Sukses

Robinhood Perluas Layanan ke Uni Eropa, Ada Apa Saja di Fitur Aplikasinya?

Robinhood telah membuka layanan perdagangan kripto baru di Uni Eropa untuk memperluas layanannya. Ada sejumlah hal yang ditawarkan untuk layanan kripto di Uni Eropa ini.

Liputan6.com, Jakarta - Robinhood telah membuka layanan perdagangan kripto baru untuk semua pelanggan yang memenuhi syarat di wilayah Uni Eropa (UE), menawarkan lebih dari 25 mata uang kripto, termasuk Bitcoin, Ethereum, dan XRP.

Melansir Cryptopotato, ditulis Minggu (10/12/2023), sebagai langkah strategis, platform pialang online populer Robinhood telah mengumumkan peluncuran fitur perdagangan mata uang kripto di Eropa.

Platform ini bertujuan memperluas pilihan tokennya lebih jauh, dengan rencana untuk memperkenalkan mata uang kripto tambahan dan mengaktifkan fitur seperti transfer token dan staking pada 2024.

Perkembangan ini mengikuti rencana ekspansi Robinhood baru-baru ini ke luar Amerika Serikat. Produk kripto terbaru Robinhood dirancang untuk memungkinkan pelanggan Eropa memiliki kemampuan membeli, menjual, dan menyimpan lebih dari 25 token. Di antara cryptocurrency unggulan adalah nama-nama populer antara lain Bitcoin, Ethereum, XRP, Cardano, Solana, dan Polkadot.  

Aplikasi Robinhood Crypto hanya akan tersedia untuk individu di Eropa yang berusia 18 tahun ke atas, efektif mulai 7 Desember. Sekarang dapat diakses di perangkat iOS dan Android.

Aplikasi kripto yang baru diperkenalkan tidak membebankan biaya perdagangan, dan pengguna juga akan mendapatkan persentase volume perdagangan bulanan mereka kembali dalam bentuk Bitcoin.  

Aplikasi ini akan menampilkan spread, termasuk rabat yang diterima dari pesanan penjualan dan perdagangan, dan juga akan menawarkan harga komprehensif untuk menghilangkan kekhawatiran pelanggan terkait biaya tersembunyi, memastikan mereka menerima nilai maksimum dalam kripto untuk Euro mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perluas Perdagangan Kripto

Dalam pernyataan resmi, GM Robinhood Crypto Johann Kerbrat mengatakan, pihaknya percaya kripto adalah kerangka keuangan untuk masa depan dan memainkan peran penting dalam misi perusahaan untuk mendemokratisasi keuangan untuk semua.

"Oleh karena itu, kami sangat bersemangat untuk memperluas perdagangan kripto ke pelanggan di seluruh UE, memungkinkan mereka membeli dan menjual token favorit mereka dengan aman dan terjamin," kata dia 

Robinhood berhati-hati dengan operasi mata uang kriptonya. Pada Juni, perusahaan mengambil langkah proaktif untuk secara sukarela membatasi perdagangan dan penyimpanan token tertentu untuk kliennya di AS, bertepatan dengan periode ketika pemerintah mengambil sikap yang lebih bermusuhan terhadap platform perdagangan besar seperti Binance dan Coinbase.

Berbeda dengan pengawasan peraturan yang dihadapi oleh perusahaan kripto di AS, Uni Eropa telah mengambil pendekatan proaktif dengan mengusulkan peraturan Pasar dalam Aset Kripto (MiCA) untuk memastikan ketertelusuran mata uang kripto untuk tujuan anti pencucian uang dan untuk melindungi pedagang dari fluktuasi pasar.

"UE telah mengembangkan salah satu kebijakan paling komprehensif di dunia untuk regulasi aset kripto, itulah sebabnya kami memilih wilayah tersebut untuk menjadi landasan rencana ekspansi internasional Robinhood Crypto," tandasnya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Pertukaran Kripto Robinhood Ekspansi ke Uni Eropa

Sebelumnya diberitakan, pertukaran kripto Robinhood tengah gencar melakukan ekspansi global. Baru-baru ini, Robinhood berhasil memenuhi syarat di Uni Eropa (UE) dan meluncurkan aplikasi kripto untuk semua pengguna yang memenuhi syarat di Uni Eropa.

Pengumuman ini muncul setelah peluncurannya di Inggris seminggu yang lalu. Meskipun membawa perdagangan kripto ke pelanggan UE, layanan pialangnya hanya tersedia di Inggris untuk saat ini.

UE telah berada di garis depan dalam merumuskan peraturan untuk menegakkan ketertelusuran kripto untuk anti pencucian uang dan melindungi pengecer dari volatilitas pasar. 

Di antara kerangka kerja yang paling penting adalah aturan Markets in Crypto-Assets (MiCA), yang berfokus pada regulasi stablecoin dan dipandang sebagai salah satu rezim paling komprehensif di dunia untuk aset kripto.

Manajer umum Robinhood, Johann Kerbrat mengatakan UE telah mengembangkan salah satu kebijakan paling komprehensif di dunia untuk regulasi aset kripto.

"Itulah sebabnya kami memilih wilayah tersebut untuk menjadi landasan rencana ekspansi internasional Robinhood Crypto,” kata Kerbrat, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (9/12/2023).

Selain menawarkan biaya rendah, Robinhood mengklaim ini adalah satu-satunya platform kripto kustodian di mana dana pelanggan disimpan di bursa daripada di dompet yang dihosting sendiri akan mendapatkan kembali persentase volume perdagangan mereka setiap bulan, dibayar dalam Bitcoin. 

Pengguna di UE dapat membeli dan menjual sekitar 25 mata uang kripto, termasuk mata uang kripto utama seperti Bitcoin dan Ethereum.

 

 

4 dari 4 halaman

Langkah Meyakinkan Pengguna Eropa

Robinhood mengambil langkah-langkah lain untuk meyakinkan pengguna di Eropa bahwa mereka mendapatkan manfaat yang sepadan, mengingat praktik bisnisnya di masa lalu kurang ideal. 

Di AS, Komisi Sekuritas dan Bursa mengkritik aplikasi perdagangan saham karena menyesatkan pengguna tentang cara aplikasi menghasilkan uang dan gagal memenuhi janjinya mengenai eksekusi perdagangan terbaik. Mereka akhirnya membayar USD 65 juta atau setara Rp 1 triliun (asumsi kurs Rp 15.539 per dolar AS) untuk menyelesaikan tuduhan SEC ini.

Dalam upaya kripto di UE, Robinhood menjanjikan transparansi dengan menampilkan spread perdagangan, yang mencakup rabat yang diterimanya dari pesanan jual dan perdagangan di aplikasi.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini