Sukses

Harga Ethereum Diprediksi Sentuh Rp 28,87 Juta pada Akhir 2023

Lingkungan makroekonomi yang menantang kemungkinan besar menyebabkan penurunan ether ke harga terendah

Liputan6.com, Jakarta - Menurut laporan prediksi terbaru dari Finder, harga kripto ethereum (ETH) diprediksi akan menutup 2023 dengan rata-rata harga USD 1.840 atau setara Rp 28,87 juta (asumsi kurs Rp 15.694 per dolar AS). Finder juga memprediksi harga ethereum mencapai 5.824 atau setara Rp 91,4 juta pada akhir 2025, 

Ketidakpastian peraturan dan lingkungan makroekonomi yang menantang kemungkinan besar menyebabkan penurunan ether ke harga terendah rata-rata USD 1.352 atau setara Rp 21,21 juta.

Panelis yang disurvei Finder juga memperkirakan harga aset kripto terbesar kedua itu akan mencapai USD 14.411 atau setara Rp 226,1 juta pada 2030. 

Banyak responden menyebutkan faktor makroekonomi sebagai salah satu alasan utama mengapa mereka memperkirakan harga akan lebih rendah dalam jangka pendek. Mengomentari mengapa kurang optimis terhadap prospek ETH sebelum tahun berakhir.

"Pertumbuhan dibatasi oleh tingginya tingkat Tradfi. Jika otoritas AS mencapai soft landing, harga ETH akan meningkat secara dramatis, tetapi tidak sampai pertengahan tahun depan,” kata salah satu responden dari kepala pasar di Youhodler, Ruslan Lienkha, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (14/11/2023). 

Sementara itu, ketika ditanya seberapa tinggi atau rendah cryptocurrency dapat bergerak di sisa 2023, panelis memperkirakan harga puncak rata-rata sebesar USD 1.932 atau setara Rp 30,32 juta.

Namun, meskipun memperkirakan harga akhir 2023 akan jauh lebih rendah, hampir 90 persen panelis percaya sekarang adalah waktu yang tepat untuk menahan atau membeli ETH. Proporsi yang sedikit lebih rendah. Sedangkan 83 persen panelis menganggap ETH terlalu murah atau harganya wajar. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Co Founder Ethereum, Vitalik Buterin Ungkap Tidak Pernah Menjual ETH Untuk Keuntungan Pribadi

Sebelumnya diberitakan, salah satu pendiri blockchain Ethereum, Vitalik Buterin menolak anggapan terkait dirinya yang baru-baru ini melikuidasi sebagian kepemilikan aset digitalnya. Butarin menyebut tidak pernah menjual ETH Coin untuk keuntungan pribadi sejak 2018.

Dalam sebuah postingan di jejaring sosial terdesentralisasi Warpcast, Buterin mengatakan kepada para pengikutnya untuk mengabaikan laporan yang secara keliru menyimpulkan sumbangannya kepada organisasi amal adalah hasil dari penjualan aset kripto.

“Jika Anda melihat artikel yang mengatakan Vitalik mengirimkan ETH ke bursa, sebenarnya bukan saya yang menjualnya, hampir selalu saya menyumbang ke badan amal atau nirlaba atau proyek lain, dan penerimanya menjual. Saya belum menjual ETH untuk keuntungan pribadi sejak 2018,” kata Buterin dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (21/10/2023).

Pernyataan Buterin muncul hanya beberapa hari setelah laporan media mengklaim Kanro, sebuah badan amal yang berafiliasi dengan salah satu pendiri Ethereum, telah memindahkan 15.43 juta koin USDC ke dompet multi-tanda tangan. 

Faktanya, berdasarkan data, Kanro melakukan dua transfer, satu ke Coinbase sebesar 500.000 koin USDC dan satu lagi ke pertukaran kripto Gemini 14.93 juta koin. 

Dalam postingannya tanggal 8 Juni 2023 di X (sebelumnya Twitter), Buterin, menggambarkan Kanro sebagai entitasnya, berbicara tentang keinginannya untuk mendanai proyek penelitian Covid. 

Pada saat itu, Buterin mengungkapkan Crypto Relief, dana yang dikelola komunitas, telah mengeluarkan 90 juta USDC dari donasi awal SHIB Coin. Dia kemudian berjanji untuk menyumbangkan 10 juta dananya sendiri.

 

 

3 dari 4 halaman

UBS Asset Management Luncurkan Dana Tokenisasi Pertama di Jaringan Ethereum

Sebelumnya diberitakan, UBS Asset Management telah meluncurkan uji coba pertama dana Variable Capital Company (VCC) yang diberi token di Singapura, menandai tonggak penting dalam menghadirkan aset-aset dunia nyata secara on-chain.

Dana tersebut merupakan bagian dari Project Guardian, sebuah inisiatif industri kolaboratif yang dipimpin oleh Otoritas Moneter Singapura (MAS) untuk mengeksplorasi tokenisasi berbagai aset dunia nyata.

“Ini merupakan tonggak penting dalam memahami tokenisasi dana, memanfaatkan keahlian UBS dalam tokenisasi obligasi dan produk terstruktur,” kata Kepala UBS Asset Management di Singapura dan Asia Tenggara, Thomas Kaegi dikutip dari Crypto Briefing, Rabu (4/10/2023).

Memanfaatkan layanan tokenisasi internal UBS, UBS Tokenize, perusahaan tersebut meluncurkan percontohan terkendali dana pasar uang yang diberi token pada blockchain Ethereum. Hal ini memungkinkan aktivitas seperti langganan dana dan penukaran dana dilakukan secara on-chain.

UBS telah menjadi yang terdepan dalam inovasi aset digital, dengan meluncurkan obligasi digital pertama di dunia yang diperdagangkan secara publik pada November 2022. 

Hal ini diikuti oleh obligasi dengan suku bunga tetap yang diberi token senilai USD 50 juta atau setara Rp 779,8 miliar (asumsi kurs Rp 15.596 per dolar AS) yang diterbitkan pada Desember 2022 dan lebih dari USD 28 juta atau setara Rp 436,7 miliar surat utang terstruktur yang diberi token pada 2023.

Menyusul kesuksesan transaksi percontohan, UBS Asset Management akan berupaya mengeksekusi kasus penggunaan langsung lebih lanjut di bawah Project Guardian, bekerja sama dengan lebih banyak mitra untuk mengeksplorasi berbagai strategi investasi.

Tokenisasi dana adalah tren yang berkembang di kalangan dana tradisional dan manajer aset, dengan institusi besar seperti Franklin Templeton, KKR, dan Hamilton Lane meluncurkan dana tokenisasi.

4 dari 4 halaman

Pertukaran Kripto HTX Diretas, Ethereum Senilai Rp 123,2 Miliar Dicuri

Sebelumnya diberitakan, pertukaran kripto HTX, sebelumnya Huobi, telah diretas dengan total kerugian 500 ether (ETH) senilai sekitar USD 8 juta atau setara Rp 123,2 miliar (asumsi kurs Rp 15.412 per dolar AS), menurut penasihat HTX dan pendiri Tron Justin Sun.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu dan langsung teridentifikasi. HTX telah sepenuhnya menanggung kerugian, dan dana aman, jelas Sun di platform media sosial X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter).

Dompet yang diretas tampaknya merupakan salah satu dompet panas HTX, yang menerima deposit sekitar USD 500 juta atau setara Rp 7,7 triliun dari Binance sejak dibuat pada Maret, menurut data Arkham.

“USD 8 juta mewakili jumlah yang relatif kecil dibandingkan dengan aset senilai USD 3 miliar yang dimiliki oleh pengguna kami. Itu juga merupakan pendapatan hanya dua minggu untuk platform HTX,” tulis Sun di X, dikutip dari CoinDesk, Selasa (26/9/2023). 

Hasilnya, semua dana aman, dan operasi perdagangan tetap berjalan seperti biasa. Perusahaan segera mengatasi dan menyelesaikan semua masalah, memulihkan platform ke keadaan normal tanpa penundaan.

Sun melanjutkan dengan mengatakan HTX bersedia memberikan hadiah bug sebesar USD 400.000 atau setara Rp 6,1 miliar kepada peretas untuk mengembalikan dana yang dicuri. Dia juga mempermanis kesepakatan itu dengan menambahkan HTX akan mempekerjakan peretas sebagai penasihat keamanan.

Token asli bursa, token HT, saat ini diperdagangkan pada USD 2,43 atau setara Rp 37. 451 setelah merosot 1,24 persen dalam 24 jam terakhir, menurut CoinMarketCap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.