Sukses

Analis Sebut Harga Bitcoin Berpeluang Bergerak Lebih Tinggi, 3 Sentimen Ini Jadi Pendorong

Fyqieh Fachrur serta para analis masih yakin Bitcoin memiliki potensi untuk bergerak ke atas dengan beberapa dukungan

Liputan6.com, Jakarta - Harga bitcoin (BTC) masih bertengger di atas USD 35.000 atau setara Rp 540,2 juta (asumsi kurs Rp 15.694 per dolar AS). Harga Bitcoin bahkan menyentuh USD 37.000 atau setara Rp 580,6 juta pada Kamis, 9 November 2023.

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur serta para analis masih yakin Bitcoin memiliki potensi untuk bergerak ke atas dengan beberapa dukungan. Adapun dukungannya sebagai berikut:

Akumulasi Bitcoin yang Konsisten 

Fyqieh mengatakan salah satu faktor yang mendukung harga Bitcoin adalah akumulasi Bitcoin yang konsisten oleh investor jangka panjang. Menurut data Glassnode, jumlah Bitcoin yang dimiliki oleh investor jangka panjang terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir. 

"Pasokan Bitcoin sangat terbatas, dan sebagian besar BTC dimiliki oleh orang-orang yang berencana untuk menyimpannya untuk jangka waktu yang lama. Akibatnya, ada peningkatan yang luar biasa dalam jumlah Bitcoin yang diakumulasi oleh orang-orang ini seiring berjalannya waktu. Hal ini menyebabkan harga Bitcoin masih kuat," kata Fyqieh dalam siaran pers, dikutip Sabtu (11/11/2023).

Nada Dovish The Fed 

Faktor lainnya yang mungkin mendukung harga Bitcoin adalah nada dovish yang disampaikan oleh beberapa pejabat The Fed. Dovish dalam konteks ini mengacu pada sikap Fed yang cenderung lebih memilih kebijakan moneter yang akomodatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Kebijakan ini biasanya berdampak positif terhadap aset berisiko seperti saham dan kripto karena menurunkan daya tarik investasi pada aset yang dianggap lebih aman seperti obligasi.

Data Inflasi dan Shutdown Pemerintah AS 

Laporan Indeks Harga Konsumen (CPI) Oktober 2023 akan dirilis pada 14 November 2023. Inflasi umum secara umum diperkirakan akan terkendali dari bulan ke bulan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sentimen Positif untuk Kripto

Namun, tren yang mendasarinya mungkin masih mengkhawatirkan Federal Reserve menjelang keputusan suku bunga berikutnya yang dijadwalkan pada 13 Desember. Terkait dengan isu makroekonomi yang lebih besar, pada 17 November 2023, pemerintah AS dihadapkan pada batas waktu untuk menemukan sumber utang baru guna menghindari shut down pemerintah. 

Sejarah telah menunjukkan kemungkinan akan terjadi penambahan utang baru, yang dapat menjadi faktor positif bagi pasar mata uang kripto termasuk Bitcoin. 

"Jika pemerintah AS memutuskan untuk meningkatkan utang, Bitcoin mungkin akan mengalami kenaikan harga. Kedua tanggal ini, tanggal 14 dengan rilis CPI dan tanggal 17 dengan deadline utang pemerintah AS, menjadi momen krusial yang bisa mendefinisikan arah pergerakan Bitcoin dalam waktu dekat," pungkas Fyqieh.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 5 halaman

Harga Bitcoin Kembali Sentuh Rp 581,3 Juta, Tertinggi dalam 18 Bulan

Sebelumnya diberitakan, harga bitcoin (BTC) sempat melonjak melonjak di atas USD 37.000 atau setara Rp 581,3 juta (asumsi kurs Rp 15.711 per dolar AS) pada Kamis, 9 November 2023 ke harga tertinggi dalam 18 bulan. 

Reli ini dipicu oleh lebih banyak optimisme regulator dapat segera menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin spot pertama.  Mata uang kripto terbesar di dunia ini kini telah naik lebih dari 32 persen selama sebulan terakhir dan 120 persen sejak awal Januari.

Kepala strategi pasar Miller Tabak + Co, Matt Maley mengatakan pergerakan harga Bitcoin sangat optimis tahun ini dengan beberapa kali kenaikan. 

"Tidak ada keraguan bahwa tindakan yang sangat positif dalam bitcoin tahun ini terus menjadi sangat mengesankan,” kata Maley dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (10/11/2023). 

Namun, angka ini masih jauh dari angka tertinggi sepanjang masa. Bitcoin mencapai puncaknya pada USD 68.789 atau sekitar Rp 1 miliar pada November 2021 tetapi kemudian jatuh pada 2022 ketika Federal Reserve mulai menaikkan suku bunga dan serangkaian perusahaan bangkrut, termasuk pertukaran kripto FTX pada November 2022.

Tindakan keras yang meluas terhadap industri kripto menyusul. Regulator menggugat sejumlah pemain besar, termasuk Coinbase dan Binance, dan minggu lalu juri menghukum pendiri FTX Sam Bankman-Fried karena menipu pelanggan, pemberi pinjaman, dan investor.

Kini para investor semakin optimis industri ini siap menerima penerimaan yang lebih luas. Mereka berharap Komisi Sekuritas dan Bursa akan segera memberikan persetujuan untuk ETF bitcoin spot, yang akan memungkinkan investor mendapatkan eksposur terhadap mata uang kripto tersebut tanpa harus memilikinya.

4 dari 5 halaman

Harga Kripto pada 11 November 2023

Sebelumnya diberitakan, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada Sabtu, (11/11/2023). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau masih berada di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) masih menguat 2,20 persen dalam 24 jam dan 8,13 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin  berada di level USD 37.471 atau setara Rp 588, juta (asumsi kurs Rp 15.654 per dolar AS).

Ethereum (ETH) masih menguat. ETH naik 1,06 persen sehari terakhir dan 13,82 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 32,69 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) turut menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB naik tipis 1,33 persen dan 9,29 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 3,85 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) masih berada di zona hijau. ADA menguat 4,57 persen dalam 24 jam terakhir dan 16,11 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.973 per koin.

 

5 dari 5 halaman

Harga Dogecoin

Adapun kripto Solana (SOL) masih perkasa. SOL terbang 23,33 persen dalam sehari dan 41,99 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 880.750 per koin. 

XRP terpantau kembali berada di zona merah. XRP merosot 0,03 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat 8,15 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 10.375 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) kembali menguat. Dalam satu hari terakhir DOGE terbang 3,79 persen dan 10,37 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.180 per token.

Harga kripto hari ini stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC) sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1,42 triliun atau setara Rp 22.285 triliun. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.