Sukses

Devin MacLean, Gunakan Kaki Sebagai Pengganti Tangan

Liputan6.com, Jakarta Tak ada sedikit pun raut sedih dari wajah Devin MacLean. Remaja berusia 15 tahun ini adalah penyandang disabilitas karena lemahnya otot.

Keadaan ini terbilang langka, kedua tangannya sama sekali tak dapat digunakan. Kelainan langka yang disebut Arthrogyposis Multiplex Congenita atau AMC ini membuat otot bahunya tidak berfungsi.

Hal tersebut memaksa remaja asal Montana ini untuk menggunakan kakinya dalam setiap aktivitas. Mulai dari makan, menyikat gigi, menyisir rambut, hingga mengenakan pakaian.

"Pertanyaan yang paling banyak diberikan adalah kenapa aku menggunakan kaki ketimbang tangan. Alasanya karena aku benar-benar tidak bisa menggunakan tanganku,” katanya pada Barcroft TV Born Different.

2 dari 2 halaman

Pantang Menyerah

Semangat Devin seakan tak pernah pudar. Dengan kakinya ia mampu memasak, melukis, bahkan ikut serta dalam kelas gulat. Di sekolah, dirinya terkenal sebagai siswa berprestasi.

Pribadinya yang percaya diri dan pandai bergaul membuatnya memiliki banyak teman.

Sang ibu, Michelle merasa bangga dan tak menyangka anaknya dapat menghadapi disabilitasnya dengan sangat baik.

"Sejujurnya, menurut saya cara Devin mengatasi disabilitasnya sangat luarbiasa. Dia adalah pejuang keras di berbagai aspek. Ketika dia kesulitan, dia mencoba lagi, melakukannya dua kali. Bahkan kadang ia mencoba hingga 15 kali. Namun, pada akhirnya ia selalu dapat mengatasi semua kesulitannya,” kata Michelle.

Dengan semangat besar, remaja yang bermimpi menjadi pegulat ini tak pernah menyerah dengan keadaan. Secara rutin ia berlatih untuk menguatkan otot kakinya dan sempat berhasil meraih medali.

"Aku ingin memberitahukan ini pada semua orang dengan disabilitas, jangan pernah menyerah dan berjuanglah untuk sesuatu yang kau percayai, dan jika kau berusaha pasti kau akan mendapatkanya,” pungkas Devin.

Loading
Artikel Selanjutnya
Aktor X-Men Beri Dukungan untuk Korban Bullying dengan Dwarfisme
Artikel Selanjutnya
Rancang Buku Audio, Difabel ini Berhasil Gapai Mimpi Lewat Tulisan