Sukses

Drakor Our Blues Raih Pujian Berkat Promosi Kesadaran Down Syndrome

Liputan6.com, Jakarta Episode ke-14 dari drama Korea (Drakor) "Our Blues" membuat banyak penonton menangis. Karena pada episode kali ini, kisah keluarga Lee Young-ok (dimainkan oleh Han Ji-min) terungkap.

Selain mengungkap fakta yang penuh bawang, salah satu drama tvN yang disutradarai oleh Kim Kyu-tae, Kim Yang-hee, Lee Jung-mook, naskah oleh Noh Hee-kyung ini juga mendapat banyak pujian netizen karena menaikkan kesadaran tentang Down Syndrome.

Dilansir dari Kbizoom, pada episode terbaru memperlihatkan kalau Young-ok memiliki saudara kembar, Young-hee, yang memiliki Down Syndrome. Young hee yang diperankan oleh Jung Eun Hye yang memang memiliki Down Syndrom di kehidupan nyata menjadi topik hangat. Berkat kemunculannya di drama Our Blues, orang-orang kembali mengangkat isu Down Syndrom dan ia sendiri menerima banyak pujian dari aktingnya.

Beberapa komentar pujian yang terekam di Naver diantaranya:

1. [+186, -1] Itu menyentuh hatiku. Saya berharap ini adalah kesempatan bagi masyarakat kita untuk tumbuh dalam pemahaman kita tentang perbedaan yang membentuk siapa kita. Aku mencintaimu, penulis-nim.

2. [+166, -1] Kalimat Jung Joon meninggalkan kesan mendalam pada saya ketika mereka berkata, “Kita tidak pernah diajarkan dalam hidup apa yang harus dilakukan ketika kita bertemu dengan penyandang disabilitas.” Semoga semua aktor, produser, staf, penulis, dan Eun Hye-ssi diberi kekuatan.

3. [+28, -0] Terharu, sangat tersentuh… drama ini wajib ditonton semua orang

4. [+20, -2] Aku mendukungmu~!!!!

5. [+12, -0] Yang terbaik~~

6. [+8, -0] Kalimat yang berbicara tentang bagaimana kami tidak pernah diajari bagaimana menghadapi seseorang dengan disabilitas benar-benar meninggalkan kesan bagiku~ Menantikan karya-karya hebat lainnya dari penulis ini~

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Komentar netizen

7. [+6, -0] Kita semua sangat bodoh tentang difabel. Kita bahkan mungkin takut pada mereka. Saya pikir ada tingkat pemahaman yang rendah tentang orang-orang yang mengalami keterlambatan perkembangan. Saya berharap lebih banyak media yang meliput konten jenis ini karena ini akan membantu kita semua dalam memahaminya dengan lebih baik.

8. [+5, -0] Mungkin lambat tapi saya melihat perubahan terjadi di masyarakat kita. Memang benar, kami tidak pernah diajari bagaimana menghadapi orang yang memiliki disabilitas. Kami tidak pernah memikirkannya sehingga kami memilih untuk mengabaikannya, dan penulis mengingatkan kami akan hal itu! Terima kasih.

9. [+3, -0] 'Our Blues'… Aku menikmatinya dengan bahagia, sambil menangis, sambil tertawa..

10. [+3, -0] Ini membuatku menangis… tidak yakin kenapa. Saya bisa merasakan tekanan Youngok melalui layar.. dan ceritanya mungkin lebih menyentuh karena orang dengan down syndrome juga memainkan peran itu.

11. [+2, -0] Penulisnya luar biasa… Jung Eun Hye-nim, berjuang~

12. [+1, -0] Saya harap para penulis terus menghasilkan lebih banyak drama. Alur cerita penyembuhan seperti itu, yang tidak hanya membuat saya merenungkan diri saya sendiri tetapi juga melihat orang-orang di sekitar saya.

 

 

3 dari 3 halaman

Kisahnya pernah dibuat dokumenter

Mengutip dari NewsDirectory3, Jung Eun-hye adalah seniman di Jamsil Creative Studio di Yayasan Seni dan Budaya Seoul. Ia mulai melukis potret pada tahun 2016 di Munho River Market, Gyeonggi-do, dan menjadi terkenal sebagai seniman 'Your Face' dengan menggambar 4.000 wajah.

Ia juga berbagi kehidupan sehari-harinya sebagai seorang artis melalui saluran YouTube 'Your Face, Mrs. Eunhye'.

Ibunya, Jang Cha-Real, yang juga penulis kartun 'Your House', yang menggambarkan kehidupan sehari-hari membesarkan seorang putri dengan Down Syndrome, mengatakan dalam sebuah wawancara di masa lalu, “Setelah lulus dari sekolah, orang dewasa dengan disabilitas perkembangan tidak punya tempat untuk pergi, termasuk orang dengan gangguan obsesif kompulsif, dan skizofrenia juga. Episode Young-hee, yang menunjukkan gejala skizofrenia dalam drama, sebenarnya adalah kisah Jung Eun-hye.

Penulis Jang berkata, “Saya mendirikan studio di depan sekolah dan menyuruh Eun-hye melakukan pekerjaan pembersihan, tetapi setelah melihat anak-anak lain menggambar, ia ikut menggambar. Saat saya mulai melukis dengan sungguh-sungguh, gejala tics dan skizofrenia menghilang, dan saya bisa hidup sebagai makhluk sosial."

Kisah Jung Eun-hye juga dibuat menjadi film dokumenter. 'Your Face (Sutradara Seo Dong-il)', yang memenangkan Excellence Award di Festival Film Lingkungan Seoul tahun lalu, dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 23 bulan Juni.