Sukses

Thisable Forum, Platform Inklusi untuk Penyandang Disabilitas Berbagi Informasi

Liputan6.com, Jakarta Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia mengumumkan bahwa Thisable telah meluncurkan Thisable Forum.

Thisable sendiri merupakan wadah yang dibangun Angkie untuk memberdayakan para penyandang disabilitas agar dapat mandiri secara ekonomi melalui berbagai program yang sesuai dengan kebutuhan disabilitas dan pasar tenaga kerja.

Sedangkan, Thisable Forum adalah platform inklusi untuk disabilitas dan non disabilitas. Platform ini diluncurkan pada Selasa 14 Juni kemarin sekaligus memperingati hari jadi Thisable yang ke-10.

Informasi yang bisa didapat dari platfrom ini adalah informasi terkait pendidikan, pekerjaan, kesehatan, relasi baru, dan masih banyak lagi.

“Pada prinsipnya, kami mendampingi penyandang disabilitas untuk dapat beradaptasi dengan era digitalisasi. Melalui forum ini, teman disabilitas dapat berbagi pengalaman, sharing diskusi, dan juga menambah teman baru,” kata Angkie dalam keterangan foto di akun Instagram-nya dikutip Rabu (15/6/2022).

“Siapa tau menjadi ajang mendapatkan jodoh, ya gak? Nah selain bisa membuat komunitas sendiri di platform ini, jikalau ada yang berhasil berjodoh, bolehlah undangannya dikirim,” tambahnya.

Cara untuk menjadi bagian dari Thisable Forum telah dijelaskan dalam unggahan di Instagram resmi @thisableforum.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan yakni:

1. Kunjungi web www.thisableforum.com.

2. Buat akun dan masukan data diri.

3. Jika sudah terdaftar, langsung gunakan fitur-fitur yang tersedia di platform inklusi ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fitur Thisable Forum

Adapun fitur dalam Thisable Forum meliputi:

-Forum : fitur ini merupakan wadah ForAble (pengguna Thisable Forum) untuk bisa berdiskusi dan berinteraksi dengan sesama anggota Thisable Forum dan topik yang dibahas tentunya sesuai dengan jenis forum yang sudah terbentuk.

-Member: bagi yang sudah mendaftar di Thisable Forum, berarti sudah menjadi bagian dari platform dan fitur ini akan mempertemukan ForAble dengan yang lainnya untuk saling berinteraksi dalam Thisisable Forum.

-Halaman: adalah sebuah fitur untuk mengolah konten secara terarah. Mulai dari edukasi, konten menarik, dan informatif untuk komunikasi dua arah yang lebih baik.

-Groups: seluruh ForAble dapat membuat kelompok atau group yang sesuai dengan ketertarikan dan topik yang ingin didiskusikan dan ForAble juga bisa mengajak yang lainnya untuk ikut bergabung.

-Acara: para member dapat melihat daftar acara yang tersedia. Bukan hanya melihat namun para member ini nantinya mampu melakukan pendaftaran untuk mengikuti event yang telah disediakan.

3 dari 4 halaman

Fitur Berikutnya

Fitur berikutnya yakni:

-Blog: dengan fitur ini, seluruh ForAble akan mendapatkan akses untuk melihat dan memberikan komentar dari artikel-artikel yang sudah dibuat oleh ForAble lainnya atau tim admin. Member juga dapat memberikan komentar pada artikel-artikel tersebut.

“Platform ini berbasis memudahkan interaksi komunikasi, informasi serta ruang diskusi antara sesama anggota dan komunitas serta lembaga untuk membahas isu-isu terdekat.”

Platform seperti ini sebelumnya sudah ada di luar negeri salah satunya di Inggris dengan nama Spokz People.

Dengan platform ini, para penyandang disabilitas bisa bertemu secara virtual dan berdiskusi tentang berbagai hal termasuk pengalaman sebagai penyandang disabilitas.

Sesi diskusi yang berlangsung di antara orang dengan disabilitas yang sama juga dapat memberi masukkan serta manfaat pada kesehatan mental.

Seperti dirasakan oleh Kimberley Pett, penyandang disabilitas ganda asal Inggris yang mulai mencari dukungan kelompok sebaya dari platform Spokz People.

“Saya memiliki beberapa disabilitas. Yang utama adalah Ehlers Danlos Syndrome (EDS), ini terutama memengaruhi persendian saya,” ujar Pett mengutip Disability Horizons Senin (13/6/2022).

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengikuti Forum

Hidup sebagai penyandang disabilitas membuat Pett banyak mencari hal-hal berguna untuk kelangsungan hidupnya. Salah satunya dukungan mental dari teman sebaya dengan kesamaan kondisi.

Baginya, hal yang paling berguna baginya dalam dukungan teman sebaya adalah sesi grup Zoom. Aspek komunitas membuatnya dapat berdiskusi dan berinteraksi dengan orang-orang yang mengalami masalah serupa dan berbagi saran serta ide.

Dukungan dari teman sebaya juga membuatnya merasa tidak sendirian dalam apa yang ia alami.

“Saya pribadi selalu mendapati bahwa terapi empat mata selalu menantang. Saya merasa sangat sulit untuk berbicara tentang bagaimana saya menemukan sesuatu.”

Sedangkan, diskusi kelompok dengan teman sebaya memungkinkannya untuk memikirkan dan mengeksplorasi situasi diri dengan mendengarkan pengalaman orang lain, tanpa harus menemukan kata-kata untuk perasaannya sendiri.

Pemimpin grup diskusi adalah pendiri Spokz People, Mel, menurut Pett ia adalah orang yang sangat positif, jadi meskipun grup sering membicarakan hal-hal berat, tapi suasananya selalu positif dan menyenangkan.

“Dan setelah diskusi usai rasanya saya baru usai bersenang-senang ini adalah sesuatu yang saya belum pernah temukan di terapi sebelumnya dan saya menantikannya setiap minggu.”

Dengan diskusi virtual, ia pun tak perlu meninggalkan rumah dan menemui banyak orang asing di jalan.

“Diskusi ini juga bagus untuk bersosialisasi dan mengobrol dengan orang-orang setiap minggu di luar pengaturan medis,” katanya.