Sukses

Pertukaran Kripto Robinhood Ekspansi ke Uni Eropa

Pengumuman ekspansi Robinhood ini muncul setelah peluncurannya di Inggris seminggu yang lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Pertukaran kripto Robinhood tengah gencar melakukan ekspansi global. Baru-baru ini, Robinhood berhasil memenuhi syarat di Uni Eropa (UE) dan meluncurkan aplikasi kripto untuk semua pengguna yang memenuhi syarat di Uni Eropa.

Pengumuman ini muncul setelah peluncurannya di Inggris seminggu yang lalu. Meskipun membawa perdagangan kripto ke pelanggan UE, layanan pialangnya hanya tersedia di Inggris untuk saat ini.

UE telah berada di garis depan dalam merumuskan peraturan untuk menegakkan ketertelusuran kripto untuk anti pencucian uang dan melindungi pengecer dari volatilitas pasar. 

Di antara kerangka kerja yang paling penting adalah aturan Markets in Crypto-Assets (MiCA), yang berfokus pada regulasi stablecoin dan dipandang sebagai salah satu rezim paling komprehensif di dunia untuk aset kripto.

Manajer umum Robinhood, Johann Kerbrat mengatakan UE telah mengembangkan salah satu kebijakan paling komprehensif di dunia untuk regulasi aset kripto.

"Itulah sebabnya kami memilih wilayah tersebut untuk menjadi landasan rencana ekspansi internasional Robinhood Crypto,” kata Kerbrat, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (9/12/2023).

Selain menawarkan biaya rendah, Robinhood mengklaim ini adalah satu-satunya platform kripto kustodian di mana dana pelanggan disimpan di bursa daripada di dompet yang dihosting sendiri akan mendapatkan kembali persentase volume perdagangan mereka setiap bulan, dibayar dalam Bitcoin. 

Pengguna di UE dapat membeli dan menjual sekitar 25 mata uang kripto, termasuk mata uang kripto utama seperti Bitcoin dan Ethereum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Langkah Meyakinkan Pengguna Eropa

Robinhood mengambil langkah-langkah lain untuk meyakinkan pengguna di Eropa bahwa mereka mendapatkan manfaat yang sepadan, mengingat praktik bisnisnya di masa lalu kurang ideal. 

Di AS, Komisi Sekuritas dan Bursa mengkritik aplikasi perdagangan saham karena menyesatkan pengguna tentang cara aplikasi menghasilkan uang dan gagal memenuhi janjinya mengenai eksekusi perdagangan terbaik. Mereka akhirnya membayar USD 65 juta atau setara Rp 1 triliun (asumsi kurs Rp 15.539 per dolar AS) untuk menyelesaikan tuduhan SEC ini.

Dalam upaya kripto di UE, Robinhood menjanjikan transparansi dengan menampilkan spread perdagangan, yang mencakup rabat yang diterimanya dari pesanan jual dan perdagangan di aplikasi.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 5 halaman

FTX Bangkrut, Bank Sentral Inggris Sebut Perlu Aturan Kripto

Sebelumnya diberitakan, Deputi Gubernur Bank Sentral Inggris atau Bank of England (BoE) Jon Cunliffe mengatakan, ledakan bursa kripto FTX menunjukkan kebutuhan membawa dunia kripto dalam kerangka peraturan.

Mengutip Channel News Asia, Selasa (22/11/2022), FTX yang telah mengajukan perlindungan pengadilan kebangkrutan Amerika Serikat berutang hampir USD 3,1 miliar atau sekitar Rp 48,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.716 per dolar AS) kepada 50 kreditur terbesarnya.

“Sementara dunia kripto, seperti yang ditunjukkan selama musim dingin kripto tahun lalu, dan ledakan FTX minggu lalu saat ini tidak cukup besar atau cukup terhubung dengan keuangan arus utama untuk mengancam stabilitas sistem keuangan, hubungannya dengan keuangan arus utama telah berkembang pesat,” tutur Cunlife.

Ia menyoroti, tumbangnya FTX perlu regulator yang melakukan kontrol lebih ketat secepat mungkin. “kita tidak boleh menunggu sampai besar dan terhubung untuk mengembangkan kerangka peraturan yang diperlukan untuk mencegah kejutan kripto yang dapat memiliki dampak destabilisasi yang jauh lebih besar.” Tutur Cunliffe.

Saat ini, perusahaan kripto di Inggris hanya perlu menunjukkan dapat menerapkan kontrol yang memadai untuk menghentikan pencucian uang meski banyak permohonan perusahaan yang lisensinya ditolak oleh regulator Inggris.

4 dari 5 halaman

Perluas Perlindungan Kripto

Inggris menyetujui undang-undang layanan keuangan dan pasar baru yang akan memperkenalkan regulasi untuk stablecoin, aset kripto yang didukung oleh aset.

Cunliffe mengatakan, Bank Sentral Inggris akan menetapkan konsultasi publik untuk menyempurnakan aturan stablecoin secara lebih rinci tentang bagaimana klaim pemegang koin pada penerbit dan dompet harus disusun untuk memberikan penebusan setara uang bank komersial.

“Contoh FTX menggarisbawahi betapa pentingnya aspek ini,” ujar Cunliffe.

Kementerian Keuangan juga akan berkonsultasi untuk perluas perlindungan investor, integritas pasar, dan kerangka peraturan lainnya yang mencakup promosi dan perdagangan produk keuangan ke aktivitas dan entitas yang melibatkan aset kripto.

Secara terpisah, Bank Sentral Inggris dan Kementerian Keuangan melihat pontesi pound digital. “Tujuan kami adalah untuk memastikan inovasi dapat terjadi tetapi dalam kerangka di mana risiko dikelola dengan baik,” ujar Cunliffe.

5 dari 5 halaman

Bank Asal Swiss SEBA Bank Kantongi Izin Layanan Kripto di Hong Kong

Sebelumnya diberitakan, bank kripto terkemuka SEBA Bank telah mengumumkan cabangnya di Hong Kong telah menerima persetujuan dari Komisi Sekuritas dan Berjangka (SFC) untuk menawarkan layanan terkait kripto. 

Dengan persetujuan lisensi dari SFC ini, SEBA Bank telah menambahkan Hong Kong ke dalam persetujuan yang ada dari Swiss dan Abu Dhabi. 

Menurut pengumuman yang dibuat oleh SEBA Bank, lisensi tersebut memungkinkan SEBA Hong Kong untuk memperdagangkan dan mendistribusikan semua sekuritas, termasuk aset kripto seperti derivatif OTC dan produk terstruktur. 

SFC juga telah memberikan izin kepada bank kripto untuk memberikan saran mengenai sekuritas dan mata uang kripto, serta manajemen aset untuk sekuritas tradisional dan akun opsional dalam mata uang kripto.

Anggota Dewan Eksekutif SEBA Bank APAC, Amy Yu mengatakan melayani nasabah APAC selalu menjadi bagian integral dari DNA SEBA Bank. 

“Posisi kawasan ini di garis depan keuangan, perdagangan. inovasi telah lama menjadi daya tarik bagi kami,” kata Yu, dikutip dari Coinmarketcap, Sabtu (11/11/2023). 

SEBA Bank berekspansi ke Hong Kong dengan kantor baru tak lama setelah otoritas Hong Kong merilis serangkaian pernyataan kebijakan mengenai mata uang kripto pada November tahun lalu, dan mengumumkan mereka akan kembali melayani perusahaan yang berfokus pada kripto di wilayah administratif khusus Tiongkok. 

Saat ini, SEBA Bank menyediakan layanan terkait kripto di seluruh dunia dari kantor teregulasinya di Swiss, Abu Dhabi, dan Hong Kong.  

Bulan lalu, SFC memperbarui panduannya mengenai aktivitas terkait mata uang kripto untuk perantara dengan dua langkah perlindungan investor tambahan. Wilayah administratif khusus secara resmi meluncurkan rezim lisensi untuk platform perdagangan kripto pada Juni, memungkinkan pertukaran kripto berlisensi untuk menawarkan layanan kripto individual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini