Sukses

Hidangan Natal yang Aman dan Baik untuk Anak dengan Spektrum Autisme

Liputan6.com, Jakarta Guru dan terapis anak berkebutuhan khusus (ABK) asal Tangerang Selatan, Liana Chandra menyebutkan beberapa jenis hidangan Natal yang aman dan baik untuk anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) atau spektrum autisme.

Jenis-jenis hidangan tersebut yakni:

-Apel

-Keju kambing

-buah pir

-Tuna

-Telur (lebih baik direbus)

-Kacang-kacangan (almond, kacang polong)

-Bayam

-Jus jeruk (tanpa gula)

-Kiwi

-Ikan salmon

-Sereal gandum utuh

-Ikan berdaging putih (gabus)

-Buah anggur

-Ayam

Simak Video Berikut Ini

2 dari 4 halaman

Tanpa Gula

Ibu dari anak ADHD ini juga menyarankan agar segala hidangan yang diberikan kepada anak dengan spektrum autisme tidak diberi gula.

“Jus jeruk itu bagus untuk anak tapi jeruk asli yang diperas dan tanpa menambahkan gula,” kata Liana kepada kanal Disabilitas Liputan6.com ditulis Minggu (26/12/2021).

Sayur bayam juga dapat diberikan kepada anak dengan spektrum autisme. Jika anak enggan memakannya, maka dapat disiasati dengan mencampurkan bayam dalam jus jeruk atau jus pir agar bayamnya tidak terlihat.

“Buah pir juga sangat bagus karena mengandung kompleks karbohidrat yang dapat membuat anak lebih tenang dan mudah tidur.”

3 dari 4 halaman

Jenis Susu

Dari jenis susu, yang boleh dikonsumsi oleh anak ADHD adalah susu beras dan susu almond.

“Susu beras biasanya ada di supermarket di bagian produk impor. Susu almond sekarang sudah banyak dibuat oleh beberapa orang atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di indonesia.”

Makanan yang kaya akan protein juga baik diberikan pada anak ADHD seperti telur, gandum, keju kambing.

Terkait telur, Liana menambahkan, jika anak ADHD memiliki alergi pada telur maka harus dihindari konsumsinya.

“Segala hidangan yang ada telurnya juga enggak boleh bagi anak ADHD yang memiliki alergi telur. Ini biasanya untuk anak yang sudah terbukti secara klinis melalui pemeriksaan di laboratorium khusus alergi, diperiksa secara komplit memang ada alerginya pada telur,” tutup Liana.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta