Sukses

Penambang Bitcoin Berusia 23 Tahun Diculik di Rusia

Para penculik dengan cepat menyampaikan permintaan uang tebusan mereka melalui aplikasi pesan Telegram, dan langsung menghubungi saudara laki-laki korban.

Liputan6.com, Jakarta - Di Izhevsk, Rusia, seorang penambang bitcoin berusia 23 tahun diculik secara paksa dari kediamannya. Para penculik meminta uang tebusan sebesar USD 166.000 atau setara Rp 2,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.566 per dolar AS).

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (15/1/2024), peristiwa ini dimulai ketika korban tiba-tiba ditangkap dari tempat tinggalnya dan dimasukkan ke dalam mobil Niva, sebuah mobil yang terkenal karena ketahanannya di medan Rusia

Media televisi Rusia, Ren TV mengungkapkan para penculik, termasuk seorang kenalan korban, memperingatkan akan adanya dampak buruk kecuali uang tebusan sebesar USD 166.000 atau setara Rp 2,5 miliar segera diberikan.

Para penculik dengan cepat menyampaikan permintaan uang tebusan mereka melalui aplikasi pesan Telegram, dan langsung menghubungi saudara laki-laki korban. 

Mereka memanfaatkan ancaman tuntutan pidana yang dibuat-buat untuk mempercepat pembayaran, dengan menyatakan niat mereka untuk menjebak korban sebagai penyelundup narkoba dengan menanam narkotika padanya dan kemudian melaporkannya ke polisi.

Pelakunya, yang diidentifikasi sebagai individu dengan riwayat perampokan dan pemerasan, saat ini menghadapi konsekuensi hukum yang berat. Beratnya dakwaan ini mencerminkan pendekatan pengadilan Rusia terhadap skenario penculikan semacam ini. 

Sejak 2014, lebih dari 100 serangan fisik telah menargetkan pemegang kripto. Awalnya, insiden ini jarang terjadi, namun seiring dengan melonjaknya nilai aset kripto, frekuensi tindakan kekerasan terhadap pemiliknya juga meningkat. 

Serangan ini mencakup metode seperti penculikan, penyerangan, dan penyerangan rumah. Pada November 2023, Changpeng Zhao, mantan CEO Binance, mengungkapkan penjahat telah menculik klien Binance, memaksa mereka menguras dompet kripto mereka.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bit Mining Jual Operasi Penambangan Bitcoin Rp 76,9 Miliar

Sebelumnya diberitakan, Bit Mining (NYSE: BTCM) telah mengungkapkan mereka mendivestasikan divisi kumpulan penambangan bitcoin kepada Btc.com dengan jumlah USD 5 juta atau setara Rp 76,9 miliar (asumsi kurs Rp 15.390 per dolar AS).

Penjualan tersebut dilakukan kepada Esport-Win Limited, sebuah perusahaan yang berbasis di Hong Kong. Transaksi ini diharapkan dapat meningkatkan total ekuitas pemegang saham Bit Mining, bergantung pada kondisi akhir tertentu. 

Bit Mining melaporkan meskipun kumpulan penambangan bitcoin tersebut menghasilkan pendapatan tahunan sebesar USD 593,2 juta atau setara Rp 9,1 triliun, perusahaan tersebut mengalami kerugian operasional bersih sebesar USD 2,6 juta atau setara Rp 40 miliar selama setahun penuh.

BTCM menyatakan antisipasinya divestasi ini akan meningkatkan profitabilitas dan posisi kas yang lebih kuat. Awalnya dikenal sebagai 500.com Ltd dan beroperasi sebagai perusahaan lotere olahraga, BTCM mengalihkan fokus ke penambangan bitcoin pada 2021, mengakuisisi Btc.com dari Bitmain. 

Kepala BTCM, Xianfeng Yang, optimis pelepasan tersebut akan meningkatkan operasi perusahaan yang sudah ada. 

"Dengan menjual bisnis kumpulan penambangan yang merugi, kami akan lebih tangguh dengan sumber daya inti kami yang berfokus pada memajukan penelitian dan pengembangan bisnis kami yang sudah ada,” kata Yang dikutip dari Bitcoin.com, Senin (1/1/2024).

Ketika pertama kali diakuisisi, Btc.com adalah pemain penting dalam industri penambangan bitcoin, menguasai lebih dari 10% total hashrate pada saat itu dan berada di peringkat lima besar secara global. 

Namun, pada 30 Desember 2023, pangsa hashrate-nya telah menyusut menjadi hanya 1% dari hashrate jaringan, menjadikannya sebagai kumpulan penambangan terbesar ke-15. Meskipun BTCM menjual usaha kumpulan Btc.com, BTCM tidak menjual domain internet btc.com atau layanan penjelajah blockchain.

 

3 dari 4 halaman

Bitcoin Miner Marathon Akuisisi 2 Fasilitas Penambangan Berkapasitas Tinggi Senilai USD 178,6 Juta

Sebelumnya diberitakan, Marathon Digital Holdings, perusahaan penambangan bitcoin terkemuka yang terdaftar di pasar publik mengungkapkan telah melakukan akuisisi dua fasilitas penambangan bitcoin yang beroperasi penuh, mewakili kapasitas gabungan sebesar 390 megawatt (MW) pada Selasa.  Untuk fasilitas ini, Marathon menginvestasikan total USD 178,6 juta tunai, dengan rata-rata USD 458,000 per MW.

Melansir Bitcoin, Rabu (20/12/2023), ekspansi strategis Marathon (Nasdaq: MARA) mencakup akuisisi dua lokasi penambangan bitcoin di Texas dan Nebraska, yang sebelumnya dimiliki oleh anak perusahaan Generate Capital. 

Langkah ini menandai transisi Marathon dari organisasi yang tidak memiliki banyak aset menjadi organisasi yang memiliki portofolio operasi penambangan yang besar.  Lokasi yang di-akuisisi menyediakan listrik sebesar 390 MW, dengan pembelian sebesar USD 178,6 juta, dibayar seluruhnya secara tunai.

Marathon mengantisipasi bahwa akuisisi ini akan menurunkan biaya penemuan bitcoin sebesar 30% seiring berjalannya waktu.  Pengumuman pada Selasa mengatakan strategi perusahaan melibatkan pemanfaatan kapasitas yang ada untuk infrastruktur penambangannya, meningkatkan hashrate, dan menyederhanakan efisiensi operasional.  

 

 

4 dari 4 halaman

Tingkatkan Ukuran Portofolio Penambangan

Saat ini, Marathon telah berkomitmen untuk mengakuisisi penambang dengan total kapasitas 7 exahash per detik (EH/s), dengan angsuran pertama diharapkan akan dikirimkan dan dipasang pada Januari 2024.

"Dengan mengakuisisi situs di Granbury, Texas dan Kearney, Nebraska dari Generate, kami memiliki peluang untuk mengurangi biaya produksi bitcoin di situs ini, memanfaatkan peluang lindung nilai energi, dan memperluas kapasitas operasional kami,” kata CEO Marathon Fred Thiel. 

Menurut ia, transaksi ini meningkatkan ukuran portofolio penambangan bitcoin pihaknya sebesar 56% dari kapasitas 584 megawatt menjadi 910 megawatt, dan transaksi ini juga memberi peta jalan untuk menggandakan tingkat hash operasional perusahaan saat ini menjadi sekitar 50 exahash selama 18-24 bulan ke depan

Pada semester II 2023 telah menyaksikan pertumbuhan substansial dalam industri pertambangan, seiring para penambang bersiap menghadapi peristiwa halving Bitcoin yang diantisipasi pada 2024.  

Perusahaan pertambangan besar pun  telah secara aktif membeli atau memesan di muka ribuan mesin penambangan bitcoin sirkuit terintegrasi khusus aplikasi (ASIC) generasi berikutnya dari produsen terkemuka seperti Microbt dan Bitmain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini