Sukses

Daftar Pekerjaan yang Cocok untuk Penyandang Disabilitas, Menurut Konselor Karir

Emma West membuat daftar pekerjaan yang cocok untuk penyandang disabilitas berdasarkan pengalamannya dipekerjakan, bekerja sebagai pekerja lepas, dan menjadi wiraswasta menjalankan bisnisnya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Konselor dan pemilik Emma West Counseling, Emma West membuat daftar pekerjaan yang cocok untuk penyandang disabilitas berdasarkan pengalamannya dipekerjakan, bekerja sebagai pekerja lepas, dan menjadi wiraswasta menjalankan bisnisnya sendiri.

Apa saja? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari disabilityhorizons:

1. Pekerjaan di televisi

Sebelum Emma bekerja di stasiun TV, ia bekerja untuk badan amal. Selama 10 tahun sejak ia diterima bekerja di stasiun TV, ia membuat program disabilitas, anak-anak dan hiburan. "Saya suka meneliti, menulis naskah, dan mengarahkan, walaupun jam kerjanya bisa sangat penuh. 

2. Penulis lepas

Menurut Emma, menjadi penulis lepas adalah pekerjaan yang cukup mudah diakses karena Anda dapat bekerja pada jam berapa pun yang Anda inginkan (meskipun Anda dapat bekerja dengan tenggat waktu yang ketat) dan Anda bisa bekerja dari rumah. Tetapi sisi negatif pekerjaan menulis berbayar, bisa menjadi sporadis, sehingga tidak bagus jika Anda menginginkan penghasilan tetap.

Emma melakukan banyak penelitian dan menandai pekerjaan-pekerjaan yang tidak ingin ia lakukan atau tidak dapat ia lakukan. Misalnya ia tidak mungkin mendaftar menjadi tentara dengan disabilitas mobilitas. Hingga akhirnya ia menyadari bahwa 'plan A'-nya adalah yang terbaik, yaitu kembali meneruskan pendidikan konselingnya dengan mengambil gelar psikologi.

"Gelar saya memungkinkan saya untuk terjun langsung ke Diploma Tingkat 4 dua tahun paruh waktu dalam Konseling Terapeutik," katanya. Setelah lulus, ia berhasil mendapatkan pekerjaan berbayar sebagai konselor spesialis di NHS Gender Identity Clinic.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Wirausaha

Menyadari kondisi mobilitasnya yang terbatas karena disabilitasnya, Emma memutuskan untuk mendapatkan beberapa pelatihan spesialis dalam terapi online dan menjadi wiraswasta. "Ini akan memungkinkan saya untuk menciptakan pekerjaan yang paling mudah diakses. Saya akan bertanggung jawab atas kapan saya bekerja, berapa jam saya bekerja, dan saya dapat bekerja dari rumah," ujarnya.

Selain menciptakan pekerjaan yang dapat diakses untuk dirinya sendiri, ia masih terus melakukan konseling online untuk mempermudah klien disabilitas mengaksesnya, juga karena lebih nyaman melakukannya (konseling) dari rumah masing-masing, katanya. Tidak menghabiskan waktu di jalan, tidak ada ongkos perjalanan, atau ongkos parkir. Anda juga dapat memilih cara berkomunikasi, misalnya video, teks, email, dan Anda juga tidak perlu memulai kembali jika sewaktu-waktu Anda pindah, kata Emma menjelaskan manfaat konseling onlinenya yang ia beri nama Emma West Counselling.

Ia mengaku COVID-19 sebenarnya membantu praktik konseling onlinenya.

Adapun tips mencari kerja yang ramah disabilitas darinya adalah sebagai berikuut.

1. Lakukan riset. Apakah ada pekerjaan yang selalu ingin Anda lakukan saat masih kecil? Nilai-nilai apa yang Anda miliki dan pekerjaan apa yang cocok dengan nilai-nilai itu?

2. Pertimbangkan untuk menjadi wiraswasta dan bekerja dari jarak jauh (dunia kerja jarak jauh cukup baik prospeknya saat ini) Ini tidak seseram yang mungkin Anda pikirkan dan ini memberi Anda banyak kendali atas apa yang Anda lakukan. Tetapi Anda memang perlu menjadi motivator diri dan penting untuk memiliki jaringan dukungan yang baik, misalnya, mentor, supervisor, dan / atau dukungan sosial, terutama jika Anda adalah pekerja mandiri.

3.Jika Anda perlu mendapatkan kualifikasi untuk melakukan pekerjaan yang ingin Anda lakukan, cari tahu apakah Anda bisa mendapatkan Tunjangan untuk Siswa Difabel, ini dapat membantu dengan biaya peralatan spesialis, pembantu non-medis dan biaya perjalanan tambahan.

4. Situs Access to Work dapat membantu menutupi biaya peralatan spesialis, mendukung layanan pekerja dan pergi ke/dari tempat kerja.

5. Anda mungkin perlu melakukan lebih dari satu pekerjaan saat Anda memenuhi syarat atau membangun bisnis. Itu berarti jika satu sumber pendapatan berakhir Anda masih memiliki pekerjaan yang lain.

3 dari 3 halaman

Infografis 10 Tips Sehat dan Sembuh dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.