Sukses

Temukan Cinta Lewat Aplikasi Kencan, Kiat Menulis Profil Daring untuk Difabel (II)

Menulis profil dalam situs pencarian jodoh dalam jaringan ada caranya tersendiri. Selain nama pengguna, kualitas diri, dan unsur kejelasan ada tiga poin lain yang perlu diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Menulis profil dalam situs pencarian jodoh dalam jaringan untuk difabel ada caranya tersendiri. Selain nama pengguna, kualitas diri, dan unsur kejelasan ada tiga poin lain yang perlu diperhatikan.

Dilansir dari laman disabilityhorizons.com, menulis tentang disabilitas yang disandang, meraih perhatian orang, dan memilih foto profil dengan hati-hati menjadi bahasan selanjutnya.

Tulis tentang disabilitas yang disandang

Menurut Disability Horizons, situs kencan difabel sering memiliki menu drop-down atau kekurangan dan kelebihan. Menu ini memungkinkan pengguna untuk menuliskan disabilitas yang disandang.

Untuk pengguna difabel disarankan menuliskan disabilitasnya di profil. Sebaiknya dituliskan secara spesifik tentang fisik dan mobilitas.

Menjadi penyandang disabilitas hanyalah istilah umum, tetapi ada keterbatasan dan tantangan yang berbeda yang mungkin dihadapi. Ada perbedaan besar antara orang yang diamputasi, pengguna kursi roda, dengan spektrum autistik.

“Calon pasangan Anda perlu mengetahui dan memahami kebutuhan Anda, jadi tidak ada gunanya menyembunyikan hal-hal yang mendasar terkait cara Anda hidup.”

Simak Video Menarik Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Foto Asli

Raih perhatian orang

Tulis judul yang menarik perhatian seperti 'Tidak sempurna, tetapi anjing saya berpikir saya hebat' atau 'Dalam pikiran saya, saya bernyanyi seperti Elvis'.

Hindari klise seperti 'Mencari belahan jiwa' atau 'Bisakah kamu membuatku cinta lagi', yang bisa terdengar putus asa dan sedih. Tulis deskripsi diri dengan ringkas dan tak lebih dari 250 kata.

Hitung setiap kata. Jangan mengoceh tentang hal-hal yang dapat digunakan untuk percakapan pada saat pertemuan. Tetaplah pada hal-hal yang hakiki. Baca kembali deskripsi dan tempatkan diri sebagai orang lain yang membacanya.

Pilih Foto profil dengan hati-hati

Penelitian menunjukkan bahwa profil dengan gambar mendapat lebih banyak respons dibanding tanpa gambar. Gambar profil yang baik mendapatkan hasil yang lebih baik dibanding foto yang biasa saja.

Gunakan gambar yang menunjukkan hobi. Misal hobi membaca, maka foto profilnya sedang membaca buku dan lain-lain. Jangan hanya terpaku pada foto selfie, tambahkan foto bersama rekan dan keluarga. Hal ini menunjukan hubungan sosial yang baik.

Jika memiliki hewan peliharaan, sertakan juga foto bersama hewan itu. Dengan demikian, foto terlihat lebih unik dan berbeda dengan orang lain.

Yang terpenting, gunakan foto yang terbaru dan asli. Foto profil yang berbeda dengan kenyataan dapat mengecewakan pihak calon.  Kedua belah pihak juga akan dirugikan karena hanya membuang waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.