Sukses

Tingkat Dominasi Bitcoin di Pasar Kripto Sentuh Tertinggi Sejak Awal 2021

Tingkat dominasi naik menjadi 52,45 persen mencapai level tertinggi sejak April 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Tingkat dominasi atau pangsa bitcoin (BTC) di pasar kripto secara keseluruhan terus meningkat, mengancam untuk membalikkan reli mata uang kripto alternatif (altcoin) yang mengalahkan BTC sejak awal 2021.

Tingkat dominasi naik menjadi 52,45 persen mencapai level tertinggi sejak April 2021, menurut data yang dilacak oleh platform grafik TradingView. Kenaikan bitcoin konsisten dengan penembusan bullish yang terlihat pada Juni, yang menandai berakhirnya kisaran berkepanjangan antara 38 persen dan 48 persen. 

Menurut analisis teknis, Katie Stockton dari Fairlead Strategies, hal ini kemungkinan akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang, membalikkan penurunan dari 60 persen menjadi 40 persen yang terlihat selama hari-hari pasar kripto yang suram pada Maret-April 2021. 

Investor kemudian memutar uang dari bitcoin yang relatif mahal ke dalam bitcoin. altcoin, menyebabkan penurunan tingkat dominasi BTC.

“Indeks siap untuk diperpanjang lebih tinggi, terutama setelah menyelesaikan kisaran perdagangan dua tahun yang lebih tinggi pada musim panas ini,” kata Stockton dalam analisisnya, dikutip dari CoinDesk, Minggu (22/10/2023).

Stockton menambahkan indikator perusahaannya yang mengikuti tren jangka panjang juga mendukung lebih banyak dominasi bitcoin, dan ada ruang untuk resistensi berikutnya.

"Kami memperkirakan bitcoin akan mengungguli altcoin, semakin membalikkan perolehan altcoin yang diperoleh pada semester pertama 2021,” lanjut Stockton.

Fokusnya akan beralih ke resistensi utama Fibonacci di 60,17 persen setelah tingkat dominasi mencapai di atas tertinggi pada Juni di 52,18 persen. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Muncul Berita Palsu Singgung ETF Bitcoin Sebabkan Likuidasi Bitcoin Rp 1,3 Triliun

Sebelumnya diberitakan, Bitcoin mengalami likuidasi sebesar USD 85 juta atau setara Rp 1,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.675 per dolar AS) setelah adanya berita palsu terkait persetujuan ETF Bitcoin milik perusahaan aset investasi BlackRock. 

Likuidasi mengacu pada saat bursa menutup paksa posisi leverage pedagang karena hilangnya sebagian atau seluruh margin awal pedagang. 

Hal ini terjadi ketika seorang trader tidak mampu memenuhi persyaratan margin untuk posisi leverage gagal memiliki dana yang cukup untuk menjaga perdagangan tetap terbuka.

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (17/10/2023), setelah beredarnya berita mengenai persetujuan ETF Bitcoin BlackRock harga Bitcoin sempat melonjak di atas USD 30.000 atau setara Rp 470,4 juta ke level tertinggi sejak Juli. 

Bitcoin tak lama mengurangi keuntungan tersebut dan diperdagangkan sekitar USD 28.300 atau setara Rp 443,8 juta setelah BlackRock mengatakan pendaftaran ETF-nya masih dalam peninjauan oleh regulator.

Meskipun informasi yang salah merupakan hal yang wajar bagi industri yang dicintai oleh para penipu dan pendukung digital, kejadian ini menambah perdebatan sengit mengenai apakah pasar benar-benar telah memperkirakan kehadiran ETF Bitcoin. 

Hal ini juga menggarisbawahi kekhawatiran yang dipegang oleh regulator investor ritel tidak memiliki perlindungan dasar dalam kripto sebuah poin penting yang di masa lalu memicu keengganan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk memperluas akses pasar.

Contoh khusus ini terjadi pada saat meningkatnya ekspektasi ETF spot-Bitcoin akan segera tersedia bagi investor Amerika.

Beberapa emiten telah mencoba meluncurkan ETF Bitcoin spot AS selama sekitar satu dekade, namun tidak berhasil. Regulator menyebut manipulasi pasar dan penipuan sebagai beberapa alasan penolakan di masa lalu.

 

3 dari 4 halaman

Mantan Bos PayPal Sebut Bitcoin Bisa Jadi Pembayaran Global

Sebelumnya diberitakan, Mantan Presiden PayPal David Marcus berbagi visi yang berani untuk bitcoin , yang bertujuan untuk membentuknya menjadi jaringan pembayaran di seluruh dunia dalam acara Squawk Box CNBC baru-baru ini.

Marcus, yang saat ini menjabat sebagai CEO perusahaan infrastruktur Lightning Network, Lightspark, menekankan perlunya memperluas peran Bitcoin lebih dari sekadar penyimpan nilai.

Marcus menjelaskan, selama dekade terakhir, Bitcoin telah mencapai kemajuan luar biasa, berevolusi dari mata uang digital yang tidak jelas menjadi penyimpan nilai yang diakui dan lindung nilai terhadap inflasi. 

“Namun, potensi Bitcoin masih perlu direalisasikan sepenuhnya dan dapat memainkan peran yang lebih luas dalam lanskap keuangan global,” kata Marcus, dikutip dari Coinmarketcap, Selasa (17/10/2023). 

Marcus menambahkan, Bitcoin memiliki potensi untuk menjadi jaringan pembayaran global, beroperasi pada jaringan Bitcoin terdesentralisasi, mirip dengan PayPal tetapi dengan keunggulan berbeda. 

4 dari 4 halaman

Transaksi Cepat

Dia menyoroti perlunya Bitcoin untuk berkembang lebih jauh, menyediakan transaksi yang lebih cepat, lebih murah, dan efisien, yang pada akhirnya membuatnya dapat diakses oleh khalayak yang lebih luas.

Sebagai CEO Lightspark, Marcus secara aktif berkontribusi dalam upaya memperluas utilitas Bitcoin ke arah ini. Dia telah berkomitmen untuk melakukan apa pun untuk membuka potensi penuh dari Bitcoin Lightning Network, dengan menyatakan.

“Karena sudah waktunya bagi dunia untuk memiliki protokol terbuka universal untuk pembayaran,”" ujar Marcus.

Namun, tujuan ambisius ini mempunyai tantangan tersendiri. Masalah skalabilitas Bitcoin terus menjadi perhatian. Kemajuan teknologi yang sedang berlangsung seperti Lightning Network siap untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan kemampuan Bitcoin.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini