Sukses

Pemerintah Paraguay Bakal Berantas Penambangan Kripto Ilegal

Pemerintah Paraguay sedang bersiap untuk melawan operasi penambangan cryptocurrency ilegal. Hal ini dibahas berbagai pihak dalam pertemuan yang diadakan minggu lalu.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Paraguay sedang bersiap untuk melawan operasi penambangan cryptocurrency ilegal. Hal ini dibahas berbagai pihak dalam pertemuan yang diadakan minggu lalu.

Dilansir dari Bitcoin.com, Kamis (28/3/2024), Badan Ketenagalistrikan Nasional, Mahkamah Agung, dan Departemen Kehakiman Paraguay, sepakat untuk mempercepat beberapa tindakan untuk memberantas operasi penambangan kripto ilegal.

Ketiga lembaga tersebut menjalin kemitraan antar lembaga yang memungkinkan Departemen Kehakiman menangani kasus-kasus ini dengan mudah, dengan menggabungkan beberapa aspek yang merinci penganiayaan dan hukuman terhadap pelaku pencurian energi listrik.

Paraguay menjadi pilihan para penambang karena tarif listriknya yang relatif rendah. Hal tersebut telah merugikan negara tersebut sejak 2022. 

Pemerintah Paraguay memberikan peringatan tentang beberapa operasi penambangan mata uang kripto ilegal yang menyedot energi dari jaringan listrik tanpa membayar. Pada saat itu, kerugian diperkirakan sebesar USD 400 ribu atau setara Rp 6,3 miliar (asumsi kurs Rp 15.830 per dolar AS) per bulan.

Hal ini membuat Paraguay menyetujui kenaikan tarif listrik hingga 50% yang dipungut dari para penambang, yang mengeluhkan kelangsungan kegiatan tersebut setelah keputusan ini.

Selain itu, sistem peradilan Paraguay melaporkan mereka menerima 60 pengaduan pencurian energi terkait dengan penambangan mata uang kripto sejak 2019. Ada sekitar 43 intervensi telah diselesaikan dalam kasus-kasus ini, yang mempengaruhi kualitas layanan energi listrik, dan menyebabkan kerusakan properti yang serius. 

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Kripto Hari Ini 28 Maret 2024: Bitcoin Lesu, Dogecoin Pimpin Penguatan

Sebelumnya, Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada Kamis (28/3/2024). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali melemah. Bitcoin turun 1,39 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat 2,18 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 69.191 atau setara Rp 1,09 miliar (asumsi kurs Rp 15.882 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) turut melemah. ETH ambles 2,19 persen sehari terakhir, tetapi masih menguat 0,61 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 55,8 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juga kembali melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB ambles 1,17 persen tetapi masih menguat 3,24 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 9,09 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) kembali berada di zona merah. ADA melemah 1,60 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 2,44 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 10.393 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali lesu. SOL ambles 3,78 persen dalam sehari dan 1,85 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 2,93 juta per koin. 

XRP terpantau kembali berada di zona merah. XRP merosot 2,94 persen dalam 24 jam tetapi masih menguat 0,16 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 9.772  per koin. 

 

3 dari 3 halaman

Koin Meme Dogecoin

Koin Meme Dogecoin (DOGE) kembali menguat. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 1,20 persen dan 23,68 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 2.941 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 2,61 triliun atau setara Rp 41.502 triliun. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.