Sukses

Remaja Autisme yang Hilang Selama Lebih dari 2 Tahun Ditemukan

Liputan6.com, Jakarta Setelah merasa putus asa selama lebih dari dua tahun, keluarga dari remaja bernama Connerjack Oswalt yang mengidap autisme yang hilang di California merasa gembira setelah kembali bertemu dengan si anak minggu lalu di Park City, Utah.

Dilansir dari Disabilityscoop, Oswalt yang saat tahun 2019 di usianya yang masih 16 tahun dilaporkan hilang oleh keluarganya di Clearlake, California. Menurut National Missing and Unidentified Persons System, Oswalt yang didiagnosis dengan autisme pada tahun 2014, memiliki riwayat melarikan diri. Ia tercatat pernah hilang pada Mei 2019 sebelum ia kembali menghilang pada September di tahun yang sama.

Tepatnya, Oswalt meninggalkan rumahnya di Clearlake dengan hanya membawa kucingnya pada Mei 2019, setelah ibunya sekadar mengambil ponselnya.

Kemudian pada 28 September 2019, keluarganya melaporkan Oswalt hilang lagi.

Selama beberapa minggu terakhir, laporan yang masuk ke Summit County Sheriff's Office tentang ada saksi yang melihatnya mendorong kereta belanja di Summit Park di Park City. Laporan terakhir melihatnya tidur di luar Jeremy's Store, toko serba ada di dekat pompa bensin dekat I-80.

Rekaman kamera yang dibagikan oleh CBS News menunjukkan petugas mendekati Oswalt di depan toko dan menawarinya tempat duduk di mobil polisi untuk menghangatkan diri.

 

2 dari 2 halaman

Sempat menolak memberi tahu ideintitas

Menurut petugas saksi, Oswalt menolak memberi tahu identitasnya, tetapi ia mengizinkan mereka untuk memindai sidik jarinya. Itu mengungkapkan bahwa ia dinyatakan hilang dari Nevada dengan nama yang salah eja "Conner Jack Oswald." Setelah meniti banyak kecurigaan, dengan banyak cerita orang hilang yang mungkin cocok dengan profilnya di database National Center for Missing and Exploited Children, akhirnya dinyatakan cocok.

Keluarga Oswalt telah pindah dari California ke Idaho sejak ia menghilang. “Kami mencari di seluruh California, kami mencarinya di pusat-pusat kehilangan Amerika, kami mencarinya di Polly Klaas Foundation dan DOJ,” kata ibu Oswalt kepada CBS News. “Kami memiliki banyak harapan palsu selama dua setengah tahun terakhir,” tambah ayah tiri Oswalt, Gerald Flint.

Maka ketika mendengar kabar baik tersebut, Flint segera melesat dari Idaho Falls ke Park City untuk bertemu Oswalt, tempat ia mengkonfirmasi identitasnya dan menelepon ibu Oswalt untuk mengonfirmasi.

"Semua yang ada di ruangan itu menangis. Mereka telah dipersatukan kembali dengan individu yang belum pernah mereka lihat selama tiga tahun ketika ia berusia 16 tahun. Ia sekarang berusia 19 tahun," kata Sheriff Justin Martinez, dikutip dari disabilityscoop.

Dalam cuplikan saat ibu Oswalt mengetahui putranya ditemukan, bisa terdengar ia mengatakan “My sweetheart’s alive (Sayangku masih hidup)” sambil menangis.

Profil Oswalt sekarang telah dihapus dari berbagai database orang hilang.