Sukses

CEO JPMorgan Jamie Dimon Bakal Tutup Kripto Jika Duduk di Pemerintahan

CEO JPMorgan Jamie Dimon menegaskan dirinya selalu sangat menentang kripto dan bitcoin. Ia menyampaikan hal itu saat sidang komite perbankan bersama senat.

Liputan6.com, Jakarta - CEO JPMorgan Jamie Dimon mengecam bitcoin Cs saat memberikan sambutan di Capitol Hill pada Rabu, 6 Desember 2023. Bahkan ia menyarankan kripto harus dilarang.

"Saya selalu sangat menentang kripto, bitcoin, dan lain-lain," ujar Jamie Dimon, saat ditanyai oleh Senator Elizabeth Warren selama sidang komite perbankan senat seperti dikutip dari CNBC, Kamis (7/12/2023).

"Satu-satunya kasus penggunaan yang sebenarnya adalah penjahat, pengedar narkoba, pencucian uang dan penghindaran pajak. Jika saya jadi pemerintah, saya akan menutupnya,” ia menambahkan.

Pernyataan tersebut merupakan pernyataan terbaru dari Jamie Dimon terhadap kripto, meski JPMorgan sangat terlibat dalam blockchain senilai USD 1,6 triliun.

Dalam pernyataan sebelumnya, Jamie Dimon menyebutkan bitcoin sebagai “penipuan yang berlebihan”. Komentar yang kemudian ia kembali tarik. Ia juga menyamakannya dengan “batu peliharaan”.

Menghadapi pertanyaan lebih lanjut dari Warren di hadapan komite sebagai bagian dari dengar pendapat rutin mengenai industri, Dimon dan beberapa CEO bank besar lainnya setuju perusahaan kripto harus hadapi peraturan anti pencucian uang yang sama seperti lembaga  keuangan besar.

Topik ini menjadi pemersatu antara pemimpin industri perbankan dan senator Warren yang biasanya kritik keras terhadap industri perbankan.

"Jika menyangkut kebijakan perbankan, saya biasanya tidak bergandengan tangan dengan CEO bank, tetapi ini adalah masalah keamanan nasional. Teroris, pengedar narkoba, dan negara harus dilarang memakai kripto untuk aktivitas berbahaya mereka. Sudah waktunya bagi Kongres untuk bertindak,” ujar Warren.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Skeptis terhadap Kripto, CEO JP Morgan Jamie Dimon Melihat Sisi Lain Blockchain

Sebelumnya diberitakan, CEO JP Morgan Chase, Jamie Dimon berbicara tentang cryptocurrency dalam sebuah wawancara. Dalam wawancara tersebut, Dimon mengomentari soal cryptocurrency, termasuk Bitcoin.

Dia mengungkapkan tidak terlalu menyukai kripto. "Saya selalu mengatakan saya tidak terlalu menyukainya. Saya membela hak Anda untuk melakukannya. Saya akan mengatakan sangat, sangat berhati-hati berapa banyak uang yang Anda masukkan ke dalamnya,” ujar Dimon dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (8/10/2023). 

Namun, Dimon melihat manfaat dalam beberapa aspek kripto, seperti teknologinya, mengakui industri perbankan memiliki inefisiensi jika dibandingkan dengan teknologi yang mendasari kripto.

"Tidak semuanya buruk. Jika Anda mengatakan kepada saya 'Saya ingin mengirim USD 200 ke teman di negara asing, itu bisa memakan waktu dua minggu dan biayanya USD 40. Anda bisa melakukannya melalui mata uang digital dan itu akan memakan waktu beberapa detik,” ujar Dimon. 

Namun, dia tidak merinci apakah dia mengacu pada cryptocurrency, stablecoin, mata uang digital bank sentral (CBDC), atau JPM Coin miliknya sendiri.

JPMorgan Chase memiliki mata uang digitalnya sendiri yang disebut JPM Coin. Dimon sebelumnya menjelaskan “Kami menggunakan jaringan blockchain yang disebut Liink untuk memungkinkan bank berbagi informasi yang kompleks, dan kami juga menggunakan blockchain untuk memindahkan setoran dolar AS yang diberi token dengan JPM Coin.” 

Situs web JPM Coin menyatakan koin itu memfasilitasi pergerakan nilai waktu nyata, membantu memecahkan rintangan umum pembayaran lintas batas tradisional.

 

3 dari 5 halaman

Skeptis terhadap Kripto

Dimon telah lama menjadi skeptis terhadap Bitcoin dan kripto. Pada November tahun lalu, dia memperingatkan orang-orang untuk berhati-hati ketika berinvestasi di kripto dengan alasan itu tidak memiliki nilai intrinsik.  Kemudian pada Oktober 2022, dia mengatakan Bitcoin tidak berharga dan mempertanyakan persediaannya yang terbatas.

Sementara itu, dia mengatakan dalam suratnya pada April 2022 kepada pemegang saham keuangan terdesentralisasi (defi) dan blockchain adalah nyata. Selain itu, JPMorgan kini menawarkan sejumlah produk investasi kripto.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

4 dari 5 halaman

CEO JPMorgan Jamie Dimon Ibaratkan Kripto seperti Batu

Sebelumnya diberitakan, CEO JPMorgan Chase Jamie Dimon mengatakan token kripto seperti batu peliharaan. Jamie Dimon juga percaya regulasi kripto harus diperkuat.

"Regulator yang memukuli bank mungkin harus lebih fokus pada kripto," kata Jamie Dimon, dikutip dari Bitcoin, Kamis (8/12/2022).

Bahkan, Jamie Dimon, berbicara tentang kripto dan peraturannya setelah runtuhnya pertukaran kripto FTX dalam sebuah wawancara dengan CNBC pada Selasa, 6 Desember 2022

Dia ditanya apakah kehancuran FTX terkandung dan tidak masalah atau apakah dia yakin itu adalah simbol dari sesuatu yang lebih besar yang terjadi dalam perekonomian. Ia pun menjawabnya.

"Kripto dalah tontonan yang lengkap, oke, dan kalian menghabiskan terlalu banyak waktu untuk itu. Saya telah membuat pandangan saya sangat jelas tentang token kripto seperti batu peliharaan, dan orang-orang menggembar-gemborkan hal ini," kata dia.

Batu peliharaan hanyalah batu dalam kotak karton khusus, dipasarkan sebagai batu hidup pada 1975. Lebih dari 1 juta batu hewan peliharaan dijual seharga USD 4 atau sekitar Rp 62,520 (asumsi kurs Rp 15.630 per dolar AS) masing-masing dan mode tersebut berlangsung sekitar enam bulan.

Mengomentari Menteri Keuangan AS, Janet Yellen menyatakan, keruntuhan FTX adalah momen Lehman dalam kripto. CEO JPMorgan Chase pun berpendapat. "Saya tidak berpikir dia bermaksud momen Lehman, kripto bernilai satu triliun dolar."

Dimon juga percaya regulasi kripto harus diperkuat.

"Hal lain yang harus dilihat oleh publik Amerika, jika Anda melihat semua pembelian dan penjualan, jadi jika bitcoin bernilai di bawah satu triliun dolar hari ini, dan kami bahkan tidak yakin itu adalah pasar nyata, itu 20 hingga 30 miliar ransomware per tahun yang kami ketahui, 20 hingga 30 miliar biaya pertukaran yang kami ketahui, banyak pembiayaan anti-terorisme AML, penghindaran pajak, perdagangan seks, di mana mengapa kami mengizinkan hal ini terjadi ,” lanjutnya.

 

5 dari 5 halaman

Yakin pada Teknologi Blockchain

Sambil meremehkan pentingnya cryptocurrency, Dimon menegaskan kembali keyakinannya pada teknologi blockchain.

"Itu tidak berarti blockchain tidak nyata. Itu tidak berarti kontrak pintar tidak akan nyata atau Web 3.0 tetapi mata uang kripto yang tidak melakukan apa-apa, saya tidak mengerti mengapa orang menghabiskan waktu," kata dia.

Dimon telah lama menjadi kritikus bitcoin dan kripto. Pada September, dia memberi tahu Kongres token kripto seperti bitcoin adalah "skema Ponzi terdesentralisasi".

Dia sebelumnya mengatakan bitcoin tidak berharga dan telah memperingatkan orang untuk berhati-hati ketika berinvestasi dalam cryptocurrency dengan alasan bahwa mereka tidak memiliki nilai intrinsik.  

Pada Mei tahun lalu, dia secara pribadi menyarankan investor untuk "menjauh" dari cryptocurrency.  

Sementara Dimon skeptis terhadap kripto, bank investasinya, JPMorgan, telah menawarkan sejumlah investasi kripto kepada klien.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.