Sukses

Analis Optimistis Pasar Kripto dan Bitcoin Masih Berpeluang Naik Pekan Ini

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur menuturkan, pasar kripto masih akan menguat selama pekan ini. Ini terjadi dengan semakin dekatnya peristiwa halving.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kripto dan bitcoin masih nyaman di zona hijau pada pekan ke-4 Oktober 2023. Bahkan, harga Bitcoin telah mencapai di atas USD 30.200 atau setara Rp 481 juta (asumsi kurs Rp 15.953 per dolar AS), level yang belum pernah terlihat sejak Agustus.

Reli pasar kripto masih didorong oleh kabar yang menunjukkan ETF akan segera menerima persetujuan SEC. Oleh karena itu, para pelaku pasar masih bersemangat meningkatkan permainan akumulasi mereka.

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur menjelaskan pasar kripto masih akan menguat selama pekan ini. Ini terjadi dengan semakin dekatnya peristiwa halving, harga Bitcoin pasti diprediksi mengalami lonjakan signifikan dalam metrik on-chain. 

Dalam minggu mendatang, ada potensi Bitcoin tidak hanya bertahan di atas ambang batas USD 30.000 tetapi juga mencapai harga baru pada 2023. 

“Pelaku pasar percaya persetujuan ETF Bitcoin spot akan mendorong adopsi massal dan memicu kenaikan sebelum halving yang jatuh tempo pada April 2024,” kata Fyqieh dalam siaran pers, Senin (23/10/2023).

Dengan penolakan SEC untuk mengajukan banding atas keputusan pengadilan dalam gugatannya terhadap Grayscale Investments dalam upaya untuk mengubah Bitcoin Trust menjadi ETF spot. Taruhan pasar akan segera disetujuinya aplikasi ETF BTC spot telah memicu selera pembeli. 

Fyqieh menambahkan, perkembangan positif minggu ini adalah kekuatan Bitcoin menular ke beberapa altcoin, yang melonjak di atas level resistensi masing-masing. Hal ini menunjukkan sentimen secara bertahap berubah menjadi positif dan mungkin inilah saatnya untuk mempertimbangkan pembelian secara selektif.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sentimen Pekan Ini

Sentimen minggu ini, perhatian investor akan terfokus pada laporan kuartal tiga 2023 dari beberapa perusahaan raksasa teknologi di indeks pasar saham AS, dan sejumlah laporan ekonomi AS serta pidato Ketua The Fed, Jerome Powell pada Rabu, 25 Oktober 2023 

“Ada indikasi kuat akan adanya jeda lagi dalam kenaikan suku bunga, sebelumnya Powell menegaskan kembali bahwa suku bunga akan dipertahankan lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama, karena inflasi masih menjadi kekhawatiran,” tutur Fyqieh.

Selain itu, Ketua Fed memperingatkan bahwa data ekonomi yang lebih baik dari perkiraan akan membenarkan kenaikan suku bunga lagi pada tahun ini. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

3 dari 4 halaman

Tingkat Dominasi Bitcoin di Pasar Kripto Sentuh Tertinggi Sejak Awal 2021

Sebelumnya diberitakan, tingkat dominasi atau pangsa bitcoin (BTC) di pasar kripto secara keseluruhan terus meningkat, mengancam untuk membalikkan reli mata uang kripto alternatif (altcoin) yang mengalahkan BTC sejak awal 2021.

Tingkat dominasi naik menjadi 52,45 persen mencapai level tertinggi sejak April 2021, menurut data yang dilacak oleh platform grafik TradingView. Kenaikan bitcoin konsisten dengan penembusan bullish yang terlihat pada Juni, yang menandai berakhirnya kisaran berkepanjangan antara 38 persen dan 48 persen. 

Menurut analisis teknis, Katie Stockton dari Fairlead Strategies, hal ini kemungkinan akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang, membalikkan penurunan dari 60 persen menjadi 40 persen yang terlihat selama hari-hari pasar kripto yang suram pada Maret-April 2021. 

Investor kemudian memutar uang dari bitcoin yang relatif mahal ke dalam bitcoin. altcoin, menyebabkan penurunan tingkat dominasi BTC.

“Indeks siap untuk diperpanjang lebih tinggi, terutama setelah menyelesaikan kisaran perdagangan dua tahun yang lebih tinggi pada musim panas ini,” kata Stockton dalam analisisnya, dikutip dari CoinDesk, Minggu (22/10/2023).

Stockton menambahkan indikator perusahaannya yang mengikuti tren jangka panjang juga mendukung lebih banyak dominasi bitcoin, dan ada ruang untuk resistensi berikutnya.

"Kami memperkirakan bitcoin akan mengungguli altcoin, semakin membalikkan perolehan altcoin yang diperoleh pada semester pertama 2021,” lanjut Stockton.

Fokusnya akan beralih ke resistensi utama Fibonacci di 60,17 persen setelah tingkat dominasi mencapai di atas tertinggi pada Juni di 52,18 persen. 

4 dari 4 halaman

Anggota Parlemen AS Desak Gedung Putih Menindak Penggunaan Kripto Hamas

Sebelumnya diberitakan, sekelompok anggota parlemen AS bipartisan mendesak pemerintahan Biden untuk segera menindak penggunaan mata uang kripto oleh Hamas dan afiliasinya menyusul konflik Palestina dan Israel awal bulan ini.

Sebuah surat yang dikirim pada Selasa, 17 Oktober 2023 ke Departemen Keuangan AS dan Gedung Putih dari 105 anggota parlemen yang dipimpin oleh Senator Elizabeth Warren, Roger Marshall dan Perwakilan Sean Casten, menyatakan keprihatinan besar Hamas dan kelompok afiliasinya yang disebut Jihad Islam Palestina menggunakan aset digital untuk mendanai operasi mereka dan menghindari sanksi AS.

“Kongres dan pemerintahan ini harus mengambil tindakan tegas untuk secara menyeluruh mengatasi risiko keuangan gelap kripto sebelum dapat digunakan untuk membiayai tragedi lainnya,” kata surat itu, dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (19/10/2023).

Pemerintahan Biden pada Rabu mengeluarkan sanksi yang bertujuan menghambat pendanaan Hamas, dengan menyebutkan apa yang dikatakannya sebagai portofolio investasi rahasia Hamas, sebuah fasilitator keuangan yang terkait dengan Iran dan pertukaran mata uang kripto yang berbasis di Gaza.

Polisi Israel pada 10 Oktober mengatakan telah membekukan beberapa akun kripto yang digunakan untuk meminta sumbangan untuk Hamas. Reuters melaporkan pada Mei Israel telah menyita sekitar 190 akun kripto di bursa kripto Binance sejak 2021, termasuk puluhan akun yang dikatakan dimiliki oleh perusahaan Palestina yang terkait dengan Hamas.

Binance mengatakan bursa tersebut telah bekerja sama dengan otoritas kontra-terorisme internasional dalam penyitaan tersebut.

Sejak awal, komunitas mata uang kripto memuji aset digital sebagai sarana untuk transaksi anonim, dan serangkaian tindakan penegakan hukum federal atas penipuan, pencucian uang, dan penawaran koin yang tidak terdaftar telah membuat industri ini menjadi sorotan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.