Sukses

5 Sikap Sederhana yang Bisa Membuat Orang Awet Muda

Menjalani hidup dengan bahagia ternyata bisa membuat orang menjadi lebih awet muda. Ada beberapa sikap sederhana yang bisa membuat orang bahagia, yuk simak!

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya membuat diri menjadi lebih awet muda, banyak yang berfokus pada produk-produk perawatan kulit atau tindakan medis. Namun, terkadang  untuk menjaga kesegaran dan kekuatan tubuh dapat ditemukan dalam kebiasaan sehari-hari yang sederhana. 

Awet muda tidak hanya tentang penampilan fisik, tetapi juga mencakup kesehatan mental dan emosional. Salah satu sikap sederhana yang dapat membantu seseorang tetap muda adalah menjaga pikiran positif.

Dengan menerapkan sikap-sikap positif sederhana dalam kehidupan sehari-hari, seseorang dapat membuka jalan menuju kebahagiaan yang berkelanjutan dan awet muda dalam hidupannya.

Yuk simak dan ikuti 5 sikap sederhana yang bisa membuat orang awet muda di bawah ini, yang telah dirangkum dari fimela.com pada Rabu (05/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Memiliki Sikap Percaya Diri

Percaya pada diri sendiri menjadi kunci dalam upaya untuk membuat orang menjadi lebih awet muda, dimana kesadaran untuk terus belajar sepanjang hidup menjadi peran penting. Hal ini dapat mengasah ketajaman pikiran dan mencegah penurunan kemampuan kognitif, sehingga membantu menjaga keawet mudaan seseorang.

3 dari 11 halaman

2. Mempunyai Sikap Rendah Hati

Sikap sederhana selanjutnya adalah menunjukkan sikap yang lebih ramah dan rendah hati. Langkah pertama dapat dimulai dengan lebih sering tersenyum. Seperti yang dikutip dari buku Happiness Inside, gerakan sederhana seperti tersenyum dapat merangsang kelenjar pineal di otak untuk melepaskan endorfin, yaitu hormon alami yang memiliki kekuatan 200 kali lipat dari morfin buatan. Endorfin ini mampu menciptakan perasaan senang dan kebahagiaan dalam diri. 

Dengan keadaan hati yang penuh kebahagiaan, ekspresi wajah akan terpancar dengan cemerlang, sehingga memberikan kesan kesegaran yang membuat seseorang terlihat lebih muda.

4 dari 11 halaman

3. Sikap Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Seseorang dapat mengembangkan diri melalui pembelajaran. Dengan semangat penasaran dalam diri, akan membuka jalan eksplorasi dan menerima berbagai pengalaman baru. 

Semakin banyak pengalaman yang didapatkan, maka akan semakin memperluas perspektif dan hal ini dapat membuatmu merasa lebih percaya diri dalam menghadapi kehidupan. Ketika seseorang merasa nyaman dengan diri dan lingkungan sekitar, maka akan merasakan kesegaran dan keberanian yang dapat membuat terlihat lebih muda secara keseluruhan.

5 dari 11 halaman

4. Sikap yang Selalu Bersyukur

Sikap berikutnya adalah memiliki hati dengan rasa penuh terima kasih yang mendalam. Sikap ini bisa dilakukan dengan cara meluangkan waktu dan mengaktifkan semua indera, lalu rasakanlah rasa syukur atas semua pengalaman yang masih dapat dinikmati. 

Ketika hati dipenuhi oleh rasa syukur, hal ini akan membawa ketenangan yang mendalam. Ketenangan ini pun mampu memberikan kilauan tersendiri pada wajah, sehingga membuatnya tampak lebih berseri dan segar.

6 dari 11 halaman

5. Memiliki Sikap yang Peduli dengan Kesehatan

Semakin bertambahnya usia, penting untuk meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan tubuh. Saat usia bertambah, tubuh mengalami perubahan yang tidak sama seperti pada masa muda. 

Namun, dengan memperhatikan kesehatan secara lebih intensif, dapat meningkatkan rasa semangat untuk melakukan olahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang sehat. Dengan demikian, akan terlihat lebih muda karena kondisi tubuh yang bugar.

7 dari 11 halaman

Agar Awet Muda Tidur Berapa Jam?

Salah satu langkah penting untuk menjaga keawetan adalah dengan memastikan bahwa kita tidur yang cukup, minimal 7–9 jam setiap malam. Ini merupakan faktor krusial dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

8 dari 11 halaman

Apa yang Membuat Wajah Terlihat Lebih Tua?

Tidak menggunakan tabir surya merupakan penyebab utama penuaan dini dan kerutan pada wajah. Hal ini disebabkan oleh sinar UV yang menyebabkan pembentukan radikal bebas, yang dapat merusak kolagen, elastisitas kulit, dan sel-sel kulit. Akibatnya, kulit menjadi lebih rentan terhadap penuaan dini, munculnya kerutan, bintik hitam, serta meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

9 dari 11 halaman

Makan Apa agar Kulit Wajah Kencang?

Selain mengandalkan produk perawatan kulit, ada cara alami untuk meningkatkan kekencangan kulit wajah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kolagen. Beberapa contoh makanan yang mengandung kolagen tinggi untuk meningkatkan kekencangan kulit wajah meliputi ikan, brokoli, bayam, tomat, dan stroberi.

10 dari 11 halaman

Tidur yang Bagus untuk Kulit Jam Berapa?

Fase malam ditentukan antara jam 9 hingga 11 malam. Periode ini merupakan awal dari waktu tidur yang optimal di mana kulit memiliki kemampuan terbaik untuk menyerap bahan-bahan perawatan kulit dan melakukan proses perbaikan DNA.

11 dari 11 halaman

Apakah Lari Bisa Bikin Awet Muda?

Rajin melakukan aktivitas fisik seperti berlari di pagi hari dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Dengan peningkatan produksi kolagen, kulit dapat mempertahankan elastisitasnya dengan lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini