Sukses

Melihat Si Kecil dengan Cerebral Palsy Tumbuh Membuat Della Terinspirasi Menulis Buku

Liputan6.com, Jakarta Della Barrett, 64 tahun, merupakan seorang ibu yang selalu mendampingi putranya, Joshua yang memiliki cerebral palsy, tumbuh. Ia lalu menuliskan pengalamannya tersebut ke dalam sebuah buku untuk merayakan dan menerima anak-anak penyandang disabilitas.

Menurut Cerebral Palsy Association of B.C., karakteristik cerebral palsy termasuk kurangnya koordinasi otot, gangguan bicara, dan kesulitan dengan gerakan motorik halus.

Della terinspirasi untuk menulis Gus Gets Going setelah mencari buku bergambar anak-anak yang mencerminkan pengalaman putranya, Joshua.

Menurut Della, kebanyakan buku harusnya dimaksudkan untuk membantu integrasi dan penerimaan anak-anak penyandang cacat, tapi malah kebanyakan buku bernada kesedihan. Maka dari itu Della membuat sebuah buku yang tidak memiliki nada kesedihan.

Buku Gus Gets Going yang terdiri dari 32 halaman menceritakan kisah Joshua bersekolah di taman kanak-kanak hingga Kelas 12 di Kitscoty, sebuah desa di Alberta timur, Kanada. Dia tidak menyelesaikan kurikulum yang sama dengan teman-teman sekelasnya, tetapi belajar dengan kecepatannya sendiri dengan bantuan asisten guru. Ia mampu mengekspresikan emosi, tetapi hanya menguasai beberapa kata.

 

2 dari 3 halaman

Perawatan Joshua

Della mengingat perawatan apa saja yang diterima Joshua dari teman sekelas dan gurunya di sekolah dasar.

"Teman sekelas harus selalu membantunya mendorong dan membuatnya terus terlibat (setiap sesi pelajaran). Ia juga memiliki pengalaman yang sangat bagus saat di taman kanak-kanak," katanya.

Barrett merefleksikan pengalaman putranya pada Gus, tokoh utama bukunya.

Konon Gus dulunya terjebak di kereta dorong bayi, tapi dia ingin berpindah-pindah tanpa bantuan dari keluarganya.

"Saya berharap saya bisa pergi, pergi, pergi," kata tokoh fiksi itu.

Barrett memutuskan untuk membuat Gus Gets Going karena ketidakpuasannya dengan buku bergambar yang terkesan kasihan, daripada merayakan anak-anak dengan disabilitas.

Dia mengatakan Joshua senang dengan penerbitan buku yang terinspirasi olehnya. Ia berharap hal itu dapat menjadi pendorong bagi keluarga penyandang disabilitas lainnya yang menggunakan kursi roda.

Okanagan Regional Library mengatakan sedang mempertimbangkan untuk membeli dan mengedarkan salinan Gus Gets Going.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: