Sukses

Politikus Partai Oposisi Venezuela Soroti Peran Kripto di Tengah Krisis

Seorang oposisi Venezuela Leopoldo Lopez mengakui mata uang kripto memainkan peran penting bagi warga Venezuela selama krisis Covid pada 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang oposisi Venezuela Leopoldo Lopez memuji kripto sebagai alat untuk mengatasi sensor tetapi juga mengatasi ketergantungannya pada bank yang korup. 

Ketika Venezuela sedang berjuang menghadapi krisis kemanusiaan, kripto telah menjadi alat penting bagi banyak warga Venezuela yang ingin mempertahankan tabungannya. Pada saat yang sama, bolivar (VES), mata uang resmi Venezuela, telah kehilangan nilainya.

Mengatasi Inflasi

Lopez, pendiri partai politik Venezuela Voluntad Popular dan rekan dekat pemimpin oposisi paling terkenal Venezuela Juan Guaido, mengatakan kepada Chainalysis dalam sebuah wawancara mata uang kripto, khususnya stablecoin, membantu rakyat Venezuela mengatasi tingkat inflasi yang bergejolak, yang rata-rata mencapai 36,34 persen antara 1973 hingga 2023.

Lopez mengakui mata uang kripto memainkan peran penting bagi warga Venezuela selama krisis Covid pada 2020. Metode pembayaran ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan bantuan internasional, mengingat rezim Maduro dulu menolak bantuan keuangan dengan alasan politik. 

Namun, kediktatoran masih membatasi penggunaan kripto karena seluruh sistem keuangan di Venezuela dikendalikan oleh pemerintah Maduro.

“Tantangannya adalah bagaimana melakukan bantuan tunai langsung tanpa campur tangan kediktatoran mereka mempunyai kendali penuh atas bank dan sistem keuangan,” kata Lopez, dikutip dari Coinmarketcap, Rabu (6/12/2023). 

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah sementara yang dipimpin Guaido mendapat rencana untuk mendistribusikan bantuan internasional dalam bentuk kripto antara individu-individu terpercaya berdasarkan pemeriksaan KYC yang diterapkan. 

Lopez meyakinkan program tersebut secara langsung membantu 65.000 dokter dan perawat. Namun, tidak jelas apakah dana tersebut digunakan sesuai tujuannya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Influencer Kripto dari Venezuela Diduga Menipu

Sebelumnya diberitakan, Influencer kripto Venezuela terkemuka Newman Perez awal bulan ini alami perdebatan di Kolombia oleh seorang pria yang menuduhnya mencuri dananya. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (6/3/2023), Perez sebenarnya orang Venezuela, saat ini dia tinggal di Kolombia karena dia dicari di Venezuela atas tuduhan penipuan terus-menerus, ancaman terhadap pejabat publik, perubahan barang, dan kekerasan pribadi.

Influencer yang memiliki pengikut Instagram lebih dari 668.000, telah meluncurkan beberapa bisnis sebelumnya. Salah satu yang tertua dan paling terkenal adalah situs web Apreciodepana.com, yang menurut Perez didukung oleh Google Ventures. 

Setelah kejadian tersebut, Perez mengatakan di akun Instagramnya itu semua adalah “eksperimen sosial”. Namun beberapa pengikutnya percaya itu hanya sebuah alasan.

Tak lama setelah itu, Perez mengarahkan pengikutnya ke siaran pers yang diterbitkan di Forbes, mempromosikan proyek kripto terbarunya yaitu BNB Beats.

Kontroversi BNB Beats

BNB Beats, aplikasi kripto di jaringan BNB Chain, mengklaim itu menghasilkan pengembalian harian 1 persen dan 3 persen per hari dari jumlah berapapun yang diinvestasikan oleh penggunanya. 

Buku putihnya tidak menjelaskan apa yang dilakukannya, tetapi mengatakan berfokus pada "meningkatkan kualitas hidup manusia" melalui pendidikan, kepercayaan, dan inovasi.

Baru-baru ini, DappBay, pusat aplikasi yang dibuat oleh Binance pada Juli 2022 mengeluarkan peringatan merah pada BNB Beats milik Perez, yang berarti proyek itu telah ditandai sebagai penipuan. 

 

3 dari 4 halaman

Nilai Mata Uang Venezuela Anjlok, Kripto Jadi Biang Kerok

Sebelumnya diberitakan, mata uang Venezuela, bolivar, telah kehilangan nilainya pada tingkat yang mengkhawatirkan setelah menikmati periode yang relatif stabil baru-baru ini.  Mata uang telah kehilangan hampir 40 persen terhadap dolar AS. Saat ini warga yang khawatir dengan percepatan devaluasi. 

Menurut indeks harga populer Monitordolar, setiap dolar memiliki harga 9,05 bolivar pada 25 Oktober. Nilai tukar meningkat menjadi 12,63 bolivar per dolar pada 26 November. 

Menurut analis, penurunan ini diperkirakan karena peningkatan pengeluaran yang biasa terjadi pada musim Natal, akibat dari peningkatan likuiditas yang dimasukkan ke pasar karena bonus dan pembayaran yang diberikan pemerintah dan perusahaan lain kepada pekerja.

Ini adalah bagian dari teori yang dirumuskan oleh ekonom Venezuela Jose Guerra tentang masalah ini. Guerra mengatakan permintaan bolivar turun karena inflasi yang tinggi sehingga ketika bolivar beredar.

“Masyarakat beralih membeli barang dan dolar untuk melakukan lindung nilai terhadap inflasi dan devaluasi,” ujar Guerra dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (29/11/2022). 

 

4 dari 4 halaman

Kripto Jadi Salah Satu Penyebab

Namun, selain penyebab biasa yang terjadi, kepala Ecoanallitica, sebuah firma riset ekonomi, Asdrubal Oliveros juga percaya ada elemen kripto yang membuat situasi ini semakin parah. 

Oliveros menyatakan sebagian besar pasar mata uang paralel, yang tidak bergantung pada intervensi pemerintah, saat ini sedang diberi makan oleh pembuat pasar yang menggunakan pertukaran mata uang kripto sebagai cara menyuntikkan dana ini ke negara tersebut.

Namun, karena tren turun yang sedang berlangsung yang dihadapi pasar mata uang kripto, dan kurangnya kepercayaan pada bursa terpusat terkait dengan jatuhnya FTX, pembuat pasar ini telah membatasi eksposur mereka, membuat pasar tidak likuid. dan berkontribusi terhadap kelangkaan dolar.

Ekonom memperkirakan nilai tukar akan terus naik karena masalah ini semakin besar dalam beberapa hari ke depan, menjadikan situasi ini sebagai "badai sempurna" yang membuat devaluasi terus tumbuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.