Sukses

Pasar Kripto dan Bitcoin Berpotensi Turun, Ada Apa?

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur menuturkan, penurunan ini terjadi setelah komentar hawkish Presiden Federal Reserve Bank of Atlanta, Raphael Bostic.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kripto dan Bitcoin menghadapi tantangan signifikan dalam beberapa hari terakhir di pekan ke-3 Januari 2024. Dengan satu minggu berlalu sejak SEC AS menyetujui beberapa ETF Bitcoin spothype tersebut secara bertahap menghilang dari ruang kripto. 

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur menuturkan, semakin banyak investor kripto yang bersiap menghadapi dampak halving yang akan terjadi pada April tahun ini.  

"Akibat efek hype ETF yang mulai berkurang, pelaku pasar kripto telah menyesuaikan portofolio mereka menyusul kinerja yang mengesankan dalam beberapa bulan sebelumnya. Mulai dari taking profit dan wait and see untuk melihat sentimen baru yang akan datang," ujar Fyqieh dalam siaran pers, Jumat (19/1/2024).

Penyebab Penurunan Harga Bitcoin

Fyqieh menuturkan menjelang akhir pekan ini, Bitcoin turun lebih dalam di bawah USD 42.000 atau setara Rp 656,7 juta (asumsi kurs Rp 15.637 per dolar AS). Penurunan ini terjadi setelah komentar hawkish Presiden Federal Reserve Bank of Atlanta, Raphael Bostic. 

“Bitcoin mengalami koreksi sebagai respons terhadap pandangan Bostic yang menyarankan pemotongan suku bunga pada akhir, bukan awal 2024,” tutur Fyqieh.

Adapun kenaikan indeks dolar AS (DXY) pasca-komentar Bostic turut memberikan tekanan pada Bitcoin. Bostic menekankan kehati-hatian dalam penurunan suku bunga, mengingat potensi dampak ekonomi dari peristiwa yang sulit diprediksi, mulai dari pemilu hingga konflik global.

Sementara Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang akan datang diperkirakan tidak mengubah suku bunga acuannya, komentar Bostic menjadi penutup dari para pejabat Fed sebelum pertemuan pada 30-31 Januari, menciptakan ketidakpastian di pasar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peluang ETF Ethereum

"Selain itu, kabar investor Grayscale Bitcoin Trust GBTC) terus mengambil keuntungan menambah tekanan pada Bitcoin. Ada juga kabar buruk bagi investor bahwa SEC secara resmi menunda keputusan mengenai aplikasi Fidelity ETF Ethereum spot,” ujar Fyqieh.

Fyqieh mengungkapkan, pasar memperkirakan SEC akan menunda persetujuan ETF ETH spot. Berbeda dengan BTC, SEC menganggap ETH sebagai keamanan, sehingga mengurangi kemungkinan persetujuan jangka pendek. 

Selain itu, peluang persetujuan ETF Ethereum spot pada Mei dianggap terbatas, dengan JPMorgan menilai kemungkinan kurang dari 50%.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Investor Ini Akui Tak Bakal Beli ETF Bitcoin Spot

Sebelumnya diberitakan, investor dan juga pebisnis ternama, Kevin O'Leary mengungkapkan dirinya tidak akan pernah membeli ETF Bitcoin Spot. Dia menilai, penerbit ETF membebankan biaya, meski ada juga yang menawarkan keringanan sementara.

“Jika Anda seorang purist dan hanya memegang bitcoin untuk jangka panjang sebagai emas digital seperti saya, saya tidak akan pernah membeli ETF,” kata O'Leary dalam wawancara bersama Fox, dikutip dari Yahoo Finance, Senin (15/1/2024).

Sementara itu, dia melihat kecil kemungkinan 11 ETF bitcoin spot yang disetujui oleh SEC akan bertahan. Sebaliknya, ia memperkirakan dua atau tiga akan muncul, menggemakan prediksi yang dibuat oleh CEO Galaxy Digital Mike Novogratz.

“Saya berani bertaruh raksasa seperti Fidelity dan BlackRock akan menjadi yang teratas karena mereka memiliki tenaga penjualan yang besar,” kata O'Leary.

Terlepas dari keraguan pribadinya mengenai investasi pada ETF baru, dia masih menganggap persetujuan peraturan mereka sebagai langkah berarti dalam memajukan industri kripto.

O'Leary berharap ETF juga dapat memacu anggota parlemen untuk mempertimbangkan sistem pembayaran digital, seperti stablecoin USDC yang terkait dengan dolar AS.

"Sekarang, kita mempunyai kesempatan penting ini, dan itu sangat bagus. Tapi kita masih terlalu awal, kita sudah memasuki inning pertama," ujar dia.

Dia juga mengomentari prediksi harga Bitcoin dari Cathie Wood yang menyebut Bitcoin bisa mencapai USD 1,5 juta atau sekitar Rp 23,3 miliar (asumsi kurs Rp 15.538 per dolar AS) pada 2030 hanya akan terjadi jika terjadi bencana ekonomi.

4 dari 4 halaman

Senator AS Elizabeth Warren Kritik Keputusan SEC Terima ETF Bitcoin Spot

Sebelumnya diberitakan, persetujuan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) baru-baru ini terhadap 11 ETF Bitcoin Spot menuai kritik langsung dari Senator AS Elizabeth Warren, yang telah lama sangat skeptis terhadap bitcoin dan mata uang kripto lainnya. 

“Jika SEC akan membiarkan kripto masuk lebih dalam ke dalam sistem keuangan kita, maka kripto harus mengikuti aturan dasar anti pencucian uang,” kata Warren di media sosial X, dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (13/1/2024).

Elizabeth Warren adalah kritikus vokal terhadap cryptocurrency. Pada Oktober tahun lalu, senator dan lebih dari 100 legislator menulis catatan bipartisan kepada pejabat pemerintahan Biden, meningkatkan kekhawatiran atas Hamas yang menghindari sanksi AS dan mengamankan jutaan dolar melalui aset kripto.

Senator AS, Massachusetts telah memperkenalkan Undang-Undang Anti Pencucian Uang Aset Digital untuk menutup celah dalam undang-undang saat ini dan membuat perusahaan mata uang kripto lebih patuh terhadap kerangka kerja anti pencucian uang dan melawan pendanaan terorisme (AMF/CFT) yang mengatur sebagian besar negara. sistem keuangan. 

Memperhatikan RUU Warren secara efektif adalah larangan kripto, Kamar Dagang Digital telah membuat petisi untuk menghentikan proposal tersebut. 

Selain itu, meskipun mereka sama-sama skeptis terhadap kripto, Senator Warren dan CEO JPMorgan Jamie Dimon mendapati diri mereka berada di pihak yang berlawanan dalam perdebatan ETF bitcoin. 

Meskipun Dimon bersikeras bitcoin tidak memiliki nilai dan kasus penggunaan utamanya adalah aktivitas terlarang, JPMorgan bertindak sebagai peserta resmi utama untuk ETF bitcoin spot BlackRock.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.