Sukses

Lembaga Pajak AS Keluarkan Aturan Baru Terkait Laporan Transaksi Kripto

Hal ini merupakan bagian dari kewajiban pelaporan pajak baru yang mulai berlaku pada 1 Januari 2024

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Pajak Amerika Serikat (IRS) sekarang mewajibkan siapa pun yang menerima USD 10.000 atau setara Rp 155,1 juta (asumsi kurs Rp 15.512 per dolar AS) dalam mata uang kripto untuk melaporkan informasi transaksi ke IRS. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Jumat (5/1/2024), hal ini merupakan bagian dari kewajiban pelaporan pajak baru yang mulai berlaku pada 1 Januari 2024, setelah RUU infrastruktur ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada November 2021.

Mereka tidak mengajukan laporan dalam waktu 15 hari setelah transaksi dapat didakwa melakukan tindak pidana kejahatan. Aturan ini bersifat self-executing, artinya aturan ini dapat segera diterapkan dan dapat diterapkan tanpa tindakan lebih lanjut.

Namun, kelompok advokasi kripto CoinCenter telah menentang aturan baru tersebut, dengan alasan masalahnya adalah banyak orang akan kesulitan untuk mematuhi apa yang dianggap sebagai kewajiban baru yang mudah.

CoinCenter mencatat penambang dan validator blockchain yang menerima hadiah blok di atas USD 10.000 tidak memiliki pengirim yang dapat diidentifikasi untuk disertakan dalam laporan. Demikian pula, mereka yang menukar kripto-untuk-kripto melalui pertukaran terdesentralisasi tidak memiliki pengirim yang dapat diidentifikasi untuk dilaporkan.

Kelompok ini juga keberatan dengan kurangnya kejelasan dalam menentukan nilai mata uang kripto tertentu. Lebih lanjut, CoinCenter mengangkat masalah penerimaan donasi dari donatur anonim, dan kesulitan dalam melaporkan informasi pengirim.

Pada Juni 2022, CoinCenter mengajukan gugatan terhadap Departemen Keuangan AS yang menyatakan bahwa peraturan tersebut tidak konstitusional. Kasusnya masih di pengadilan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketua SEC Gary Gensler Keluarkan Peringatan Soal Investasi Kripto

Sebelumnya diberitakan, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) Gary Gensler telah mengeluarkan peringatan mengenai investasi mata uang kripto. Sebab, terdapat sejumlah pelanggaran di bidang investasi kripto tersebut. 

Dia menekankan, hal itu merusak kepercayaan ketika begitu banyak orang yang dirugikan dan yang bisa mereka lakukan hanyalah mengantri di pengadilan kebangkrutan.  Peringatan Gensler datang ketika pasar mengharapkan persetujuan ETF Bitcoin Spot dalam waktu dekat.

"Ada banyak ketidakpatuhan di dunia kripto. Hal ini melemahkan kepercayaan diri ketika begitu banyak orang yang dirugikan dan yang bisa mereka lakukan hanyalah mengantri di pengadilan kebangkrutan. Lebih lanjut, hal ini dapat mempersulit pelaku yang beritikad baik untuk bersaing,” kata dia dikutip dari Bitcoin, Sabtu (23/12/2023). 

Ia pun menguraikan ketidakpatuhan yang lazim dalam industri kripto terkait undang-undang sekuritas.  Undang-undang ini, tidak hanya “untuk membantu memberikan Anda keterbukaan sehingga Anda dapat membuat keputusan investasi, tetapi juga untuk melindungi Anda dari penipuan dan manipulasi.”  

Dia kemudian mengulangi pernyataan sebelumnya crypto juga melanggar undang-undang yang ditetapkan oleh badan pengatur lain, seperti Commodity Futures Trading Commission (CFTC) dan Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN).

"Ini benar-benar Wild West dan tersebar di seluruh dunia,” kata Gensler. 

Ia menegaskan, hal ini bukan hanya terjadi pada satu atau beberapa pelaku kejahatan saja. Ini adalah sesuatu yang banyak terjadi di bidang ini secara global, dan sulit bagi pelaku yang beritikad baik untuk bersaing karena ada begitu banyak tantangan di tempat lain.

 

3 dari 4 halaman

Dapat Kritikan

"Perusahaan kripto seperti Coinbase (perusahaan publik yang pencatatannya diawasi oleh SEC) telah mencoba untuk mendapatkan kejelasan tentang panduan SEC untuk kepatuhan selama beberapa tahun terakhir.  SEC belum mengambil sikap yang jelas dan mengandalkan regulasi melalui penegakan hukum,” kata dia. 

Di sisi lain, Gensler dan SEC di bawah kepemimpinannya telah banyak dikritik oleh banyak orang karena mengambil pendekatan yang berpusat pada penegakan hukum untuk mengatur industri kripto.  Bahkan ada rancangan undang-undang di Kongres yang akan mencopotnya dari jabatan ketua regulator sekuritas.  

Sementara itu, SEC saat ini mengevaluasi 13 aplikasi ETF Bitcoin Spot dan diperkirakan akan menyetujui beberapa di antaranya pada 10 Januari.

4 dari 4 halaman

SEC Bikin Edaran Baru Soal Risiko Investasi Kripto,Termasuk Banyaknya Penipuan

Sebelumnya diberitakan, Kantor Pendidikan dan Advokasi Investor (OIEA) SEC menerbitkan Buletin Investor pada 29 September sebagai bagian dari Pekan Investor Dunia tahun ini. 

Kampanye global ini, yang dipromosikan oleh Organisasi Internasional Komisi Sekuritas (IOSCO), bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pendidikan dan perlindungan investor.

Tiga tema World Investor Week 2023 adalah Aset Kripto, Ketahanan Investor, dan Keuangan Berkelanjutan. Mengenai aset kripto, buletin ini menyoroti beberapa risiko terkait investasi kripto.

“Investasi dalam aset kripto bisa sangat fluktuatif dan spekulatif, dan platform tempat investor membeli, menjual, meminjam, atau meminjamkan investasi ini mungkin tidak memiliki perlindungan yang penting,” isi buletin tersebut memperingatkan, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (5/10/2023).

Investor yang menyetor dana atau aset kripto ke entitas aset kripto mungkin tidak lagi memiliki kepemilikan sah atas aset tersebut dan mungkin tidak bisa mendapatkan kembali aset tersebut saat mereka menginginkannya.

Selain itu, buletin tersebut merinci investor aset kripto menghadapi sejumlah risiko, termasuk penawaran yang tidak terdaftar, kurangnya perlindungan Securities Investor Protection Corporation (SIPC), dan penipuan. 

Penipu terus mengeksploitasi meningkatnya popularitas aset kripto untuk memikat investor ritel ke dalam penipuan, yang sering kali menyebabkan kerugian besar. 

Regulator lebih lanjut menjelaskan untuk mengetahui apakah portofolio investor, termasuk program pensiun dan akun investasi, memiliki investasi terkait aset kripto, Investor harus secara aktif meneliti dan mengajukan pertanyaan. 

Menurut SEC, risiko kerugian bagi investor individu yang berpartisipasi dalam transaksi yang melibatkan aset kripto, termasuk sekuritas aset kripto, masih tetap besar. Satu-satunya uang yang harus dipertaruhkan dalam investasi spekulatif adalah uang yang mampu ditanggung kerugiannya seluruhnya.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.