Sukses

Perusahaan Kripto Inggris Kirim Kripto Rp 65,6 Miliar Terkait Perdagangan Senjata Rusia

Rincian transaksi yang melibatkan perusahaan mata uang kripto terkemuka, Copper Technologies, menimbulkan pertanyaan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah perusahaan mata uang kripto Inggris mentransfer aset digital senilai lebih dari USD 4,2 juta atau setara Rp 65,6 miliar (asumsi kurs Rp 15.625 per dolar AS) ke dompet kripto milik salah satu anggota jaringan perdagangan senjata Rusia yang kemudian diberi sanksi oleh Amerika Serikat.

Dilansir laporan dari International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ), Jumat (15/3/2024), rincian transaksi yang melibatkan perusahaan mata uang kripto terkemuka, Copper Technologies, menimbulkan pertanyaan.

Salah satunya tentang apakah undang-undang Inggris yang mengatur industri mata uang kripto telah beradaptasi dengan cukup cepat untuk mengimbangi sektor yang berkembang pesat dan semakin mendapat sorotan karena tingkat anonimitas yang dapat diberikannya.

Tahun lalu, Guardian melaporkan Copper Technologies terlibat dalam penjualan saham senilai lebih dari USD 19 juta atau setara Rp 296,8 miliar yang menguntungkan seorang bankir Rusia yang disetujui AS.

Analisis transaksi mata uang kripto Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional dan Guardian kini menyoroti hubungan antara Copper Technologies  dan Jonatan Zimenkov, warga Rusia kelahiran Israel.

Zimenkov, 29, dijatuhi sanksi oleh AS pada Februari 2023 karena diduga membantu militer Rusia dalam invasi ke Ukraina, sebagai bagian dari “jaringan Zimenkov,” sebuah jaringan perdagangan senjata dan penghindaran sanksi yang dipimpin oleh ayahnya, Igor Zimenkov.

Catatan menunjukkan Copper mentransfer mata uang digital senilai jutaan dolar pada Mei 2021 ke dompet yang sejak itu diidentifikasi sebagai milik Zimenkov. Dia diberi sanksi 19 bulan kemudian. 

Copper, yang merekrut Philip Hammond, mantan Menteri Keuangan Inggris, yang setara dengan Menteri Keuangan AS, sebagai penasihat pada Oktober 2021, bermarkas di London pada saat itu tetapi sejak itu pindah ke Swiss. Hammond sekarang menjadi chairman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Zimenkop Tak Diberi Sanksi

Zimenkov tidak diberi sanksi saat transfer terjadi. Namun Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri Departemen Keuangan AS mengatakan mereka yakin jaringan tersebut telah aktif selama beberapa tahun ketika mereka memberlakukan pembatasan terhadap 22 individu dan entitas di beberapa negara.

Dalam pengumumannya, Departemen Keuangan mengatakan jaringan Zimenkov terlibat dalam berbagai kesepakatan keamanan siber Rusia dan penjualan helikopter di luar negeri, serta upaya untuk memasok senjata ke negara Afrika yang tidak disebutkan namanya.

Tidak ada indikasi Tembaga telah melanggar sanksi atau peraturan lain yang berlaku pada saat transaksi dilakukan.

Namun, pengungkapan ini menyoroti dunia cryptocurrency yang tidak jelas dan anonimitas yang ditawarkannya, serta menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana aset digital dan transaksi aset digital harus diatur dalam sistem keuangan yang lebih luas.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Uni Eropa Larang Warga Rusia Punya Perusahaan Kripto

Sebelumnya diberitakan, Uni Eropa (UE) mengumumkan pada 18 Desember 2023 mereka telah mengadopsi paket sanksi ekonomi dan individu yang baru. Paket tersebut sekarang melarang warga negara Rusia memiliki atau mengendalikan penyedia layanan kripto. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Jumat (22/12/2023), larangan ini adalah bagian dari upaya UE untuk membatasi pengelakan terhadap larangan terhadap penyediaan layanan terkait kripto yang telah diberlakukan. 

Menurut Komisi Eropa (EC), paket sanksi baru ini berupaya memenuhi tujuan utama UE untuk menemukan perdamaian yang adil dan abadi, bukan konflik yang membeku. 

Dalam dokumen yang menjawab pertanyaan-pertanyaan kunci mengenai sanksi Rusia, Komisi Eropa menegaskan kebijakan sanksi UE telah memberikan dampak yang diinginkan terhadap perekonomian Rusia.

Beberapa keberhasilan sanksi yang diklaim oleh Komisi Eropa termasuk depresiasi rubel secara besar-besaran, kenaikan suku bunga dari 8% menjadi 15%, serta kontrol modal yang lebih ketat. 

Namun, beberapa pemimpin UE dan pengkritik rezim sanksi saat ini percaya peningkatan angka perdagangan untuk beberapa produk atau negara tertentu mungkin merupakan indikasi Rusia secara aktif berupaya atau berhasil menghindari sanksi tersebut.

Menggunakan Blockchain untuk Melacak BerlianEkonom Robin Brooks misalnya, telah berulang kali menuduh oligarki pelayaran Yunani secara aktif berupaya melemahkan kebijakan pembatasan harga minyak G7. 

Menanggapi kritik tersebut, UE telah memperkenalkan persyaratan baru yang memaksa pihak-pihak dalam rantai pasokan minyak Rusia untuk berbagi informasi harga untuk biaya tambahan, seperti asuransi dan pengangkutan berdasarkan permintaan.

Sementara itu, UE melalui paket tindakan pembatasan yang kedua belas terhadap Rusia telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah berlian negara tersebut memasuki pasar G7 setelah larangan tersebut berlaku pada 1 Januari 2024. 

Dengan mengambil langkah ini, berlian kini harus dilacak dari sumbernya dan ini diatur untuk dilakukan menggunakan blockchain. 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan Bahas Program Pencurian Kripto Korea Utara

Sebelumnya, pejabat keamanan nasional dari Amerika Serikat (AS), Korea Selatan, dan Jepang berkumpul untuk mengatasi pencurian mata uang kripto di Korea Utara serta program rudal nuklir dan balistiknya.

Dilansir dari Coinmarketcap, Kamis (21/12/2023), pertemuan tersebut mencakup peninjauan kemajuan inisiatif trilateral, seperti komitmen untuk berkonsultasi mengenai krisis regional dan pembagian data pertahanan rudal balistik. 

Mereka juga membahas upaya kolektif untuk menanggapi penggunaan mata uang kripto oleh Korea Utara untuk mendanai program WMD ilegalnya.

Komunitas internasional telah memantau dengan cermat aktivitas terkait cryptocurrency di Korea Utara. Pemerintah AS sebelumnya menuduh Lazarus Group, entitas peretasan yang terkait dengan DPRK, mencuri lebih dari USD 600 juta dari Jembatan Ronin Axie Infinity pada 2022.

Kantor Pengendalian Aset Luar Negeri (OFAC) Departemen Keuangan Amerika Serikat telah menjatuhkan sanksi terhadap beberapa pencampur kripto yang diduga digunakan oleh peretas Korea Utara untuk mencuci dana curian. 

Baru-baru ini, OFAC menambahkan dua alamat kripto yang terkait dengan pencampur Sinbad ke daftar sanksinya, dan lembaga penegak hukum dari berbagai negara menyita situs web Sinbad. 

Daftar sanksi OFAC juga mencakup alat privasi Tornado Cash, yang dituduh mencuci lebih dari USD 100 juta atau setara Rp 1,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.675 per dolar AS) mata uang kripto curian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.