Sukses

Direktur IMF Kristalina Georgieva Sebut CBDC Dapat Gantikan Uang Tunai

CBDC juga akan menawarkan jembatan antara uang pribadi dan tolok ukur untuk mengukur nilainya, sama seperti uang tunai saat ini yang dapat kita tarik dari bank.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan mata uang digital bank sentral (CBDC) dapat menggantikan uang tunai. Dia mendesak sektor publik untuk “terus bersiap untuk menerapkan CBDC dan platform pembayaran terkait.

Georgieva menekankan platform ini harus dirancang sejak awal untuk memfasilitasi pembayaran lintas batas, termasuk dengan CBDC. IMF juga menerbitkan buku pegangan CBDC sebagai panduan referensi bagi pembuat kebijakan dan pakar di bank sentral dan kementerian keuangan di seluruh dunia.

“CBDC dapat menggantikan uang tunai yang mahal untuk didistribusikan di perekonomian kepulauan. Hal ini dapat memberikan ketahanan di negara-negara maju. Mereka dapat meningkatkan inklusi keuangan ketika hanya sedikit orang yang memiliki rekening bank,” kata Georgieva, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (29/11/2023). 

Georgieva menambahkan CBDC akan menawarkan alternatif yang aman dan berbiaya rendah. CBDC juga akan menawarkan jembatan antara uang pribadi dan tolok ukur untuk mengukur nilainya, sama seperti uang tunai saat ini yang dapat kita tarik dari bank.

Banyak Negara Mulai Kembangkan CBDC

Georgieva menjelaskan banyak negara sedang mengembangkan peraturan untuk memandu perkembangan uang digital. Menurut Pelacak Mata Uang Digital Bank Sentral Dewan Atlantik, 130 negara, yang mewakili 98 persen PDB global, sedang menjajaki CBDC, dan 11 negara telah sepenuhnya meluncurkan mata uang digital. Selain itu, 19 negara G20 kini berada pada tahap lanjutan pengembangan CBDC.

Georgieva juga mengatakan kecerdasan buatan (AI) dapat memperkuat beberapa manfaat CBDC. Hal ini dapat meningkatkan inklusi keuangan dengan memberikan penilaian kredit yang cepat dan akurat berdasarkan berbagai data. 

“Ini dapat memberikan dukungan yang dipersonalisasi kepada orang-orang dengan tingkat literasi keuangan yang rendah,” pungkas Georgieva.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bank Sentral Korea Selatan Umumkan Uji Coba CBDC Wholesale

Sebelumnya diberitakan, Bank Sentral Korea Selatan telah mengumumkan percontohan mata uang digital bank sentral grosir (CBDC) mendatang yang akan menguji aplikasi dan efisiensi sistem tersebut dalam berbagai kasus penggunaan. 

Percontohan Wholesale ini dirancang untuk dimanfaatkan oleh bank komersial dan lembaga keuangan lainnya. Dilansir dari Bitcoin.com, Kamis (19/10/2023), sistem yang diusulkan, telah dirancang dengan kolaborasi dan saran dari Bank for International Settlements (BIS), akan memungkinkan bank-bank komersial yang mendaftar untuk uji coba ini untuk menerbitkan berbagai jenis mata uang digital (tokenized deposito dan e-money) dengan dukungan CBDC grosir sebagai jaminan. 

Selain itu, CBDC ini juga berfungsi untuk melakukan penyelesaian antar bank. Uji coba ini juga dapat mencakup aplikasi di luar sistem perbankan untuk segera mengeksekusi penyelesaian aset yang diberi token (seperti kredit karbon), dengan pengiriman dan pembayaran dilakukan secara bersamaan.

Evolusi Percontohan dan Tujuan Korea

Uji coba ini merupakan kelanjutan dari eksperimen Bank of Korea sebelumnya dengan CBDC ritel, yang dilakukan antara Juli dan Desember 2022 dan mencakup partisipasi 14 lembaga keuangan. 

 

3 dari 5 halaman

Tujuan di Balik BCDC

Meskipun uji coba ini dianggap berhasil, bank tersebut menjelaskan saat ini tidak perlu memperkenalkan CBDC ritel karena efisiensi infrastruktur pembayaran yang dikembangkan.

Bank tersebut menyimpulkan bahwa penerapan CBDC ritel akan menimbulkan masalah baru dalam sistem keuangan, membahayakan peran bank dalam perekonomian Korea Selatan dan membangkitkan kekhawatiran terkait privasi di kalangan pengguna.

Tujuan di balik percontohan CBDC grosir ini bermacam-macam. Mendapatkan perhatian dari mata uang kripto dan beralih ke alternatif yang dianggap lebih bertanggung jawab adalah salah satunya, mengingat masyarakat Korea dikenal karena keterlibatan mereka dalam aktivitas perdagangan mata uang kripto. Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan tokenisasi dan efisiensi pembayaran melalui integrasi mata uang digital. 

Tujuan terakhir adalah menggabungkan sistem ini ke dalam pendekatan Buku Besar Terpadu yang lebih besar yang ditentukan oleh BIS, sehingga menghindari fragmentasi dan isolasi sistem.

 

4 dari 5 halaman

Bank Sentral Swiss Bakal Terbitkan CBDC

Sebelumnya diberitakan, Bank sentral Swiss mengatakan pada 26 Juni 2023 akan menerbitkan mata uang digital bank sentral (CBDC) grosir melalui operator infrastruktur untuk pusat keuangan Swiss dan Spanyol. 

Menurut ketua Bank Nasional Swiss (SNB), Thomas Jordan proyek percontohan CBDC diharapkan akan segera dimulai dan akan berjalan untuk jangka waktu terbatas. Namun, ketua SNB yang berbicara di Point Zero Forum, mengungkapkan eksperimen tersebut akan melibatkan penggunaan uang yang setara.

“Ini bukan hanya eksperimen, ini akan menjadi uang nyata yang setara dengan cadangan bank dan tujuannya adalah untuk menguji transaksi nyata dengan pelaku pasar,” kata Jordan, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (29/6/2023).

Bank Sentral Swiss Tidak Tertarik Meluncurkan CBDC Ritel

Dengan mengambil langkah ini, bank sentral Swiss bergabung dengan rekan-rekannya di negara-negara yang telah meluncurkan CBDC masing-masing atau masih dalam tahap uji coba atau studi.

Sementara itu, dalam pidatonya di forum tersebut, ketua SNB berusaha menjelaskan mengapa bank sentral saat ini tidak mau meluncurkan CBDC ritel.

“Kami tidak mengecualikan kami tidak akan pernah memperkenalkan ritel CBDC tetapi kami sedikit berhati-hati saat ini,” jelas Jordan.

 

 

5 dari 5 halaman

Cukup Ketat Awasi Aset Digital

Swiss saat ini menjadi salah satu negara yang cukup ketat dalam mengawasi aset digital. Baru-baru ini, pihak berwenang Swiss dilaporkan telah membekukan sekitar USD 26 juta atau setara Rp 389,6 miliar (asumsi kurs Rp 14.988 per dolar AS) dalam Bitcoin dan kripto lainnya yang terkait dengan Terraform Labs, pendirinya Kwon Do-hyeong, dan tokoh kunci lainnya di dalam perusahaan.

Pembekuan aset oleh Otoritas Swiss ini mengikuti permintaan dari jaksa federal AS di New York dan Komisi Sekuritas dan Bursa. Perkembangan ini adalah babak terakhir dalam perjalanan kasus kripto Terra Luna yang dimulai dengan runtuhnya stablecoin algoritmik Terraform Labs, UST, pada Mei 2022.

Kwon dituduh oleh jaksa AS dan Korea Selatan atas penipuan, pelanggaran hukum sekuritas, dan beberapa dakwaan lain terkait runtuhnya Terra. Meski mengakui kesalahan telah dibuat, Kwon terus berargumen dia tidak berniat menipu investor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini