Sukses

Coinbase Gelar Kampanye, Ajak 52 Juta Investor Kripto Serukan Regulasi

Gerakan ini akan didukung oleh kampanye media di berbagai platform, dengan iklan digital dan luar ruang yang sudah dipamerkan di Washington DC, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Pertukaran kripto terbesar di Amerika Serikat (AS), Coinbase telah melancarkan kampanye yang berupaya memanfaatkan 52 juta pemegang kripto di negara tersebut untuk meminta regulasi yang jelas dalam industri mata uang kripto

Dilansir dari Bitcoin.com, Selasa (10/10/2023), menurut bursa, undang-undang yang jelas di lapangan akan menguntungkan pemegang kripto dan non-kripto, yang secara kolektif percaya sistem keuangan saat ini memerlukan perubahan.

Fase pertama dari kampanye ini bertujuan untuk mengorganisasi komunitas untuk keluar dari X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) dan melakukan pertempuran ini melalui panggilan telepon, memobilisasi pengguna kripto untuk meluangkan satu menit dari hari mereka untuk menelepon anggota Kongres dan bertanya mereka untuk mengesahkan undang-undang yang jelas dan masuk akal.

Selain itu, gerakan ini akan didukung oleh kampanye media di berbagai platform, dengan iklan digital dan luar ruang yang sudah dipamerkan di Washington DC. 

Kampanye ini akan dilokalkan ke sembilan negara bagian dengan pemegang mata uang kripto terbanyak, termasuk Arizona, California, Georgia, Illinois , New Hampshire, Nevada, Ohio, Pennsylvania, dan Wisconsin.

Perlunya Kejelasan Regulasi Kripto di AS

Coinbase menyatakan tanpa undang-undang mata uang kripto yang jelas dan komprehensif, AS siap kehilangan kepemimpinannya, karena Tiongkok merangkul dan memajukan penggunaan teknologi, termasuk aset digital, untuk memproyeksikan kekuatan. 

CEO Coinbase Brian Armstrong telah berbicara mengenai hal ini sebelumnya, menyatakan peluncuran yuan digital, mata uang digital bank sentral Tiongkok (CBDC), bertujuan untuk secara langsung menantang dolar AS dan perannya dalam perdagangan global.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tuduhan Coinbase

Dengan cara yang sama, Coinbase menuduh dampak ketidakpastian saat ini dalam industri cryptocurrency akan sangat besar, karena satu juta pekerjaan pengembang dan tiga juta pekerjaan non-teknis terkait selama tujuh tahun ke depan dapat berpindah ke luar negeri, menurut pengembang Electric Capital terbaru.

Coinbase telah terpengaruh oleh ketidakjelasan ini dan menjadi target tindakan penegakan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC). Pada Juni, bursa tersebut dituduh menyediakan perantara tidak terdaftar dan melanggar undang-undang sekuritas, sebuah pertarungan hukum yang saat ini sedang diperjuangkan di pengadilan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 5 halaman

Coinbase Berhasil Amankan Lisensi Pembayaran di Singapura

Sebelumnya diberitakan, pertukaran Cryptocurrency Coinbase telah diberikan lisensi pembayaran penuh untuk beroperasi di Singapura oleh bank sentral negara kota tersebut. Hal tersebut diumumkan oleh Coinbase pada Senin, 2 Oktober 2023.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (6/10/2023), lisensi Lembaga Pembayaran Utama (MPI), yang diberikan oleh Otoritas Moneter Singapura (MAS), akan memungkinkan Coinbase untuk menawarkan layanan token pembayaran digital kepada individu dan institusi di Singapura, yang telah muncul sebagai pusat kripto di Asia dalam beberapa tahun terakhir.

Coinbase, bursa kripto terdaftar terbesar di dunia, diberikan persetujuan awal pada Oktober tahun lalu. Singapura menjadi negara menarik perusahaan aset digital dari negara-negara termasuk Tiongkok dan India. 

Coinbase mengatakan ini adalah pasar vital bagi perusahaan, mengutip data survei yang menunjukkan 32 persen warga Singapura memiliki atau pernah memiliki kripto di masa lalu.

Namun serangkaian keruntuhan perusahaan kripto pada 2022, termasuk dana lindung nilai Three Arrows Capital, mendinginkan antusiasme terhadap industri ini. Perusahaan investasi negara Singapura, Temasek, memotong gaji tim yang merekomendasikan investasi USD 275 juta atau setara RP 4,2 triliun (asumsi kurs Rp 15.542 per dolar AS) di FTX yang sekarang bangkrut.

MAS, yang merupakan bank sentral dan regulator keuangan Singapura, mengatakan di situsnya bulan lalu mereka hanya memberikan lisensi kepada perusahaan mata uang kripto jika mereka memiliki kontrol anti pencucian uang yang kuat dan sebagian besar pemohon belum berhasil.

Empat belas perusahaan, termasuk cabang fintech Inggris Revolut di Singapura dan perusahaan kripto yang berbasis di London Blockchain.com, telah memperoleh lisensi pembayaran kripto.

 

4 dari 5 halaman

Pertukaran Kripto Coinbase Bakal Akuisisi FTX Eropa

Sebelumnya diberitakan, setelah kebangkrutan FTX pada November tahun lalu, bursa saingannya yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Coinbase, mempertimbangkan untuk mengakuisisi unit perusahaan FTX yang gagal di Eropa.

Dokumen menunjukkan Coinbase mempertimbangkan untuk membeli FTX Eropa saat mereka menjajaki perluasan penawaran derivatif kripto. Meskipun begitu, pembicaraan tersebut tidak pernah mencapai tahap akhir.

Meskipun Coinbase tidak lagi mengejar kesepakatan potensial, bursa yang berbasis di AS terus menyatakan minatnya untuk melakukan akuisisi selama bulan ini. 

“Ketertarikan Coinbase pada FTX Eropa menunjukkan semakin pentingnya derivatif terhadap rencana bisnis globalnya karena volume perdagangan spot telah anjlok selama pasar bearish,” isi laporan Fortune, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (3/10/2023).

Laporan tersebut lebih lanjut menunjukkan instrumen keuangan berdasarkan nilai mata uang kripto seperti bitcoin (BTC) dan ethereum (ETH) kini menjadi bagian penting dari perdagangan kripto, mencapai volume enam kali lebih besar daripada volume perdagangan spot pada kuartal kedua.

 

 

5 dari 5 halaman

Pembelian FTX Europe

Masa depan peraturan turunan kripto masih belum pasti di AS sementara UE belum menerapkan serangkaian peraturan komprehensifnya sendiri di bawah undang-undang Pasar Aset Kripto (MiCA) yang baru diadopsi. 

FTX Europe, dibeli seharga USD 376 juta atau setara Rp 5,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.357 per dolar AS) pada 2021, adalah satu-satunya platform yang menawarkan derivatif kripto yang disebut kontrak berjangka abadi di Benua Lama sebelum keruntuhan FTX.

Fortune juga mengutip keuangan FTX Eropa yang menunjukkan platform tersebut terus menambah puluhan ribu pengguna hingga perusahaan induknya bangkrut. Dengan warisan debitur FTX yang menjual sebagian dari FTX, nilai lisensi Eropa telah menarik minat pembeli potensial lainnya serta perusahaan kripto bernama Trek Labs. 

Batas waktu penawaran telah diperpanjang hingga 24 September, menurut sumber lain yang dikutip dalam artikel tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini