Health and Wellness Manager, Nestle România.

Selain dua piring untuk makanan seimbang, 20 resep untuk makan siang dan makan malam dalam format audio juga dibuat, yang secara khusus disesuaikan dengan satuan ukuran bahan untuk penyandang disabilitas visual. Kumpulan resep sehat ini telah dirancang sesuai dengan prinsip VeggiePlate dan NutriPlate dan mencakup resep vegetarian dan resep vegan yang mendukung pola makan berkelanjutan, tetapi juga resep yang cocok untuk anak-anak.

 

3 dari 4 halaman

Disertai tips praktis

A Guide to Good Life dalam Braille juga dibuat sebagai bagian dari inisiatif dengan tips praktis untuk menjadi mandiri di dapur.

Panduan yang dirancang untuk HORECA ini melengkapi perangkat inisiatif dan bertujuan untuk menginformasikan mitra di sektor ini tentang interaksi yang tepat dengan penyandang disabilitas visual untuk aksesibilitas restoran dan kafe. Kebutuhan untuk makan di kota lebih sering diidentifikasi dalam lokakarya yang diadakan oleh Nestlé dan Romanian Association for People with Visual Disabilities.

 

4 dari 4 halaman

Mudah diakses

Semua alat ini dapat diakses dan diunduh di situs web https://www.nestle.ro/veggie-nutri-braille. Melalui Romanian Association for People with Visual Disabilities, alat untuk diet sehat ini akan didistribusikan kepada penyandang disabilitas visual dari database asosiasi.

“Bagi saya, ini adalah hak istimewa yang nyata bahwa hasrat saya telah menyatukan saya dengan inisiatif ini, di mana saya akan memiliki kesempatan untuk menghidupkan alat nutrisi yang berguna yang akan membuat perbedaan dalam aktivitas sehari-hari para penyandang disabilitas penglihatan”, kata Mona Mocanu, seniman plastik.

NutriPortion dan VeggiePortion dapat diunduh dari nestle.rositus web, dan merupakan panduan untuk kuantitas, inspirasi, dan keragaman. Piring menunjukkan proporsi optimal dan kombinasi yang tepat antara berbagai kelompok makanan nabati, sehingga semua makanan untuk orang dewasa dan anak-anak seimbang dan memberikan nutrisi yang diperlukan.

Piring dibagi menjadi tiga segmen: 50% sayuran, 25% protein hewani atau nabati, kacang-kacangan dan biji-bijian, 25% produk gandum utuh dan kentang. Menurut sebuah studi Nestlé dari Desember 2021, 50% orang Rumania di daerah perkotaan mengkonsumsi setidaknya 1-2 makanan berdasarkan makanan nabati per minggu, dan 16% setidaknya 3.

Serta, 41% orang Rumania mengatakan mereka ingin meningkatkan konsumsi tanaman, makanan berbasis di masa depan. Petunjuk ini menjadikan pilihan VeggiePlate sebagai panduan yang berguna bagi semua orang yang meningkatkan konsumsi makanan nabati.